Kamis, 03 Desember 2009

KRIPIK MUSTOFA

Kripik Kentang Pedas (kata Anit di Sunda namany Kripik Mustofa).Ngidamny dr waktu hamil Razaan,baru terlaksana sekarang. *Anit deh yg tau ceritany he he he,buat duluan nih Nit*

Bahan:
1. Kentang (3/4 kg)
2. Kapur sirih (1/2 ruas jari telunjuk)
3. Minyak goreng




Bumbu:
1. Cabe merah (15 buah)
2. Bawang merah (3 siung,kecil2 yah)
3. Bawang putih (2 siung)
4. Ebi (disini ebiny ga enak,jd ga make deh)

Cara membuat:
1. Kupas kentang,parut pake parutan tuk kentang.Rendam kentang dng air yg sudah diberi kapur sirih,jng lama2 kurang lebih 2-3 menit,liat aja kalo da keras langsung ditiriskan.
2. Masak kentang dng minyak panas,masakny sedikit2,minyaknya banyak yah,sambil diaduk biar ga lengket.kalo da ke coklatan angkat.
3. Haluskan cabe merah,bawang merah,dan bawang putih (smp bener2 halus yah).
4. Tumis bumbu yg sdh dihaluskan,tambahkan garam dan gula.Tumis smp matang dan wangi.Angkat.Diamkan smp dingin.
5. Setelah bumbu dingin baru campurkan dng kentang yg sudah digoreng.Aduk2 biar merata.Lalu sajikan.

Catatan: Jangan kaget kalo baru matang warnanya kurang merah, karena setelah kurleb 5-6 jam warnanya jadi merah dan rasanya cukup pedas dan makin nikmat.

Paling ribet bikin kripik kentangny, marut kentang dulu,terus direndam air kapur sirih, gorengny yg mkn waktu banget dan bumbuny jg diulek hrs smp halus. Trus Razaan da manggil2 lg.*kasihan Razaan*.Tapi setelah matang Alhamdulillah uenak.Tinggal nunggu komentar papany yg blm pulang.:)
ANIIIIT,ALHAMDULILLAH DA KELAR.