Friday, October 21, 2011

PECEL INSTANT


Bumbu pecelnya oleh-oleh dari ibu mertua yang dari malang (paling seneng ibu membawakan oleh-oleh ini dan paling seneng mantu dan anaknya mendapat oleh-oleh ini..he he he). Oh iya mau tahu siapa yang paliiiiiiing senang disajikan santapan ini......papa pastinya (suamiku tercinta). Kalau namanya pecel yang penting ada sayurannya (apa aja deh sesuai selera), ditambahkan potongan tahu dan tempe goreng, lalu disajikan dengan nasi hangat dan krupuk (berhubung beberapa hari ini ibu mertua yang dari Bali lagi suka makan pakai krupuk kampung jadi deh Nur El sajikan pecelnya pakai kerupuk kampung aja). Wuiiiiiiih salad ala indonesia yang lezat, sehat, dan nikmat.



Bahan:
1. Bumbu pecel instant atau bumbu pecel siap pakai.
2. Air panas.
3. Tempe, digoreng tanpa dibumbui (pilih tempe yang bagus dan tidak asam).
4. Tahu, digoreng (pilih tahu yang tidak asam).
5. Kacang panjang, potong-potong, cuci bersih, rebus sebentar saja agar masih renyah (kres) saat dimakan.
6. Toge, buang kotorannya (bagian hijau dikepalanya), cuci bersih, dan rebus sebentar.
7. Labu siam, kupas dan buang bijinya, potong dadu, cuci bersih, lalu rebus sampai empuk tapi tidak londot atau tidak benyek.
8. Daun selada, petik daunnya, cuci bersih.
9. Daun kemangi, petik daunnya, cuci bersih.
10. Daun pohpohan, petik daunnya, cuci bersih.
11. Kerupuk kampung.


Cara menyajikan:
1. Masukkan bumbu pecel kedalam mangkuk, hancurkan dengan menggunakan sendok. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit sampai memperoleh kekentalan yang pas. Sisihkan.
2. Ambil kacang panjang, toge, dan labu siam yang sudah direbus letakkan dipiring. Tambahkan daun selada yang dipotong kecil-keil, daun kemangi, dan daun pohpohan yang sudah dipotong kecil-kecil. Tambahkan tempe dan tahu yang sudah dipotong-potong. Siram dengan bumbu pecel. Siap disajikan dengan nasi hangat dan kerupuk.