Sunday, November 20, 2016

BOLU SAKURA




Assalamu'alaikum sudah lama kepingin mencoba bikin bolu sakura gara-gara melihat foto mba frida di instagram. Akhirnya beli cetakan yang murah meriah ini. Jujur buat saya lebih mudah membuat Chiffon Cake daripada membuat bolu ini. Mungkin karena saya memasaknya dengan menggunakan dandang biasa. Sekali masak hanya cukup 6 bolu hahaha dan cetakan juga terbatas  hihihi. Saya menggunakan resep punya mba ricke @rickeindriani_ordinarykitchen tapi lihat di ig mba frida @fridajoincoffee yang rajiinn sekali. Terima kasiih yaa...Anak-anak bangun tidur langsung menyantap bolu ini dan mereka bilang enaak. Mereka makan lagi, lagi, lagi, dan lagi hahaha. Alhamdulillah. Resep saya ketik sendiri untuk lebih lengkap bisaa ke ig mba-mba hebat diatas yaa... Bolu Sakura





Bahan :
125 gr gula pasir.
2 butir telur ayam.
75 gr margarin, lelehkan.
200 gr tepung terigu.
25  gr tepung maizena.
1/2 sdt baking powder.
1/2 sdt soda kue.
1/4 sdt vanili bubuk.

Saus karamel:
125 ml air panas.
125 ml gula pasir.

Cara Membuat :
1. Saus karamel: masukkan gula pasir kedalam panci, masak menggunakan api kecil/sedang. Biarkan hingga berwarna kuning kecoklatan. Sambil dijaga agar tidak hangus. Tuangkan air panas (hati-hati karena akan ada percikan). Sambil terus diaduk hingga semua gula larut. Angkat dan dinginkan.
2. Siapkan cetakan bolu sakura, oles dengan margarin hingga rata.  Sisihkan.
3. Ayak tepung terigu, tepung maizena, soda kue, baking powder,dan vanili bubuk. Sisihkan.
4. Kocok telur dan 125 gr gula pasir, hingga pucat dan mengembang. Tuangi saus karamel, sambil dikocok dengan kecepatan rendah hingga rata.
5. Masukkan campuran tepung, aduk rata dengan menggunakan mikser kecepatan rendah. Tambahkan margarin sambil diaduk perlahan hingga rata.
6.Tuang adonan ke dalam cetakan sampai 3/4 cetakan. Kukus selama 20 menit hingga matang (tutup dandang diberi kain agar air tidak menetes kebolu). Angkat. Keluarkan dari cetakan.