Rabu, 08 Desember 2010

SOES VLA KEJU


Soes vla keju ini juga merupakan salah satu yang Nur El sajikan saat arisan RT di bulan November. Percobaan pertama buat vla keju tidak lolos dilidah papa (suami tercinta). Bingung...Apa diisi rogout aja?...Nur El dan suami tidak suka soes isi rogout. Akhirnya jam 2 pagi (hari saat arisan tiba) Nur El coba buat isiannya berupa daging asap, kornet, bawang bombay, bawang putih, saus tomat, tomat, lada, pala, garam, dan gula pasir diolah menjadi isian. Dan hasilnya kata suami enak dan oke kalau untuk disajikan. Tapi setelah dipikir-pikir lagi Nur El pingin soes yang disajikan rasanya sederhana tapi enak. Maka setelah mengurus anak-anak dan suami di pagi hari, Nur El coba buat vla keju lagi....ini dia resepnya enak deh....seperti biasa hasil berkhayal di dapur mungil Nur El. Isian daging asapnya disimpan dikulkas dulu untuk diolah menjadi risoles dihari selanjutnya.

PUDING LAPIS COKLAT TIRAMISU VANILA



Ini salah satu sajian yang Nur El buat untuk arisan RT di bulan November. Alhamdulillah yang makan bilang enak. Puding ini yang menggiurkan saat pertama kali para peserta arisan masuk ke rumah Nur El. Wangi, tekstur, dan rasanya jangan ditanya deh....top markotop. Sampai ada yang menanyakan resepnya apa, ini dia resep Nur El.



PUDING JELLY SUSU VANILA



TUMIS KANGKUNG TAUCO


Bahan:
1. Kangkung 2 ikat.
2. Air 100 ml.
3. Minyak sayur secukupnya.

Jumat, 29 Oktober 2010

LODEH IKAN GURAME


Sudah pasti banyak yang suka dengan ikan air tawar yang satu ini. Ikan ini kalau digoreng kering rasanya enak sekali. Coba deh sesekali dibikin lodeh ikan gurame, manis dan gurih bercampur menjadi hidangan yang nikmat sekali. Silahkan dicoba resep Lodeh Ikan Gurame ini.

Kamis, 28 Oktober 2010

TAUCO UDANG TEMPE BUNCIS


Sejak Nur El mengetahui suami kurang suka sama tauco jadi tidak pernah memasak masakan yang menggunakan tauco. Tapi saat menyantap hidangan ini kok beliau menikmati sekali yah...mmmmmh...Besok-besok masak lagi pakai tauco ah..:) Cabe yang Nur El pakai tidak banyak kalau mau ditambahkan biar tambah pedas silahkan. Sebenarnya Nur El suka sekali tauco yang pedas hanya saja karena masakan ini disantap anak-anak dan papanya jadi tidak banyak cabenya.

Senin, 25 Oktober 2010

BANGKET JAHE COKLAT




Saat Nur El membaca email dari teman-teman dimilis NCC yang berisi sedang diadakan Bangket Week, Nur El langsung berpikir sempat tidak yah untuk ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut. Ternyata alhamdulillah sempet juga membuat kue bangket untuk ikutan Bangket Week.

Selasa, 19 Oktober 2010

SPONGE CAKE PANDAN BERTABUR BUNGA DAN KEJU


Cake ini dibuat  beberapa hari yang lalu khusus untuk mama dan ayah (nenek dan ompungnya Rafif dan Razaan) yang sangat Nur El cintai, dalam rangka syukuran atas keberangkatan haji mereka. Semoga mama dan ayah selalu diberikan kekuatan dan kemudahan dari Allah S.W.T. dalam menjalani ibadah haji mereka di tanah suci, selalu diberikan kesehatan, selalu mendapatkan petunjuk dan perlindungan dari Allah S.W.T., dan  dapat pulang dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur. Sebenarnya ayah sudah pernah pergi haji tapi kali ini ayah pergi mendampingi mama. Semoga Nur El dan mas tercinta bisa awet seperti mereka dan menjalankan rukun islam yang kelima juga.

Karena Nur El lagi super sibuk sama anak-anak tercinta jadi Nur El buat sponge cake pandan aja dan dihias seadanya (tema hiasan cakenya dadakan nih...harus lebih banyak belajar lagiiiii). Rasanya seneng banget saat keluarga besar Nur El bilang cakenya enak dan cakep seperti beli di toko....Alhamdulillah semua puas, cuma kemarin ada yang kurang deh...kurang banyak buatnya he he he.

CHOCOLATE CHIP BROWNIES


Nur El membuat ini sudah beberapa hari yang lalu untuk dibawa ke rumah orang tua. Seperti biasa kalau kesana bisa berkumpul sama keponakan-keponakan. Keponakan-keponakan Nur El pada suka coklat jadi dibuat deh brownies ini. Sebenarnya resepnya sama aja dengan brownies almond hanya saja brownies yang ini ditambahkan susu bubuk 15 gr. Pewarnanya Nur El ganti dengan Latte Machiato 1/2 sdt (bentuknya pasta). Brownies ini memiliki permukaan yang mengkilat. Wah kata keluarga besar Nur El brownies ini enak, seperti beli. Kalau suka brownies yang empuk dan enak bisa dilihat nih resepnya. Wah resep ini jadi resep andalan Nur El untuk bikin brownies nih...:)

UBI JEPANG PANGGANG


Biasanya kalau mau makan ubi utuh Nur El masak dengan cara direbus atau dikukus. Kemarin Nur El lagi kepingin ubi yang dipanggang, sekaligus mau tahu berapa derajat celsius dan berapa lama cara memanggang ubi. Berhubung yang ada dirumah ubi jepang sisa bikin japanese sweet potato peanut butter. Maka judulnya Nur El tulis ubi jepang karena besok-besok Nur El mau coba kalau ubi lokal. Ubi jepang yang ini setelah dipanggang bagian dalam dan luarnya seperti ubi cilembu yang dijual di supermarket. Wah bakalan sering-sering dipanggang deh kalau mau menyantap ubi, lebih nikmat sih.

Kamis, 07 Oktober 2010

PEMENANG FOOD BLOGGER PERIODE 2 - DETIKFOOD


Alhamdulillah, pada tanggal 29 September 2010,  kurang lebih jam 13.00 WIB saat Nur El membuka detikfood Nur El menemukan artikel Apakah anda pemenang food blogger periode 2? Dan pas dibaca alhamdulillah, waaaaaaah senang sekali rasanya. Langsung Nur El cek email dan ternyata sudah dikabarin dari sehari sebelumnya dan sudah beberapa kali tim dari detikfood mencoba menghubungi Nur El, tapi sulit untuk dihubungi (biasa bunyi hp sering tidak terdengar karena disimpan didalam tas).

Buat Nur El ini merupakan sebuah pengalaman berharga dan memberikan pukulan yang besar agar lebih banyak belajar lagi karena ilmu Nur El tentang masak-memasak dan membuat blog masih kurang sekali. Nur El harus bisa membagi waktu dengan baik karena beberapa hari ini agak sulit membagi waktu antara hobi Nur El (membaca, mencoba masak ini-itu, foto-fotoin makanan, dan menulis di blog ini) dengan kondisi Rafif dan Razaan yang sedang aktif dan kreatif sekali.

Rabu, 06 Oktober 2010

AYAM PANGGANG KECAP PEDAS MANIS


Sedang ingin memanjakan perut papa dengan ayam panggang. Tadinya kepingin bikin ayam panggang yang bumbunya diulek-ulek, dengan berbagai macam bumbu. Tapi entah kenapa sehabis lebaran Rafif dan Razaan tambah sering mencari perhatian. Jadi tambah sulit berlama-lama di dapur. Kemarin selain membumbui ayam ini, Nur El juga memasak makanan untuk hari itu. Eh ternyata saat anak-anak tidur siang Nur El sempet bikin brownies almond juga. Ayamnya memang harus dibumbui kemarin karena targetnya hari ini bisa disantap sama papa.

Berhubung sore hari ini ada yang janji mau datang dan takutnya saat papa makan malam  tidak bisa dikerjakan karena repot sama anak-anak. Dan kalau pagi-pagi masih ada mbak (pbt) yang bisa membantu mencuci piring. Jadi memanggang ayamnya pagi-pagi. Tadi pagi manggangnya kejar-kejaran waktu karena papa mau berangkat kantor, tapi beliau kepingin merasakan ayam panggangnya. Sebenarnya papa tidak memaksa agar bisa dilakukan sesegera mungkin. Buat Nur El, kalau suami sudah punya keinginan akan sesuatu rasanya tidak tega kalau tidak memenuhi keinginannya. Alhamdulillah kata papa enak. Ini dia resep dengan bumbu dadakan dari Nur El dan dengan foto ayam panggang yang sudah matang seadanya karena sudah mau disantap sama papa. Nur El memanggang ayam ini menggunakan rotisserie.

Selasa, 05 Oktober 2010

BROWNIES ALMOND


Beberapa hari ini pingin banget bikin brownies. Dari resep brownies ketan hitam terinspirasilah bikin brownies ini. Resep brownies panggang ini menghasilkan brownies panggang yang empuk dan lembut dengan taburan almond. Permukaan brownies ini coklat yang mengkilat. Brownies ini tanpa susu dan coklat batangan yang dicairkan. Bagi penggemar brownies yang empuk, bisa dicoba deh.

Senin, 04 Oktober 2010

JAPANESE SWEET POTATO PEANUT BUTTER CHEESECAKE


Beberapa hari yang lalu Nur El membuat resep ini karena ingin memanfaatkan bahan yang ada dan menghabiskan stok cream cheese. Niatnya bikin puding cream cheese tapi hasilnya malah seperti cake, lembut, dan padat. Cara membuatnya mudah banget,  hanya mencampur semua bahan didalam blender. Tuang kedalam loyang lalu panggang. Alhamdulillah ternyata enak banget. Papa (suami tercinta), kakak, adik, dan keponakan bilang enak. Kalo Razaan doyan banget. Mmmmmmh pokoknya enak banget, coba deh. Bisa jadi hidangan pencuci mulut yang nikmat sekali. Cheesecake Ubi Jepang Selai Kacang ala Nur El, ini dia resepnya.

AYAM TERONG UNGU PETE ASEM BERSANTAN


Nur El membuat resep ini beberapa hari yang lalu dengan menggunakan bahan seadanya di rumah. Rasanya cenderung asem-asem gurih. Nur El membuat ini saat bayar hutang puasa bulan ramadhan tahun ini, jadi baru bisa merasakan rasanya saat setelah berbuka puasa. Saat menyantapnya Nur El tidak menyangka Rafif dan Razaan makan siang dan malam menyantap dengan cepat dan lahap. Padahal rasa asemnya terasa sekali. Kalo kata papa, "Enak juga".  Kalo Nur El paling suka saat menyantap terong ungu dan petenya. Ini dia resep dadakan dengan cita rasa yang berbeda dari Nur El.

KASEROL KENTANG KEJU PANGGANG


Resep ini dibuat sudah beberapa hari yang lalu. Niat awalnya pingin bikin perkedel biasa (tanpa memakai potongan daun bawang). Tetapi saat ingat masih ada stok keju dan tidak pingin makan perkedel tanpa banyak minyak dan tanpa menggoreng satu persatu (karena Rafif dan Razaan lagi suka heboh) maka jadilah resep ini. Resep ini praktis, lezat, dan bergizi. Rasa kejunya terasa sekali. Alhamdulillah Rafif dan Razaan suka banget. Ini dia resep dadakan dari Nur El.

Minggu, 03 Oktober 2010

TUMIS DAGING WORTEL KACANG KAPRI PAPRIKA


Bahan;
1. Daging sapi 350 gr, Nur El beli yang sudah dipotong-potong, rebus hingga empuk.
2. Wortel impor 1 buah (152 gr), kupas dan potong-potong.
3. Kacang kapri 55 gr.
4. Air 200 ml.
5. Minyak sayur 2 sdm.

Senin, 06 September 2010

BOLU GULUNG PUTIH TELUR PANDAN KRIM KEJU


Sedang menghabiskan putih telur sisa bikin kue kering. Sebagian sudah dibuat lidah kucing, dadar telur kornet, dan sekarang lagi pingin bikin bolu gulung sekaligus mau nyobain buttercream siap pakai yang baru dibeli. Hasilnya enak, ya iyalah isinya buttercream enak dan keju cheddar parut.

Jumat, 03 September 2010

KASTENGELS



Saat mbak (pbt) mencoba 2 macam resep yang Nur El buat, dia lebih suka yang ini dari pada resep kastengels yang satunya lagi, resepnya ada disini. Kalau gurih, renyah dan enaknya sama, tapi menurut selera dia yang ini asinnya pas. Kalo kata mbak (pbt) asinnya pas seperti kastengels yang dia suka beli setiap lebaran. Nah bingung mana yang enak.Yang mana saja sesuai lidah masing-masing. Tapi yang ini lebih ekonomis dari resep yang pertama. Dan untuk resep yang ini sekali makan, pingin makan lagi, lagi, dan lagi..... terussss. Kayaknya resep ini yang akan sering dipakai nih...:)

KASTENGELS GURIH DAN RENYAH


Percobaan pertama membuat resep kastengels. Buatnya saat menunggu sahur. Hasilnya empuk banget dan mudah hancur saat dimakan, kalo soal rasa enak. Itu komentar yang Nur El dan suami rasakan saat makan kastengels itu disaat sahur. Karena mudah hancur, Nur El coba bikin resep yang baru, disini resepnya. Tapi setelah berbuka puasa Nur El  coba lagi. Ternyata kastengels yang ini tidak cepat hancur saat dimakan....mmmmmh pokoknya Nur El dan suami suka, renyah dan asinnya pas buat Nur El dan suami yang suka asin dan gurih. Tapi kalau untuk dimakan berkali-kali kayaknya cepat berenti makannya deh. Mungkin besok-besok bentuknya dirubah agar cepat matengnya. Mungkin juga lama matengnya karena ovennya sering Nur El buka-buka untuk melihat apakah sudah matang atau belum (yah namanya juga baru pertama kali jadi tidak tahu lama waktu yang pas untuk memasak kastengels ini dengan menggunakan oven Nur El). Besok-besok dicoba lagi ah....

Silahkan dilihat juga resep kastengels gurih, renyah, yang lebih ekonomis, dan bikin kepingin makan terus, resepnya ada disini.

SOP IKAN KAKAP MERAH


Tukang sayur favorit Nur El sudah tidak jualan lagi ...hiks hiks sedih deh. Kenapa favorit karena dagangannya paling bagus dibandingkan tukang sayur yang lain. Kayak ikan, udang, cumi-cumi, ayam dan lain sebagainya, seger deh. Jauh banget dibandingkan dengan yang dijual di Supermarket. Sayurannya juga. Duh pokoknya sedih. Seandainya bisa pergi ke pasar, pasti Nur El lebih memilih ke pasar becek-becekan. Tapi apa daya tidak ada yang menjaga 2 bocah dan tidak mungkin dibawa dua-duanya ke pasar.

Rabu, 01 September 2010

CHOCO CHIP CHOCOLATE COOKIES


Seperti biasa kalau sudah main oven-ovenan suka bikin ketagihan. Setelah membuat Dates Cookies mulailah berimajinasi ingin membuat tekstur cookies yang renyah. Berdasarkan beberapa pengalaman yang lalu akhirnya Nur El coba bikin resep lagi untuk Choco Chip Chocolate Cookies. Nur El coba merubah telur utuh menjadi kuning telur saja, karena ingin mendapatkan tekstur yang renyah. Maka jadilah resep jadi-jadian lagi. Kalau ada yang merasa resepnya sama maaf yah karena ini asli karangan Nur El pakai ilmu kira-kira (karena belajar bikin kue juga ga pakai kursus jadi semua takaran pakai ilmu kira-kira).

Alhamdulillah hasilnya Nur El suka, teksturnya itu seperti cookies atau biskuit yang sudah punya merk. Tekstur cookies ini baru keluar dari oven sudah renyah. Mmmmmmmmh jadi pingin buat yang rasa keju. Nanti ah kalau anak-anak sudah tidur. Eits jangan dikira Nur El boros yah karena sebagian hasilnya Nur El bagi ke orang-orang yang Nur El cintai. Ayo semangat bikin cookies.


DATES COOKIES (Kukis Kurma)


Ini resep jadi-jadian dari Nur El karena mau memanfaatkan kurma yang tidak dimakan oleh papa. Setelah cookiesnya matang Rafif langsung minta, padahal baru keluar dari oven. Akhirnya Rafif harus menunggu dulu sampai cookiesnya dingin baru deh disantap...nyam. Eh ..... dia bolak-balik mengambil cookies didalam toples. Seperti biasa dia bilang, "Ma, enak". Selama Nur El masak Rafif dan Razaan membongkar semua buku bacaannya di lemari, berantakan banget deh rumahnya. Selesai bikin cookies, sambil mencuci piring Nur El minta tolong Rafif merapikan buku-buku tersebut.
Setelah itu Nur El bikin cookies lagi. Namanya Choco chip Chocolate Cookies resepnya ada disini.

Cookies ini empuk dan kalau habis memakannya akan terasa menempel di gigi, lengket-lengket gitu. Bikin ketagihan deh memakannya. Cookies ini tidak serenyah Choco chip Chocolate Cookies. Tapi memberikan sensasi cookies yang berbeda.

Selasa, 31 Agustus 2010

LIDAH KUCING


Nur El pernah buat lidah kucing keju yang resepnya ada disini. Dari resep tersebut Nur El bikin resep ini, hanya saja gulanya Nur El kurangi, ikutin selera suami aja. Papa bilang sudah cukup manisnya, tapi ini selera suami Nur El yah. Kalau mau lebih manis tinggal ditambahin  gulanya. Sekali makan, pingin lagi, lagi, dan lagi. Mau tahu siapa yang bolak-balik mengambil lidah kucing ini? Yup betul, siapa lagi kalau bukan papa dan Rafif.

Sebenarnya cara membuat lidah kucing ini pengocokan margarin dan butter terpisah dengan pengocokan putih telur. Itu yang Nur El lihat di salah satu acara televisi Discovery Travel & Living. Tapi berhubung saat bikin lidah kucing keju (putri salju yang gagal) kok rasanya seperti lidah kucing jadi deh ngocoknya tidak dipisah-pisah, biar ringkes. Eh pas baca resep NCC ternyata sama juga ngocoknya tidak dipisah-pisah. Semakin pede deh dengan gaya sesatnya hi hi hi. Berhubung Nur El sudah beli cetakan lidah kucing, untuk kali ini bentuk lidahnya lebih rapih deh. Cara memakai cetakannya dengan cara dibalik. jadi posisi cetakan yang ada cekungannya diatas.

OSENG-OSENG DAGING SAPI PAPRIKA ASEM JAWA


Ini resep dadakan karena ingin menghabiskan asem jawa yang ada. Masakan ini enak apabila disandingkan dengan cap cay udang dan bakso ikan. Pedas dan wangi paprikanya terasa sekali. Rasa asem jawanya juga terasa. Pokoknya alhamdulillah, papa tercinta suka.

CAP CAY UDANG DAN BAKSO IKAN


Saat mau belanja ke tukang sayur, papa pesen minta dibuatin banyak sayur. Didalam kulkas sudah ada kacang kapri, paprika, dan daging sapi (khusus untuk oseng-oseng). Tadinya niat bikin 1 masakan saja. Tapi setelah pulang dari tukang sayur jadi punya ide bikin 2 masakan. Salah satunya cap cay kuah ini.

Untuk cap cay kuah ini Nur El tidak menambahkan tepung maizena. Biar saat dingin tetap enak. Karena Nur El masaknya siang-siang, tidak sempat kalo harus masak di sore hari. Seperti biasa kata papa sih enak. Alhamdulillah asin manisnya pas. Padahal dibuatnya saat berpuasa. Ini dia resepnya.

Kamis, 26 Agustus 2010

PUTRI SALJU KEJU BULAN SABIT



Alhamdulillah selesai juga hari ini bikin kue kering, padahal hari ini kaca mata Nur El belum jadi. Kata penjaga optiknya Jum'at sore baru jadi. Nur El punya ukuran minus dan silinder yang besar jadi agak-agak pusing kalo tidak memakai kaca mata. Harus mengganti kaca mata karena tangkainya dipatahin oleh Razaan sewaktu Nur El sholat. Balik lagi deh ke cerita putri salju keju bulan sabitnya. Sudah beberapa kali bikin putri salju, Nur El bentuk bulat (bisa dilihat disini). Maksudnya biar cepat buatnya. Saat Nur El bawa kerumah orang tua (baru contoh), dapat masukkan dari adik, kakak, dan abang. Kata mereka dibikin bulan sabit aja, jadi ukurannya tidak terlalu besar. Kalo rasa menurut mereka sudah enak. Putri salju ini adonannya tidak memakai kacang mete dan telur. Tapi teksturnya tetap empuk dan renyah. Nur El bikin resep ini biar simpel dan ga ribet, karena Nur El masih punya 2 anak yang kecil-kecil tapi punya keinginan yang besar untuk bikin kue lebaran agar bisa dibawa pulang kampung untuk mertua dan nenek. Satu resep kurang lebih menjadi 60 putri salju keju bulan sabit.

SAGU KEJU



Bikin kue kering lagi nih. Sebenarnya sudah dari beberapa hari yang lalu membuat kue kering. Tapi hari ini lagi pingin ditulis lagi. Resepnya masih sama dengan resep yang kemarin-kemarin (bisa dilihat disini). Tapi beberapa kali buat Nur El bikin ukuran 100 gr butter diganti menjadi 30 gr margarin dan 70 gr butter. Dan karena masih belajar main spuit, bentuknya masih Nur El ganti-ganti setiap membuat satu adonan (tepung sagu 250 gr). Ini dia resepnya sagu keju tidak memakai santan.

Selasa, 24 Agustus 2010

ASINAN BUAH (Ketimun, Nanas, dan Bengkoang)


Niat bikin ini sudah lama, gara-gara ngiler setiap dikasih sama tante Novie (tetangga depan rumah). Ngilernya ngiler bikin sendiri. Kalo gratisan bisa sesekali dapat dari tante Novie (terima kasih tante) dan kalo mau beli gampang tinggal minta beliin sama papa tersayang (cuit..cuit).

Beberapa hari Nur El nginep dirumah orang tua. Nur El ngobrol sama mama dan ayah tentang asinan. Terus Nur El tanya deh, "Bumbunya cuma garam, cabe merah, gula pasir, cuka, air, dan buah, kan?". Kata mama dan ayah, "Betul". Tapi ayah sama mama tidak tahu persis ukurannya. Nur El disuruh tanya ke Bou (adik ayah) di Medan. Belum sempet nanya ke Bou dan Taing (anak bou), Nur El sudah kepingin buat asinan buah.

Senin, 23 Agustus 2010

AYAM PANGGANG PEDAS ASAM MANIS (Happy Call)


Lagi kepingin makan ayam panggang pedas asam manis resep aslinya ada disini. Berhubung lagi bulan puasa cabenya Nur El kurangi dan berhubung sedang tidak mau mengotori oven, karena lagi nyicil bikin kue lebaran. Jadi dimanfaatin deh happy callnya. Disajikan dengan Tumis Bayam Wortel Bakso Ikan, resepnya ada disini.

TUMIS BAYAM WORTEL BAKSO IKAN


Tumisan bayam dan wortel ini sehat bergizi. Ditambah potongan bakso ikan...mmmmmmmh...makin enak deh. Kalau pakai bakso daging sapi biasanya Razaan tidak menelan semuanya, tapi kalau bakso ikan dia bisa menghabiskan semua yang ada dipiringnya. Jadi kalau masak terkadang Nur El pakai bakso ikan.

Kamis, 19 Agustus 2010

AYAM BUMBU KACANG TANAH


Tadinya mau buat ayam kecap bersantan resepnya ada disini. Tetapi saat buka kulkas melihat bengkoang, jadi inget deh kepingin makan rujak. Eh dapat ide bikin ayam bumbu kacang tanah. Berhubung anak-anak sudah pada bangun dan papa sudah pergi kerja, Nur El jadi minta tolong sama mbak (pbt) untuk membeli kacang tanah dan gula merah. Cemplang-cemplung jadi deh menu baru....he he he.

Seandainya papa tidak lagi tugas keluar, pasti beliau seneng sama menu ini. Papa seneng banget sama kacang. Pa, liat disini aja dulu yah. Besok kalo sudah pulang dibuatin deh, spesial untuk papa.

Rabu, 18 Agustus 2010

PUTRI SALJU KEJU


Sudah baca  resep Nur El lidah kucing keju (resepnya ada disini ) yang rasanya ngeju dan butter banget. Nah dari pengalaman tersebut dibuatlah resep Putri Salju Keju ini, tanpa telur. Setelah membuat Sagu Keju (resepnya disini ) yang sudah habis, sebagian besar dihabiskan sama Rafif. Dia seneng banget sama kue sagu keju. Awalnya Rafif tidak mau menyentuh Putri Salju Keju ini, tapi setelah merasakan kenikmatannya, wuiiiiiiiih doyan juga dia sama Putri Salju Keju. Rafif bilang, "Ma, kuenya ada saljunya". Rafif...Rafif ...hi hi hi. Setiap bangun tidur yang dicari kedua kue ini.

Kue yang dibuat untuk orang rumah sudah ludes padahal belum lebaran hi hi hi. Tapi ga apa-apa yang penting Rafif dan papa suka kuenya, rasanya seneng banget.


Senin, 16 Agustus 2010

SAGU KEJU BUTTER


Ini pertama kali bikin sagu keju. Seperti biasa resepnya ala Nur El yah.

Adonan yang pertama keju parutnya Nur El aduk pakai mikser agak lamaan sehingga adonannya cendrung licin. Pas buat adonan yang kedua, keju parutnya Nur El masukkan setelah campuan adonan dan tepung tercampur sempurna, tidak grindil-grindil. Aduk sebentar keju parut dengan menggunakan mikser, jadi kejunya tidak hancur banget. Kayaknya Nur El suka cara ngadonin yang kedua jadi setelah dipanggang kejunya keliatan bintik-bintik.

LIDAH KUCING KEJU

Tadinya mau bikin putri salju, jadinya malah Lidah Kucing Keju. Butter dan margarinnya banyak, jadi kue kering ini rapuh banget..

Karena baca sana-sini butter harus dikocok sampai pucat, maka Nur El kocok lah hingga pucat dan mengembang. Lah tapi adonannya malah lembek dan lembut, ga bisa dicetak. Terus Nur El masukin kulkas kurleb 4 jam. Setelah itu adonan dikeluarkan dari dalam kulkas. Ternyata masih lembek juga. Adonan Nur El masukin keplastik segitiga, lalu diikat. Dimasukin lagi ke kantung plastik segitiga yang pada bagian ujungnya sudah diberi spuit bintang. Lalu semprot diloyang. Setelah dipanggang ...loh kok meleber, wah kelamaan ngocok nih. Tapi setelah matang dan dingin, dimakan kres, empuk banget, langsung lumer dimulut. Papa aja doyan, rasanya pingin lagi..lagi..lagi ...dan lagi...:)



Jumat, 13 Agustus 2010

ES NATA DE COCO KIWI LEMON


Seperti biasa memanfaatkan apa yang sudah ada di rumah. Nata de coco, buah jeruk lemon dan kiwi jatah papa, Nur El manfaatkan menjadi sebuah minuman segar. Ditambahkan selasih agar penampilannya tambah manis dan cantik. Parutan nutrijell rasa jeruk dan selasih memberikan tekstur dan sensasi tersendiri saat air es ini diminum.

Nutrijellnya tidak Nur El pakai semuanya, karena Rafif minta dibuatin agar-agar yang dicetak berbentuk kelinci, ikan, beruang, dan mobil. Tapi tidak sempet difoto, sudah habis duluan sama Rafif dan Razaan. Nur El pakai nata de coco yang jenisnya dugan, bentuknya persegi panjang dan tipis.

BABY FISH SAMBAL CABE MERAH


Malam-malam diajak papa ke salah satu supermarket di Pamulang, belanja keperluan untuk ta'jil di mushola deket rumah. Setelah Nur El mendapatkan yang dibutuhkan, baru deh mencari keperluan pribadi. Seperti biasa Rafif dan Razaan minta papanya bawa mereka melihat dibagian ikan. Liat sana-sini, eh tergiur beli baby fish karena tiba-tiba teringat salah satu menu di rumah makan padang RM. SEDERHANA didepan WTC Serpong, Tangerang, ikan bilis diberi sambal cabe hijau. Kalau dimakan kriuk kriuk  tapi daging didalamnya masih empuk. Nikmat banget, dimakan pakai nasi hangat....mmmmmmmh yang lain lewat deh. Tapi sekarang setiap makan ke rumah makan tersebut selalu kehabisan. Jadi kangen deh sama kriuk-kriuknya.

Kamis, 12 Agustus 2010

AYAM GORENG SAMBAL CABE MERAH


Tadi pas ke tukang sayur yang ada ikan itu lagi-itu lagi....mmmh beli ayam aja deh terus disambelin pakai cabe merah. Biar bikin nafsu makannya dan bisa buat sahur.

Bahan:
1. Ayam 870 gr (1 1/2 ekor ayam, ayamnya kecil), dipotong 18 (kepala, leher, kulit, dan ceker tidak dipakai).
2. Minyak goreng.
3. Air (untuk merebus ayam).

Bumbu:
1. Bawang merah 8 siung.
2. Bawang putih 3 siung.
3. Cabe merah 8 buah.
4. Tomat merah 4 buah (ukuran sedang).
5. Garam 1/2 sdm.
6. Gula pasir 1 sdm.

SAYUR LODEH


Segar dan nikmat. Tadi Rafif dan Razaan dengan lahap memakan menu makan siang hari ini yaitu nasi putih hangat, sayur lodeh dan ayam goreng cabe merah, resep ayamnya ada disini.

Ini dia resep sayur lodeh Nur El....

Selasa, 10 Agustus 2010

PUDING UBI MERAH KARAMEL


Insya Allah besok kita sudah memasuki bulan Ramadhan, dimana wajib hukumnya bagi semua orang yang beragama Islam untuk berpuasa. Bersamaan dengan ini Nur El mau mengucapkan, "Mohon maaf lahir dan bathin. Semoga kita semua diberikan kemudahan oleh Allah S.W.T dalam menjalankan ibadah puasa serta amalan ibadah lainnya di bulan Ramadhan. Dan semoga semua ibadah kita diterima oleh Allah S.W.T".

Salah satu menu berbuka puasa saat Nur El masih kecil adalah kolak, yang salah satu isinya adalah ubi jalar. Kali ini Nur El juga membuat salah satu resep makanan untuk berbuka puasa yang berbahan ubi jalar, Nur El pakai ubi jalar merah, yang biasa juga dikenal dengan nama ubi merah.




Sabtu, 07 Agustus 2010

BIRTHDAY CAKE - SPONGE CAKE LAPIS SELAI STRAWBERRY


Birthday Cake (BDCK) ini untuk nenek dan ompung, dari Rafif dan Razaan. Buatnya kemarin sore, saat hujan lebat dan banyak petir. Dari pagi sudah niat buat tapi berhubung kebayang ribetnya karena anak-anak ga pada mau tidur siang, jadi ga buat-buat. Tapi seperti biasa dengan bismillah dan ga mau mikirin ribetnya, berjalan aja tahap demi tahap pembuatan bdck ini dengan santai, nyambi ini, itu.

Pertama kali Nur El kocok langsung 8 telur, lalu dibagi kedalam 2 loyang. Setelah dipanggang (langsung dua loyang dalam oven) ternyata bantet. Ini kedua kalinya ngocok 8 butir telur dalam satu adonan. Karena baru 2 kali juga Nur El bikin cake 8 telur, abisnya bukan bakul kueh sih...Resepnya Nur El ubah lagi, tambahin sana, kurangi sini (liat resep awalnya disini resep dasarnya dari sponge cake coklat dasar (Nur El) ). Hujan-hujan beli telur lagi ke warung Bu Hendro (tapi pakai payung yah), demi nenek dan ompung nih...harus jadi dan enak. Akhirnya bikin 1/2 resep dua kali. Manggangnya juga dua kali. Alhamdulillah hasilnya bagus dan enak. Eh ternyata cake yang bantet tinggal 1 loyang (dimakanin papa yang baru pulang kantor langsung icip-icip, Rafif, dan Razaan), walaupun bantet rasanya teteup enak sih.

Birthday Cake kali ini Nur El mau hias pake buttercream, hitung-hitung lagi nyari resep buttercream enak. Alhamdulillah akhirnya bisa bikin buttercream yang enak. Buttercream ini enak baik rasa dan baunya, lembut seperti makan es krim atau whipping cream cair yang dikocok. Kunci biar ga lengketnya krn pakai eisella krem (idenya dari ngobrol-ngobrol sama salah satu penjaga TBK. Puspita di Pasar modern, BSD, makasi yah mas yang ngasih info...nanti kalo kesana lagi mau lapor ah..). Dan biar wanginya enak Nur El tambahin Vanilla Flavour (belinya di TBK. Puspita juga, dibotol-botol kecil, merknya Nur El tidak tahu. Cuma tertulis Vanilla Flavour TBK. Puspita. Kata penjaganya sih halal).

Kamis, 05 Agustus 2010

LASAGNA


Bahan:
1. Lasagna kering 3-4 lembar .
2. Air, hingga lasagna kering terendam.
3. Garam 1/2 sdm.
4. Minyak sayur1-2 sdm.

SAMBAL JENGKOL

Beberapa hari yang lalu sudah melepaskan rindu makan pete, sekarang lagi kangen jengkol. Apalagi jengkol olahan mama Nur El (nenek ndut), waaaaaah ga ada yang bisa mengalahi kelezatannya. Dari mulai mencuci jengkol yang masih ada kulitnya terus direbus, lalu dikupas kulitnya dan dikukus, digeprek, kemudian digoreng. Tinggal diolah sesuai selera deh.

Berhubung rumah Nur El dikomplek, rumahnya dempetan. Jadi ga pernah buat masakan yang memakai pete dan jengkol, takuuuuut mengganggu kenyamanan tetangga, nanti ada yg demo lagi .....xi xi xi. Tapi sudah kangen banget nih, jadi pesen ke tukang sayur jengkol yang sudah direbus saja. Pesennya 1/4 kg, tapi Nur El pakai cuma 8 biji, sisanya dikasih ke mbak (pbt). Bagi-bagi rezeki...hi hi hi. Setelah jengkolnya dicuci lalu digoreng ternyata tidak segurih kalo mama Nur El (nenek ndut) yang ngolah. Sebenarnya lebih enak kalo beli yang masih ada kulitnya, dan diolah sendiri. Tapiiiii ga mungkiiin bisa-bisa semerbak harumnya bisa membuat rame para tetangga. Setelah jengkolnya diberi sambal ala Nur El (hi hi hi padahal cuma begitu doank), jadi nikmat-nikmat aja. Waaaaah wangi harum jengkol di rumah ini harus hilang sebelum hari minggu ...soalnya mau ada kumpul bapak-bapak di rumah nih....:)



AYAM SUWIR GARING (ABON AYAM GARING)

Ayam suwir garing ini bisa juga disebut abon ayam garing.



Bahan:
1. Dada ayam utuh dari 1 ekor ayam.
2. Minyak goreng 200 gr.

Rabu, 04 Agustus 2010

FILLET AYAM BALUT TEPUNG PANIR KEJU


Bahan:
1. Fillet ayam 534 gr.
2. Tepung terigu 180 gr.
3. Tepung panir kasar 170 gr .
4. Keju cheddar parut halus 100 gr.
5. Telur ayam 3 butir, kocok lepas.
6. Lada bubuk 1/2 sdm peres.
7. Garam 1 sdm.
8. Jeruk nipis 2 buah (ukuran kecil), ambil airnya.
9. Minyak sayur.

Selasa, 03 Agustus 2010

CHOCO CHIP CHOCO CORN FLAKES COOKIES


Seperti biasa memanfaatkan putih telur sisa bikin roti, Corn flakes rasa coklat yang belum habis, dan chocolate chip yang masih banyak. Jadilah satu resep cookies. Enaknya makan cookies ini sambil dicelupin kedalam minuman coklat panas yang tidak terlalu manis....mmmmmh uenaknya...:)

LUMPIA FLA NANAS

Rasanya enak sekali. Manis, asem, segeeeer....yuk dicoba...


Foto yang diatas kurang menarik yah...Dibawah ini foto yang diambil sewaktu bikin lumpia fla nanas pake kulit lumpia yang dibeli di tukang sayur (bentuk kulit lumpianya lingkaran tidak sempurna).