Monday, August 16, 2010

SAGU KEJU BUTTER


Ini pertama kali bikin sagu keju. Seperti biasa resepnya ala Nur El yah.

Adonan yang pertama keju parutnya Nur El aduk pakai mikser agak lamaan sehingga adonannya cendrung licin. Pas buat adonan yang kedua, keju parutnya Nur El masukkan setelah campuan adonan dan tepung tercampur sempurna, tidak grindil-grindil. Aduk sebentar keju parut dengan menggunakan mikser, jadi kejunya tidak hancur banget. Kayaknya Nur El suka cara ngadonin yang kedua jadi setelah dipanggang kejunya keliatan bintik-bintik.

Rafif doyan banget, dia bilang empuk. Kotak kuenya dibawa kesana- kemari. Adonan yang kedua bukan untuk papa, Rafif, dan Razaan, tapi untuk nenek ndut. Mudah-mudahan nenek dan semua yang makan sukaaaaa...:) Nenek ndut, lebaran tahun ini kue keringnya langsung dibuat oleh Eni yah (panggilan kesayangan dirumah nih). Mudah-mudahan juga bisa dibawa ke ibu mertua yang baiiiiiik banget. Do'ain berhasil yah....

Sagu keju ini empuk, lumer dimulut, dan terasa kres kejunya. Ini dia resep Nur El. Dan untuk resep sagu keju yang lain bisa dilihat disini


Bahan:
1. Tepung sagu 250 gr.
2. Butter 100 gr (dingin tapi tidak beku).
3. Gula halus 100 gr.
4. Kuning telur dari 2 butir telur ayam.
5. Keju cheddar parut 100 gr.

Loyang 30x30x2 atau loyang kuker ukuran lain.
Olesan loyang: margarin secukupnya.

Cara membuat:

1. Kocok butter dengan kecepatan mikser paling rendah hingga tercampur merata, tapi adonan tidak mengembang dan berwarna tidak pucat. Masukkan gula halus, kocok hingga tercampur. Masukkan kuning telur, kocok hingga tercampur. Masukkan tepung terigu, kocok hingga merata dan tidak grindil-grindil, masukkan keju cheddar parut. Aduk sebentar agar merata. Matikan mikser.


2. Panaskan oven pada suhu kurang dari 150 derajat celsius, kurleb 15 menit.


3. Ambil adonan dan masukkan ke kantong plastik segitiga, ikat ujungnya. Potong bagian ujung plastik yang runcing. Masukkan ke dalam kantong plastik segitiga yang bagian ujungnya sudah diberi spuit. Semprotkan adonan diatas loyang yang sudah diolesi margarin tipis-tipis dan beri jarak antar adonan.
5. Masukkan kedalam oven dan panggang kurleb 30 menit atau sampai matang.
6. Keluarkan loyang dari oven. Diamkan sagu keju hingga dingin.
7. Siap untuk dimasukkan ke toples atau disantap langsung.