Sabtu, 24 April 2010

MUFFIN KEJU (empuk)

Muffin ini empuuuuuuk, tadi buatnya buru2 keburu keponakan pada dateng. Nur El kotak2 resep muffin keju Nur El sebelumnya (setelah resep muffin keju empuk ini, Nur El tulis resep2 Muffin keju Nur El sebelumnya, dan yg paling Nur El dan keluarga suka adalah resep yg ini). Liat fotonya buru2, abis tamunya dah pada dateng, ternyata yg dateng lebih dr perkiraan tapi gpp Nur El sekeluarga seneng banget. jadi rame deh rumahnya.

Oh iya Muffin ini dalam kondisi dingin masih empuk dan uenak. Kata Dira (keponakan yg cuantik dan pinter), "Enak dan terasa kejunya". 


Resep Muffin Keju (empuk) sebagai berikut:


Bahan:
1. Tepung terigu 250 gr.
2. Margarin 100 gr, cairkan, diamkan hingga dingin.
3. Telur 2 butir.
4. Susu cair 150 ml.
5. Keju parut 110 gr.
6. Gula halus 60 gr.
7. Baking powder 1 1/2 sdt.
8. Soda kue 1/4 sdt.
9. Vanili bubuk 1/4 sdt. 

Cara membuat:
1. Masukkan susu cair dan keju parut kedalam panci, panaskan kompor. Aduk2 dng pengocok/pengaduk kawat hingga keju hancur. Diamkan hingga dingin. Sisihkan.
2. Panaskan oven 190 derajat celsius kurleb 15 menit (oven gas).
3. Siapkan loyang muffin ukuran besar berlubang 12, alasi setiap lubang dng mangkuk kertas.
4. Dalam baskom besar, campur tepung terigu, gula halus, soda kue dan baking powder aduk hingga rata, sisihkan.
5. Campur margarin cair dan telur (yg sudah dikocok lepas dng diberi vanili bubuk) kedalam panci yg berisi susu dan keju, aduk hingga rata dng menggunakan pengocok kawat. Setelah merata, tuang adonan kedalam baskom besar yg berisi tepung terigu dng bahan kering lainnya, aduk asal dng menggunakan spatula, jng terlalu lama ngaduknya yah asal tercampur aja (yg pasti adonannya tidak cair seperti adonan sponge cake).
6. Tuang adonan kedalam 7 lubang cetakan hingga hampir penuh. Lubang yg tdk terisi adonan hrs tetap dialasi mangkuk kertas.
7. Masukkan kedalam oven, panggang kurleb 20 menit dng suhu 190 derajat celsius hingga matang dng api bawah saja. Letakkan pada rak ditengah agar dasar muffin tdk terlalu kering ataupun gosong.
8. Keluarkan loyang dr dalam oven, biarkan selama 5 menit. Pindahkan keatas rak kawat, biarkan hingga hangat dan sajikan.

Awalnya resep ini 60 gr keju tdk dimasak bareng susu tapu hanya dipotong kotak-kotak. Tapi lebih empuk n tahan lama empuknya bila semua dicampur kesusu. Mengikuti resep diatas.

Dibawah ini resep2 muffin keju Nur El sebelumnya, tapi kalo mau nyoba Nur El paling rekomendasikan yg MUFFIN KEJU (empuk), resepnya yg sudah tertulis diatas.


Sebelumnya Nur El pernah coba seperti ini:

MUFFIN KEJU

Muffin ini lebih empuk drpada muffin keju tanpa soda kue (resepnya ada di blog ini juga). Kejunya bisa dicuil2. Selain ditambahkan soda kue, biar lebih lembut kejunya dicairkan dng cara dicampurkan kedalam susu cair sambil dipanaskan diatas api. Insya Allah sesuai selera suami nih...:)

Bahan:
1. Tepung terigu 250 gr.
2. Mentega / margarin 100 gr, cairkan, diamkan hingga dingin.
3. Telur 1 butir.
4. Susu cair 200 ml.
5. Keju parut 100 gr.
6. Keju potong dadu kurleb 1/2 cm, 60 gr. (sisa keju yg sudah dibuka tinggal segini, jd segini aja deh).
7. Gula halus 80 gr.
8. Baking powder 1 1/2 sdt.
9. Soda kue 1/4 sdt.

Cara membuat:
1. Masukkan susu cair dan keju parut kedalam panci, panaskan kompor. Aduk2 dng pengocok/pengaduk kawat hingga keju hancur. Diamkan hingga dingin. Sisihkan.

2. Panaskan oven 190 derajat celsius kurleb 15 menit (oven gas).
3. Siapkan loyang muffin ukuran besar berlubang 12, alasi setiap lubang dng mangkuk kertas.
4. Dalam baskom besar, campur tepung terigu, gula halus, soda kue dan baking powder aduk hingga rata, sisihkan.

5. Campur mentega cair dan telur kedalam panci yg berisi susu dan keju, aduk hingga rata dng menggunakan pengocok kawat. Setelah merata, tuang adonan kedalam baskom besar yg berisi tepung terigu dng bahan kering lainnya, tambahkan keju yg telah dipotong dadu, aduk asal dng menggunakan spatula, jng terlalu lama ngaduknya yah asal tercampur aja.














6. Tuang adonan kedalam 10 lubang cetakan hingga hampir penuh. Lubang yg tdk terisi adonan hrs tetap dialasi mangkuk kertas.
7. Masukkan kedalam oven, panggang kurleb 25 menit dng suhu 190 derajat celsius hingga matang dng api bawah saja. Letakkan pada rak ditengah agar dasar muffin tdk terlalu kering ataupun gosong.
8. Keluarkan loyang dr dalam oven, biarkan selama 5 menit. Pindahkan keatas rak kawat, biarkan hingga hangat dan sajikan selagi hangat.

Catatan :
1. Lama pemanggangan kalau 20 menit dasar muffin tdk menempel pada kertas mangkuk, kalo dipanggang sampai 25 menit muffin terlihat lebih kecoklatan dan dasar muffin menempel pada kertas mangkuk. Anjuran Nur El 20 menit saja (kalo pake oven kayak Nur El, tadi dijadiin 25 menit biar oke kalo dijepreeet).
2. Nur El pernah nyoba bikin muffin tapi dng cara mengocok telur dng gula pasir hingga mengembang lalu memasukkan bahan2 lainnya dng cara diaduk. Tapi hasilnya bantet. Padahal tadinya Nur El pingin bikin muffin tanpa memakai baking powder dan soda kue. tapi ternyata gagal. Besok2 kalo sempet dan berhasil berkhayal bikin resep muffin tanpa bahan pengembang, Nur El laporin deh disini tapi kalo berhasil yah...:)
3. Kalo mau dimakan besoknya. Simpen di kulkas dalam wadah tertutup. apabila mau dimakan. Keluarkan dulu dr dlm kulkas diamkan hingga suhu normal. Baru dipanggang dng oven pada suhu 150 derajat celsius kurleb 10 menit atau pake microwave (yg ini Nur El ga punya).

Sebelumnya Nur El coba seperti ini:


MUFFIN KEJU (tanpa soda kue)

 
Ini resepnya berdasarkan utak-atik resep Outmeal Raisin Muffin dan berkhayal. Buatnya sore2, pas pagi2 dimakan masih empuk, tapi memang tidak seempuk outmeal raisin muffin dan cake lainnya. Tapi empuknya kurang sesuai selera suami. Jadi nanti kita buat lagi yah....:)

Bahan:
1. Tepung terigu 250 gr.
2. Mentega / margarin 100 gr, cairkan, diamkan hingga dingin.
3. Telur 2 butir.
4. Susu cair 100 ml.
5. Keju parut 100 gr.
6. Keju potong dadu kurleb 1/2 cm, 80 gr.
7. Gula halus 80 gr.
8. Baking powder 1 1/2 sdt.
9. Vanili bubuk 1/4 sdt.


Cara membuat:
1. Panaskan oven 190 derajat celsius kurleb 15 menit (oven gas).
2. Siapkan loyang muffin ukuran besar berlubang 12, alasi setiap lubang dng mangkuk kertas.

3. Dalam baskom besar, campur tepung terigu, gula halus, dan baking powder aduk hingga rata, sisihkan.
5. Campur telur, vanili bubuk, mentega cair, dan susu cair, aduk hingga rata dng menggunakan pengocok kawat. Setelah merata, tuang adonan kedalam baskom besar yg berisi tepung terigu dng bahan kering lainnya, tambahkan keju yg telah dipotong dadu, aduk asal dng menggunakan spatula, jng terlalu lama ngaduknya yah asal tercampur aja.
6. Tuang adonan kedalam 9 lubang cetakan hingga hampir penuh. Lubang yg tdk terisi adonan hrs tetap dialasi mangkuk kertas.

7. Masukkan kedalam oven, panggang kurleb 20 menit dng suhu 190 derajat celsius hingga matang dng api bawah saja. Letakkan pada rak ditengah agar dasar muffin tdk terlalu kering ataupun gosong.
8. Keluarkan loyang dr dalam oven, biarkan selama 5 menit. Pindahkan keatas rak kawat, biarkan hingga hangat dan sajikan selagi hangat.

Catatan :
1. Lama pemanggangan kalau 20 menit dasar muffin tdk menempel pada kertas mangkuk, kalo dipanggang sampai 25 menit muffin terlihat lebih kecoklatan dan dasar muffin menempel pada kertas mangkuk.