Thursday, August 26, 2010

SAGU KEJU



Bikin kue kering lagi nih. Sebenarnya sudah dari beberapa hari yang lalu membuat kue kering. Tapi hari ini lagi pingin ditulis lagi. Resepnya masih sama dengan resep yang kemarin-kemarin (bisa dilihat disini). Tapi beberapa kali buat Nur El bikin ukuran 100 gr butter diganti menjadi 30 gr margarin dan 70 gr butter. Dan karena masih belajar main spuit, bentuknya masih Nur El ganti-ganti setiap membuat satu adonan (tepung sagu 250 gr). Ini dia resepnya sagu keju tidak memakai santan.



Bahan:
1. Tepung sagu 250 gr.
2. Butter 70 gr (dingin tapi tidak beku).
3. Gula halus 100 gr.
4. Kuning telur dari 2 butir telur ayam.
5. Keju cheddar parut 100 gr.
6. Margarin 30 gr.

Loyang 30x30x2 atau loyang kuker ukuran lain.
Olesan loyang: margarin secukupnya.

Cara membuat:

1. Kocok butter dengan kecepatan mikser paling rendah hingga hannya tercampur merata, tapi adonan tidak mengembang. Masukkan gula halus, kocok hingga tercampur. Masukkan kuning telur, kocok hingga tercampur. Masukkan tepung terigu secara bertahap, kocok hingga merata dan tidak grindil-grindil, masukkan keju cheddar parut. Aduk sebentar agar merata. Matikan mikser.


2. Panaskan oven pada suhu kurang dari 150 derajat celsius, kurleb 15 menit.


3. Ambil adonan dan masukkan ke kantong plastik segitiga, ikat ujungnya. Potong bagian ujung plastik yang runcing. Masukkan ke dalam kantong plastik segitiga yang bagian ujungnya sudah diberi spuit bintang. Semprotkan adonan diatas loyang yang sudah diolesi margarin tipis-tipis dan beri jarak antar adonan.
5. Masukkan kedalam oven dan panggang kurleb 20 -30 menit atau sampai matang.
6. Keluarkan loyang dari oven. Diamkan sagu keju hingga dingin.
7. Siap untuk dimasukkan ke toples atau disantap langsung.