Monday, August 16, 2010

LIDAH KUCING KEJU

Tadinya mau bikin putri salju, jadinya malah Lidah Kucing Keju. Butter dan margarinnya banyak, jadi kue kering ini rapuh banget..

Karena baca sana-sini butter harus dikocok sampai pucat, maka Nur El kocok lah hingga pucat dan mengembang. Lah tapi adonannya malah lembek dan lembut, ga bisa dicetak. Terus Nur El masukin kulkas kurleb 4 jam. Setelah itu adonan dikeluarkan dari dalam kulkas. Ternyata masih lembek juga. Adonan Nur El masukin keplastik segitiga, lalu diikat. Dimasukin lagi ke kantung plastik segitiga yang pada bagian ujungnya sudah diberi spuit bintang. Lalu semprot diloyang. Setelah dipanggang ...loh kok meleber, wah kelamaan ngocok nih. Tapi setelah matang dan dingin, dimakan kres, empuk banget, langsung lumer dimulut. Papa aja doyan, rasanya pingin lagi..lagi..lagi ...dan lagi...:)





Dijadiin resep baru deh buat Nur El...besok buat lagi ah buat mama Nur El (nenek ndut) dan mertua...hi hi hi...tapi insya Allah kalo sempat yah..:) Oh iya ini resep ala Nur El yah..:)

Bahan:
1. Butter 125 gr (dingin tapi tidak beku).
2. Margarin 125 gr.
3. Gula halus 100 gr.
4. Tepung terigu (kunci biru) 250 gr.
5. Keju cheddar parut 50 gr.
6. Kuning telur dari 1 butir telur.

Loyang ukuran 30x30x2 cm atau loyang kuker ukuran yang lain.
Olesan loyang: margarin secukupnya (oles loyang tipis-tipis)

Cara membuat:
1. Kocok butter dan margarin hingga lembut dengan kecepatan mikser paling rendah, masukkan gula halus, kocok hingga mengembang. Masukkan kuning telur, kocok hingga mengembang dan pucat. Masukkan tepung terigu, kocok hingga merata dan licin, masukkan keju cheddar parut. Aduk sebentar agar merata. Matikan mikser.


2. Tutup baskom yang berisi adonan dengan plastik wrapping. Simpan didalam kulkas kurleb 4 jam.
3. Panaskan oven pada suhu kurang dari 150 derajat celsius, kurleb 15 menit.


4. Keluarkan adonan dari dalam kulkas. Ambil adonan dan masukkan ke kantong plastik segitiga, ikat ujungnya..Potong bagian ujung plastik yang runcing. Masukkan ke dalam kantong plastik segitiga yang bagian ujungnya sudah diberi spuit. Semprotkan adonan diatas loyang yang sudah diolesi margarin tipis-tipis dan beri jarak antar biskuit.
5. Masukkan kedalam oven dan panggang kurleb 20 menit atau sampai matang.
6. Keluarkan loyang dai oven. Diamkan biskuit hingga dingin.
7. siap untuk dimasukkan ke toples atau disantap langsung.