Tuesday, October 5, 2010

BROWNIES ALMOND


Beberapa hari ini pingin banget bikin brownies. Dari resep brownies ketan hitam terinspirasilah bikin brownies ini. Resep brownies panggang ini menghasilkan brownies panggang yang empuk dan lembut dengan taburan almond. Permukaan brownies ini coklat yang mengkilat. Brownies ini tanpa susu dan coklat batangan yang dicairkan. Bagi penggemar brownies yang empuk, bisa dicoba deh.




Bahan:
1. Tepung terigu 115 gr.
2. Coklat bubuk 35 gr.
3. Gula pasir 140 gr.
4. Minyak sayur 120 gr.
5. Telur 4 butir.
6. Tiramisu compound 1/3 sdt.

Taburan: potongan tipis kacang almond 15 gr.

Lapisan loyang 26x10x6 cm : kertas roti dan margarin secukupnya.

Cara membuat:

1. Siapkan loyang 26x10x6 cm cm, olesi dengan margarin, beri kertas roti dibagian dasar loyang lalu olesi lagi dengan margarin. Sisihkan.
2. Campurkan tepung terigu denagn coklat bubuk, aduk hingga merata. Sisihkan.
3. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius.
4. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, putih, dan kental, tapi tidak sampai kaku (jatuhnya adonan lambat sekali apabila diteteskan dengan menggunakan spatula).
5. Turunkan kec. mikser hingga ke kec terendah. Masukkan campuran tepung, sambil terus diaduk , masukkan tiramisu compound dan minyak sayur, sambil diaduk (tdk usah lama2). Matikan mikser. Aduk balik adonan dengan menggunakan spatula hingga adonan tercampur merata.
6. Tuang adonan ke loyang (saat dituangkan terlihat adonan yang berjejak) beri potongan kacang almond. Masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 20  menit atau smp matang pakai api bawah saja.
7. Keluarkan loyang dr oven, tunggu hingga kurleb 5 menit baru dikeluarkan dr loyang. Pindahkan ke rak kawat diamkan hingga dingin. Pindahkan ke piring saji, siap tuk disantap.



Catatan:
1. Seperti biasa kalau makan brownies, apabila diinapkan semalaman rasanya makin enak.
2. Nur El mengocok telur dan gula pasirnya kurang lebih 25 menit (tadi sih ga ngitung pastinya berapa).