Friday, September 3, 2010

KASTENGELS



Saat mbak (pbt) mencoba 2 macam resep yang Nur El buat, dia lebih suka yang ini dari pada resep kastengels yang satunya lagi, resepnya ada disini. Kalau gurih, renyah dan enaknya sama, tapi menurut selera dia yang ini asinnya pas. Kalo kata mbak (pbt) asinnya pas seperti kastengels yang dia suka beli setiap lebaran. Nah bingung mana yang enak.Yang mana saja sesuai lidah masing-masing. Tapi yang ini lebih ekonomis dari resep yang pertama. Dan untuk resep yang ini sekali makan, pingin makan lagi, lagi, dan lagi..... terussss. Kayaknya resep ini yang akan sering dipakai nih...:)


Bahan:
1. Tepung terigu 250 gr.
2. Margarin 110 gr.
3. Butter 40 gr (dingin tapi tidak beku).
4. Keju cheddar cita rasa keju edam 100 gr, diparut.
6. Kuning telur dari 1 butir telur ayam.
7. Susu bubuk 15 gr.

Taburan:
1. Keju cheddar cita rasa edam ,parut secukupnya.
2. Kuning telur dari 2 butir telur ayam.

Olesan loyang kue kering: margarin seukupnya.

Cara membuat:
1. Campurkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata. Sisihkan.
1. Kocok margarin dan butter menggunakan mikser dengan kecepatan terendah (pakai yang bentuk seperti per) hingga tercampur merata tapi jangan sampai mengembang. Masukkan kuning telur, aduk hingga merata. Masukkan campuran tepung secara bertahap, aduk hingga merata. Lalu masukkan keju cheddar parut rasa keju edam, aduk sebentar agar merata. Matikan mikser.
2. Panaskan oven pada suhu kurang dari 150 derajat celsius kurleb 15 menit (tergantung oven masing-masing).


3. Aduk adonan yang menggerindil dengan menggunakan jari tangan sebentar, asal tidak menggerindil lagi. Bulatkan. Gilas adonan hingga ketebalan 0,5 cm, panjang kurleb 3,5 cm, lebar kurleb 0,8 cm. Letakkan diatas loyang kue kering yang sudah dioles dengan mentega, tipis-tipis. Beri jarak antar adonan. Lakukan hingga adonan habis. Oles dengan kuning telur (gunakan kuas). Beri taburan keju cheddar parut secukupnya.
4. Masukkan kedalam oven dan panggang kurleb 25 menit. Permukaannya kalau dipegang sudah kering dan terlihat bintk-bintik berwarna coklat (kejunya) dan berwarna kecoklatan. Nyalakan api atas. Pindahkan loyang yang dibawah atau yang terlihat sudah matang ke rak bagian paling atas. Panggang hingga permukaannya kuning kecoklatan (kurleb 1-2 menitan, karena pakai rak paling atas).
5. Setelah matang, biarkan kastangels diatas loyang hingga benar-benar dingin baru dipindahkan kedalam toples lalu tutup rapat.