Friday, September 3, 2010

KASTENGELS GURIH DAN RENYAH


Percobaan pertama membuat resep kastengels. Buatnya saat menunggu sahur. Hasilnya empuk banget dan mudah hancur saat dimakan, kalo soal rasa enak. Itu komentar yang Nur El dan suami rasakan saat makan kastengels itu disaat sahur. Karena mudah hancur, Nur El coba bikin resep yang baru, disini resepnya. Tapi setelah berbuka puasa Nur El  coba lagi. Ternyata kastengels yang ini tidak cepat hancur saat dimakan....mmmmmh pokoknya Nur El dan suami suka, renyah dan asinnya pas buat Nur El dan suami yang suka asin dan gurih. Tapi kalau untuk dimakan berkali-kali kayaknya cepat berenti makannya deh. Mungkin besok-besok bentuknya dirubah agar cepat matengnya. Mungkin juga lama matengnya karena ovennya sering Nur El buka-buka untuk melihat apakah sudah matang atau belum (yah namanya juga baru pertama kali jadi tidak tahu lama waktu yang pas untuk memasak kastengels ini dengan menggunakan oven Nur El). Besok-besok dicoba lagi ah....

Silahkan dilihat juga resep kastengels gurih, renyah, yang lebih ekonomis, dan bikin kepingin makan terus, resepnya ada disini.

Bahan:
1. Tepung terigu 250 gr.
2. Margarin 100 gr.
3. Butter 100 gr (dingin tapi tidak beku).
4. Keju cheddar cita rasa keju edam 70 gr, diparut
5. Keju cheddar 70 gr, diparut.
6. Kuning telur dari 2 butir telur ayam.

Taburan:
1. Keju cheddar parut kurleb 30 gr.
2. Kuning telur dari 2 butir telur ayam.

Olesan loyang kue kering: margarin seukupnya.

Cara membuat:
1. Kocok margarin dan butter menggunakan mikser dengan kecepatan terendah (pakai yang bentuk seperti per) hingga tercampur merata tapi jangan sampai mengembang. Masukkan kuning telur, aduk hingga merata. Masukkan tepung terigu secara bertahap, aduk hingga merata. Lalu masukkan kedua macam keju cheddar parut, aduk sebentar agar merata. Matikan mikser.
2. Panaskan oven pada suhu kurang dari 150 derajat celsius kurleb 15 menit (tergantung oven masing-masing).


3. Aduk adonan yang menggerindil dengan menggunakan jari tangan sebentar, asal tidak menggerindil lagi (lihat gambarnya dibawah ini). Ambil adonan 8 gr, cetak dengan cetakan lingkaran. Letakkan diatas loyang kue kering yang sudah dioles dengan mentega, tipis-tipis. Beri jarak antar adonan. Lakukan hingga adonan habis. Oles dengan kuning telur (gunakan kuas). Beri taburan keju cheddar parut secukupnya.
4. Masukkan kedalam oven dan panggang selama lebih dari 40 menit atau sampai matang (tadi Nur El tidak berhitung dengan pas berapa waktu memanggangnya yang pasti lebih dari 40 menit). Permukaannya kalau dipegang sudah kering dan terlihat bintk-bintik berwarna coklat (kejunya). Nyalakan api atas. Pindahkan loyang yang dibawah atau yang terlihat sudah matang ke rak bagian paling atas. Panggang hingga permukaannya kuning kecoklatan dan keju taburannya berwarna agak kecoklatan.
5. Setelah matang, biarkan kastangels diatas loyang hingga benar-benar dingin baru dipindahkan kedalam toples lalu tutup rapat.