Saturday, March 28, 2015

STRAWBERRY CHEESECAKE (tidak pakai gelatin dan tidak dipanggang)



Resep Strawberry Cheesecake ala Nur El tanpa gelatin dan tanpa dipanggang.



Bahan:
1. Biskuit 220 gr.
2. Butter (unsalted)110 gr. (Pakai margarin juga gak apa-apa karena biasanya saya juga pakai margarin)
3. Whipping cream 1 liter.
4. Cream Cheese 500 gr.
5. Gula halus 150 gr.

Topping:
1. Selai stroberi 430 gr.
2. Air jeruk nipis 2 sdm.
3. Air matang 2 sdm.

Cara membuat:
1.Alat pengocok (kaki mikser), spatula, baskom besar, dan baskom kecil, disimpan didalam lemari es hingga dingin. Masukkan air es dan es batu kedalam baskom yang lebih besar. Sisihkan.
2. Hancurkan biskuit hingga serpihan kecil-kecil (tapi tidak menjadi bubuk). Masukkan butter dalam suhu ruang (sudah tidak beku). Aduk dengan menggunakan tangan hingga menyatu dengan biskuit. Masukkan kedalam loyang bongkar pasang yang sudah dialasi kertas roti. Tekan-tekan, padatkan hingga menutupi dasar loyang. Simpan didalam kulkas kurleb 30 menit hingga terlihat padat dan menyatu.
3. Masukkan gula halus (yang sudah disimpan dikulkas) dan whipping cream kedalam baskom. Baskimnya dimasukkan kedalam baskom besar yang berisi air dingin dan es batu. Kocok pakai mikser dengan kecepatan sedang, hingga rata, lembut, dan kaku. Lalu masukkan cream cheese yang sudah tidak dingin lagi. Kocok lagi hingga merata dengan menggunakan mikser. Sebentar saja.Lalu tuang kedalam loyang bongkar pasang ratakan permukaannya. Simpan didalam kulkas.
4. Masukkan selai stroberi, air jeruk nipis, dan air matang kedalam panci. Panaskan hingga mendidih dan mengental (tapi jangan sampai mengental sekali karena saat didiamkan akan dengan sendirinya menjadi kental).
5. Setelah selai dingin, tuang diatas cheesecake hingga merata. Lalu simpan cheesecake didalam kulkas kurleb 24 jam.


Catatan:
1. Saya pakai loyang bongkar pasang diameter 20 cm dan juga saya masukkan kedalam mangkuk-mangkuk kecil.
2. Saya pakai butter anchor. Tapi seringnya saya pakai margarin saja. Apabila menggunakan margarin. Maka sebelum menyatukan  wafer dan margarin, margarinnya harus dilelehkan dulu agar menjadi cair.
3. Whipping cream yang saya pakai merk Anchor yang termasuk dairy, sehingga cake ini harus disimpan dikulkas agar tidak cepat mencair.
4. Cream cheese yang saya pakai merk yummy (neufchatel) kadang juga pakai mascarpon cheese.
5. Saat mengocok krimnya terkadang saya pakai cara masukkan semua bahan yang masih dalam kondisi dingin (gula halus, cream cheese, dan whipping cream). Kocok bersamaan hingga kaku.