Friday, July 2, 2010

KLAPPERTAART SINGKONG KEJU



Sebenarnya sudah lama pingin bikin klappertaart ini. Berhubung ada yg belum lengkap bahannya, terutama kelapa muda. Baru deh dibuat tadi siang, ketika Razaan tertidur pulas. Buatnya mudah kok, ayo dicoba...:)

Pertama kali kenal kue ini saat Nur El hamil Razaan. Itupun dibelinya di kantin salah satu rumah sakit di BSD. Sepertinya yang dijual klappertaart klasik, uennnaaaak banget.

Setelah setahun lebih akhirnya Nur El membuat kue ini. Nur El pilih bahannya singkong karena singkong mudah didapat dimana-mana khususnya di Indonesia. Dan Nur El belum pernah membaca  resep klappertaart yang menggunakan bahan singkong. Tadinya pingin pake air kelapa mudanya juga, tapi karena takut Razaan bangun bikinnya kayak gini aja deh tinggal cemplang-cemplung.Jadilah resep jadi-jadian dari Nur El.

Klappertaart ini enak sekali untuk dinikmati. sebenarnya tanpa diberi keju pun sudah nikmat sekali. Kue ini paling nikmat disantap setelah dimasukkan kedalam kulkas.




Bahan:
1. Singkong setelah dikupas 500 gr
2. Kelapa muda (yang dipakai dagingnya, dikerok atau diparut) 350 gr.
3. Susu cair 600 ml.
4. Kuning telur 4 butir, kocok lepas.
5. Gula pasir 100 gr.
6. Margarin 80 gr.
7. Vanili bubuk 1/3 sdt.
8. Keju olahan rasa keju edam (diparut) 200 gr.

Untuk mengukus singkong: air secukupnya.

Olesan 2 loyang pyrex ukuran 20,5x18,2x5,0 cm (persediaan wadah alumunium foil ukuran kecil lagi habis): margarin.

Cara membuat:
1. Kukus singkong hingga matang dan empuk, lalu haluskan. Sisihkan.
2. Campur susu cair, gula pasir, margarin, dan singkong yg dihaluskan. Masak hingga menjadi bubur.
3. Masukkan  daging kelapa muda, vanili bubuk, dan kuning telur. Sambil terus diaduk agar merata. Masak hingga mendidih.
4 Tuang ke loyang pyrex yang sudah diolesi margarin. Ratakan dan taburi dengan keju parut. Letakkan pyrex kedalam wadah yang sudah diberi air (agar bagian bawah klappertaartnya tidak berkerak).


5. Panggang dengan menggunakan oven (oven sudah dipanaskan dahulu kurang lebih 15 menit pada suhu 150 derajat celsius) selama kurang lebih 30 menit pada suhu 150 derajat celsius. Angkat, biarkan hingga dingin atau uap panasnya hilang.
6. Masukkan kedalam kulkas. Setelah dingin siap untuk disantap.


Cara mengupas singkong:
1. Potong bagian pangkalnya (tangan mbak asisten kena jepret deh).


2. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini lapisan kulit singkong. Lalu iris kulit singkong dengan bantuan pisau. Kemudian tinggal dirobek dengan menggunakan tangan.