Selasa, 31 Agustus 2010

LIDAH KUCING


Nur El pernah buat lidah kucing keju yang resepnya ada disini. Dari resep tersebut Nur El bikin resep ini, hanya saja gulanya Nur El kurangi, ikutin selera suami aja. Papa bilang sudah cukup manisnya, tapi ini selera suami Nur El yah. Kalau mau lebih manis tinggal ditambahin  gulanya. Sekali makan, pingin lagi, lagi, dan lagi. Mau tahu siapa yang bolak-balik mengambil lidah kucing ini? Yup betul, siapa lagi kalau bukan papa dan Rafif.

Sebenarnya cara membuat lidah kucing ini pengocokan margarin dan butter terpisah dengan pengocokan putih telur. Itu yang Nur El lihat di salah satu acara televisi Discovery Travel & Living. Tapi berhubung saat bikin lidah kucing keju (putri salju yang gagal) kok rasanya seperti lidah kucing jadi deh ngocoknya tidak dipisah-pisah, biar ringkes. Eh pas baca resep NCC ternyata sama juga ngocoknya tidak dipisah-pisah. Semakin pede deh dengan gaya sesatnya hi hi hi. Berhubung Nur El sudah beli cetakan lidah kucing, untuk kali ini bentuk lidahnya lebih rapih deh. Cara memakai cetakannya dengan cara dibalik. jadi posisi cetakan yang ada cekungannya diatas.

OSENG-OSENG DAGING SAPI PAPRIKA ASEM JAWA


Ini resep dadakan karena ingin menghabiskan asem jawa yang ada. Masakan ini enak apabila disandingkan dengan cap cay udang dan bakso ikan. Pedas dan wangi paprikanya terasa sekali. Rasa asem jawanya juga terasa. Pokoknya alhamdulillah, papa tercinta suka.

CAP CAY UDANG DAN BAKSO IKAN


Saat mau belanja ke tukang sayur, papa pesen minta dibuatin banyak sayur. Didalam kulkas sudah ada kacang kapri, paprika, dan daging sapi (khusus untuk oseng-oseng). Tadinya niat bikin 1 masakan saja. Tapi setelah pulang dari tukang sayur jadi punya ide bikin 2 masakan. Salah satunya cap cay kuah ini.

Untuk cap cay kuah ini Nur El tidak menambahkan tepung maizena. Biar saat dingin tetap enak. Karena Nur El masaknya siang-siang, tidak sempat kalo harus masak di sore hari. Seperti biasa kata papa sih enak. Alhamdulillah asin manisnya pas. Padahal dibuatnya saat berpuasa. Ini dia resepnya.

Kamis, 26 Agustus 2010

PUTRI SALJU KEJU BULAN SABIT



Alhamdulillah selesai juga hari ini bikin kue kering, padahal hari ini kaca mata Nur El belum jadi. Kata penjaga optiknya Jum'at sore baru jadi. Nur El punya ukuran minus dan silinder yang besar jadi agak-agak pusing kalo tidak memakai kaca mata. Harus mengganti kaca mata karena tangkainya dipatahin oleh Razaan sewaktu Nur El sholat. Balik lagi deh ke cerita putri salju keju bulan sabitnya. Sudah beberapa kali bikin putri salju, Nur El bentuk bulat (bisa dilihat disini). Maksudnya biar cepat buatnya. Saat Nur El bawa kerumah orang tua (baru contoh), dapat masukkan dari adik, kakak, dan abang. Kata mereka dibikin bulan sabit aja, jadi ukurannya tidak terlalu besar. Kalo rasa menurut mereka sudah enak. Putri salju ini adonannya tidak memakai kacang mete dan telur. Tapi teksturnya tetap empuk dan renyah. Nur El bikin resep ini biar simpel dan ga ribet, karena Nur El masih punya 2 anak yang kecil-kecil tapi punya keinginan yang besar untuk bikin kue lebaran agar bisa dibawa pulang kampung untuk mertua dan nenek. Satu resep kurang lebih menjadi 60 putri salju keju bulan sabit.

SAGU KEJU



Bikin kue kering lagi nih. Sebenarnya sudah dari beberapa hari yang lalu membuat kue kering. Tapi hari ini lagi pingin ditulis lagi. Resepnya masih sama dengan resep yang kemarin-kemarin (bisa dilihat disini). Tapi beberapa kali buat Nur El bikin ukuran 100 gr butter diganti menjadi 30 gr margarin dan 70 gr butter. Dan karena masih belajar main spuit, bentuknya masih Nur El ganti-ganti setiap membuat satu adonan (tepung sagu 250 gr). Ini dia resepnya sagu keju tidak memakai santan.

Selasa, 24 Agustus 2010

ASINAN BUAH (Ketimun, Nanas, dan Bengkoang)


Niat bikin ini sudah lama, gara-gara ngiler setiap dikasih sama tante Novie (tetangga depan rumah). Ngilernya ngiler bikin sendiri. Kalo gratisan bisa sesekali dapat dari tante Novie (terima kasih tante) dan kalo mau beli gampang tinggal minta beliin sama papa tersayang (cuit..cuit).

Beberapa hari Nur El nginep dirumah orang tua. Nur El ngobrol sama mama dan ayah tentang asinan. Terus Nur El tanya deh, "Bumbunya cuma garam, cabe merah, gula pasir, cuka, air, dan buah, kan?". Kata mama dan ayah, "Betul". Tapi ayah sama mama tidak tahu persis ukurannya. Nur El disuruh tanya ke Bou (adik ayah) di Medan. Belum sempet nanya ke Bou dan Taing (anak bou), Nur El sudah kepingin buat asinan buah.

Senin, 23 Agustus 2010

AYAM PANGGANG PEDAS ASAM MANIS (Happy Call)


Lagi kepingin makan ayam panggang pedas asam manis resep aslinya ada disini. Berhubung lagi bulan puasa cabenya Nur El kurangi dan berhubung sedang tidak mau mengotori oven, karena lagi nyicil bikin kue lebaran. Jadi dimanfaatin deh happy callnya. Disajikan dengan Tumis Bayam Wortel Bakso Ikan, resepnya ada disini.

TUMIS BAYAM WORTEL BAKSO IKAN


Tumisan bayam dan wortel ini sehat bergizi. Ditambah potongan bakso ikan...mmmmmmmh...makin enak deh. Kalau pakai bakso daging sapi biasanya Razaan tidak menelan semuanya, tapi kalau bakso ikan dia bisa menghabiskan semua yang ada dipiringnya. Jadi kalau masak terkadang Nur El pakai bakso ikan.

Kamis, 19 Agustus 2010

AYAM BUMBU KACANG TANAH


Tadinya mau buat ayam kecap bersantan resepnya ada disini. Tetapi saat buka kulkas melihat bengkoang, jadi inget deh kepingin makan rujak. Eh dapat ide bikin ayam bumbu kacang tanah. Berhubung anak-anak sudah pada bangun dan papa sudah pergi kerja, Nur El jadi minta tolong sama mbak (pbt) untuk membeli kacang tanah dan gula merah. Cemplang-cemplung jadi deh menu baru....he he he.

Seandainya papa tidak lagi tugas keluar, pasti beliau seneng sama menu ini. Papa seneng banget sama kacang. Pa, liat disini aja dulu yah. Besok kalo sudah pulang dibuatin deh, spesial untuk papa.

Rabu, 18 Agustus 2010

PUTRI SALJU KEJU


Sudah baca  resep Nur El lidah kucing keju (resepnya ada disini ) yang rasanya ngeju dan butter banget. Nah dari pengalaman tersebut dibuatlah resep Putri Salju Keju ini, tanpa telur. Setelah membuat Sagu Keju (resepnya disini ) yang sudah habis, sebagian besar dihabiskan sama Rafif. Dia seneng banget sama kue sagu keju. Awalnya Rafif tidak mau menyentuh Putri Salju Keju ini, tapi setelah merasakan kenikmatannya, wuiiiiiiiih doyan juga dia sama Putri Salju Keju. Rafif bilang, "Ma, kuenya ada saljunya". Rafif...Rafif ...hi hi hi. Setiap bangun tidur yang dicari kedua kue ini.

Kue yang dibuat untuk orang rumah sudah ludes padahal belum lebaran hi hi hi. Tapi ga apa-apa yang penting Rafif dan papa suka kuenya, rasanya seneng banget.


Senin, 16 Agustus 2010

SAGU KEJU BUTTER


Ini pertama kali bikin sagu keju. Seperti biasa resepnya ala Nur El yah.

Adonan yang pertama keju parutnya Nur El aduk pakai mikser agak lamaan sehingga adonannya cendrung licin. Pas buat adonan yang kedua, keju parutnya Nur El masukkan setelah campuan adonan dan tepung tercampur sempurna, tidak grindil-grindil. Aduk sebentar keju parut dengan menggunakan mikser, jadi kejunya tidak hancur banget. Kayaknya Nur El suka cara ngadonin yang kedua jadi setelah dipanggang kejunya keliatan bintik-bintik.

LIDAH KUCING KEJU

Tadinya mau bikin putri salju, jadinya malah Lidah Kucing Keju. Butter dan margarinnya banyak, jadi kue kering ini rapuh banget..

Karena baca sana-sini butter harus dikocok sampai pucat, maka Nur El kocok lah hingga pucat dan mengembang. Lah tapi adonannya malah lembek dan lembut, ga bisa dicetak. Terus Nur El masukin kulkas kurleb 4 jam. Setelah itu adonan dikeluarkan dari dalam kulkas. Ternyata masih lembek juga. Adonan Nur El masukin keplastik segitiga, lalu diikat. Dimasukin lagi ke kantung plastik segitiga yang pada bagian ujungnya sudah diberi spuit bintang. Lalu semprot diloyang. Setelah dipanggang ...loh kok meleber, wah kelamaan ngocok nih. Tapi setelah matang dan dingin, dimakan kres, empuk banget, langsung lumer dimulut. Papa aja doyan, rasanya pingin lagi..lagi..lagi ...dan lagi...:)



Jumat, 13 Agustus 2010

ES NATA DE COCO KIWI LEMON


Seperti biasa memanfaatkan apa yang sudah ada di rumah. Nata de coco, buah jeruk lemon dan kiwi jatah papa, Nur El manfaatkan menjadi sebuah minuman segar. Ditambahkan selasih agar penampilannya tambah manis dan cantik. Parutan nutrijell rasa jeruk dan selasih memberikan tekstur dan sensasi tersendiri saat air es ini diminum.

Nutrijellnya tidak Nur El pakai semuanya, karena Rafif minta dibuatin agar-agar yang dicetak berbentuk kelinci, ikan, beruang, dan mobil. Tapi tidak sempet difoto, sudah habis duluan sama Rafif dan Razaan. Nur El pakai nata de coco yang jenisnya dugan, bentuknya persegi panjang dan tipis.

BABY FISH SAMBAL CABE MERAH


Malam-malam diajak papa ke salah satu supermarket di Pamulang, belanja keperluan untuk ta'jil di mushola deket rumah. Setelah Nur El mendapatkan yang dibutuhkan, baru deh mencari keperluan pribadi. Seperti biasa Rafif dan Razaan minta papanya bawa mereka melihat dibagian ikan. Liat sana-sini, eh tergiur beli baby fish karena tiba-tiba teringat salah satu menu di rumah makan padang RM. SEDERHANA didepan WTC Serpong, Tangerang, ikan bilis diberi sambal cabe hijau. Kalau dimakan kriuk kriuk  tapi daging didalamnya masih empuk. Nikmat banget, dimakan pakai nasi hangat....mmmmmmmh yang lain lewat deh. Tapi sekarang setiap makan ke rumah makan tersebut selalu kehabisan. Jadi kangen deh sama kriuk-kriuknya.

Kamis, 12 Agustus 2010

AYAM GORENG SAMBAL CABE MERAH


Tadi pas ke tukang sayur yang ada ikan itu lagi-itu lagi....mmmh beli ayam aja deh terus disambelin pakai cabe merah. Biar bikin nafsu makannya dan bisa buat sahur.

Bahan:
1. Ayam 870 gr (1 1/2 ekor ayam, ayamnya kecil), dipotong 18 (kepala, leher, kulit, dan ceker tidak dipakai).
2. Minyak goreng.
3. Air (untuk merebus ayam).

Bumbu:
1. Bawang merah 8 siung.
2. Bawang putih 3 siung.
3. Cabe merah 8 buah.
4. Tomat merah 4 buah (ukuran sedang).
5. Garam 1/2 sdm.
6. Gula pasir 1 sdm.

SAYUR LODEH


Segar dan nikmat. Tadi Rafif dan Razaan dengan lahap memakan menu makan siang hari ini yaitu nasi putih hangat, sayur lodeh dan ayam goreng cabe merah, resep ayamnya ada disini.

Ini dia resep sayur lodeh Nur El....

Selasa, 10 Agustus 2010

PUDING UBI MERAH KARAMEL


Insya Allah besok kita sudah memasuki bulan Ramadhan, dimana wajib hukumnya bagi semua orang yang beragama Islam untuk berpuasa. Bersamaan dengan ini Nur El mau mengucapkan, "Mohon maaf lahir dan bathin. Semoga kita semua diberikan kemudahan oleh Allah S.W.T dalam menjalankan ibadah puasa serta amalan ibadah lainnya di bulan Ramadhan. Dan semoga semua ibadah kita diterima oleh Allah S.W.T".

Salah satu menu berbuka puasa saat Nur El masih kecil adalah kolak, yang salah satu isinya adalah ubi jalar. Kali ini Nur El juga membuat salah satu resep makanan untuk berbuka puasa yang berbahan ubi jalar, Nur El pakai ubi jalar merah, yang biasa juga dikenal dengan nama ubi merah.




Sabtu, 07 Agustus 2010

BIRTHDAY CAKE - SPONGE CAKE LAPIS SELAI STRAWBERRY


Birthday Cake (BDCK) ini untuk nenek dan ompung, dari Rafif dan Razaan. Buatnya kemarin sore, saat hujan lebat dan banyak petir. Dari pagi sudah niat buat tapi berhubung kebayang ribetnya karena anak-anak ga pada mau tidur siang, jadi ga buat-buat. Tapi seperti biasa dengan bismillah dan ga mau mikirin ribetnya, berjalan aja tahap demi tahap pembuatan bdck ini dengan santai, nyambi ini, itu.

Pertama kali Nur El kocok langsung 8 telur, lalu dibagi kedalam 2 loyang. Setelah dipanggang (langsung dua loyang dalam oven) ternyata bantet. Ini kedua kalinya ngocok 8 butir telur dalam satu adonan. Karena baru 2 kali juga Nur El bikin cake 8 telur, abisnya bukan bakul kueh sih...Resepnya Nur El ubah lagi, tambahin sana, kurangi sini (liat resep awalnya disini resep dasarnya dari sponge cake coklat dasar (Nur El) ). Hujan-hujan beli telur lagi ke warung Bu Hendro (tapi pakai payung yah), demi nenek dan ompung nih...harus jadi dan enak. Akhirnya bikin 1/2 resep dua kali. Manggangnya juga dua kali. Alhamdulillah hasilnya bagus dan enak. Eh ternyata cake yang bantet tinggal 1 loyang (dimakanin papa yang baru pulang kantor langsung icip-icip, Rafif, dan Razaan), walaupun bantet rasanya teteup enak sih.

Birthday Cake kali ini Nur El mau hias pake buttercream, hitung-hitung lagi nyari resep buttercream enak. Alhamdulillah akhirnya bisa bikin buttercream yang enak. Buttercream ini enak baik rasa dan baunya, lembut seperti makan es krim atau whipping cream cair yang dikocok. Kunci biar ga lengketnya krn pakai eisella krem (idenya dari ngobrol-ngobrol sama salah satu penjaga TBK. Puspita di Pasar modern, BSD, makasi yah mas yang ngasih info...nanti kalo kesana lagi mau lapor ah..). Dan biar wanginya enak Nur El tambahin Vanilla Flavour (belinya di TBK. Puspita juga, dibotol-botol kecil, merknya Nur El tidak tahu. Cuma tertulis Vanilla Flavour TBK. Puspita. Kata penjaganya sih halal).

Kamis, 05 Agustus 2010

LASAGNA


Bahan:
1. Lasagna kering 3-4 lembar .
2. Air, hingga lasagna kering terendam.
3. Garam 1/2 sdm.
4. Minyak sayur1-2 sdm.

SAMBAL JENGKOL

Beberapa hari yang lalu sudah melepaskan rindu makan pete, sekarang lagi kangen jengkol. Apalagi jengkol olahan mama Nur El (nenek ndut), waaaaaah ga ada yang bisa mengalahi kelezatannya. Dari mulai mencuci jengkol yang masih ada kulitnya terus direbus, lalu dikupas kulitnya dan dikukus, digeprek, kemudian digoreng. Tinggal diolah sesuai selera deh.

Berhubung rumah Nur El dikomplek, rumahnya dempetan. Jadi ga pernah buat masakan yang memakai pete dan jengkol, takuuuuut mengganggu kenyamanan tetangga, nanti ada yg demo lagi .....xi xi xi. Tapi sudah kangen banget nih, jadi pesen ke tukang sayur jengkol yang sudah direbus saja. Pesennya 1/4 kg, tapi Nur El pakai cuma 8 biji, sisanya dikasih ke mbak (pbt). Bagi-bagi rezeki...hi hi hi. Setelah jengkolnya dicuci lalu digoreng ternyata tidak segurih kalo mama Nur El (nenek ndut) yang ngolah. Sebenarnya lebih enak kalo beli yang masih ada kulitnya, dan diolah sendiri. Tapiiiii ga mungkiiin bisa-bisa semerbak harumnya bisa membuat rame para tetangga. Setelah jengkolnya diberi sambal ala Nur El (hi hi hi padahal cuma begitu doank), jadi nikmat-nikmat aja. Waaaaah wangi harum jengkol di rumah ini harus hilang sebelum hari minggu ...soalnya mau ada kumpul bapak-bapak di rumah nih....:)



AYAM SUWIR GARING (ABON AYAM GARING)

Ayam suwir garing ini bisa juga disebut abon ayam garing.



Bahan:
1. Dada ayam utuh dari 1 ekor ayam.
2. Minyak goreng 200 gr.

Rabu, 04 Agustus 2010

FILLET AYAM BALUT TEPUNG PANIR KEJU


Bahan:
1. Fillet ayam 534 gr.
2. Tepung terigu 180 gr.
3. Tepung panir kasar 170 gr .
4. Keju cheddar parut halus 100 gr.
5. Telur ayam 3 butir, kocok lepas.
6. Lada bubuk 1/2 sdm peres.
7. Garam 1 sdm.
8. Jeruk nipis 2 buah (ukuran kecil), ambil airnya.
9. Minyak sayur.

Selasa, 03 Agustus 2010

CHOCO CHIP CHOCO CORN FLAKES COOKIES


Seperti biasa memanfaatkan putih telur sisa bikin roti, Corn flakes rasa coklat yang belum habis, dan chocolate chip yang masih banyak. Jadilah satu resep cookies. Enaknya makan cookies ini sambil dicelupin kedalam minuman coklat panas yang tidak terlalu manis....mmmmmh uenaknya...:)

LUMPIA FLA NANAS

Rasanya enak sekali. Manis, asem, segeeeer....yuk dicoba...


Foto yang diatas kurang menarik yah...Dibawah ini foto yang diambil sewaktu bikin lumpia fla nanas pake kulit lumpia yang dibeli di tukang sayur (bentuk kulit lumpianya lingkaran tidak sempurna).



SAMBAL TERASI IKAN EKOR KUNING PETE KEMANGI

Resep pete lagi nih.....



Bahan:
1. Ikan ekor kuning 1/2 kg.
2. Pete yang sudah dikupas 15 buah, belah dua, goreng.
3. Daun kemangi 15 batang, petikin daunnya.
4. Minyak sayur.

SAMBAL TERONG TERI NASI PETE

Lagi kangen sama pete nih :) ....sudah lammaaa sekali, setiap nanya sama tukang sayur di komplek selalu ga ada, akhirnya pas ngeliat di G***t langsung deh dibeli. Padahal pete dengan berat 125 gr harganya 30 ribuan....ck ck ck...Tapi kemarin diskon 6rb apa 9 rb yah...mmmmh lupa deh. Berhubung sudah lammmaaa pingin masak pakai pete jadi dibeli aja...yg penting kata bos (papa) ga apa-apa dibeli aja (beliau tau sih istrinya kangen masak pakai pete). Jadi inilah salah satu resep pakai pete....Makannya pakai nasi hangat mmmmmmmh nikmat...