Friday, March 12, 2010

CHIFFON CAKE KEJU


Baru pertama kali buat cake ini dan seperti biasa sudah berani2nya bikin resep sendiri, tapi alhamdulillah berhasil dan kata papa enak dan lembut. Liat deh fotonya saking da pingin liat bagian dalamnya sampe lupa foto2. Jadi begitu deh fotonya.


Ini penampakan dalamnya. Maaf yah fotonya dah malem jd rada ga jelas.



Bahan A:
1. Tepung terigu 80 gr.
2. Tepung maizena 10 gr.
3. Susu bubuk10 gr.
4. Air hangat 100 ml.
5. Minyak sayur 100 ml.
6. Kuning telur 5 butir.
7. Keju parut 70 gr.
8. Vanili bubuk 1/3 sdt.

Bahan B:
1. Gula halus 60 gr (suami nur el ga begitu suka cake yg manis katanya suka cepet eneg).
2. Putih telur 5 butir.

Taburan: keju parut 30 gr.

Cara Membuat:
1. Adonan A:
a. Campur air matang dan minyak sayur, aduk rata. Sisihkan.
b. Campur tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk, aduk rata. Lalu ayak. Lubangi tengahnya. Tuang telur di tengah, aduk searah dari arah dalam menggunakan pengocok kawat, sambil dituangi campuran minyak sayur dan air hangat. Aduk hingga menjadi adonan pasta. Masukkan keju parut, aduk rata.
2. Panaskan oven pada suhu 150 derajat celsius, lama pamanasan tergantung oven masing2.
3. Adonan B: Kocok putih telur dan gula pasir hingga kaku (kocok dulu putih telurnya hingga berbusa lalu baru masukkan sedikit demi sedikit gula pasirnya), kalo baskom kuenya dibalik adonannya tidak tumpah.
4. Campurkan adonan A kedalam adonan B, aduk perlahan dengan pengocok kawat (satu arah) hingga rata.
5. Tuang ke dalam loyang chiffon diameter bawah 20 cm yg sudah dioles minyak sayur dan dialasi loyang kue kering. Taburi dng keju parut. Panggang kurang lebih 30 menit atau hingga kue matang dan kokoh (jika ditekan permukaannya kembali membal).

Ini foto detik2 cakenya mau diangkat.


6. Keluarkan cake dr oven. Langsung balikkan loyang biarkan hingga dingin.

7. Setelah dingin, keluarkan cake dr loyang dng bantuan pisau kue (takut2 kalo ada g masih menempel dipinggiran loyang), gerakkannya jangan naik-turun. Begitu juga bagian dasarnya. Balik cake ke atas rak kawat atau langsung ke piring saji. Potong-potong menggunakan pisau gergaji.
8. Siap tuk disantap.

Mudahkan...:) Kalo kata papa dan tetangga sebelah yg kecipratan cake ini katanya sih sudah oke lembut dan yg pasti ga pake obat macem2. Malah pas nur el bilang "Besok2 mau coba kalo pake soda kue" eh tetangga nur el bilang ga usah tante itu aja udah enak. Seneng betul rasanya.