Tuesday, April 7, 2020

MARBLE CAKE (lembut dan tidak seret ditenggorokan)







Bismillah
Assalamu'alaikum
Keisengan hari ini. Alhamdulillah mikser bekerja kembali. Mikser yang berumur kurang lebih 10 tahun, dan hampir 2 tahun tidak digunakan lagi,  energi itu hilang bersama perginya kekasih rahimahullah. Semangat!







Marble Cake ala Nur El
(lembut dan tidak seret ditenggorokan)

Bahan:
1. Margarin 200 gr.
2. Butter (salted) 50 gr.
3. Gula pasir 200 gr.
4. SP 1/2 sdm.
5. Telur ayam 5 butir.
6. Tepung terigu 180 gr.
7. Tepung maizena 15 gr.
8.  Susu bubuk 27 gr (1 sachet ukuran kecil).
9.  Vanila susu L'arome 1/4 sdt.
10. Pasta Moka  secukupnya.

Cara membuat:
1. Masukkan margarin, butter, gula pasir, dan SP kedalam baskom. Kocok menggunakan mikser dengan kecepatan tinggi (mikser saya diangka 4, saya pakai miyako). Kocok hingga lembut.
2. Masukkan telur kedalam adonan satu persatu sambil dikocok menggunakan mikser. Hingga berwarna pucat.
3. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan vanila susu kedalam baskom yang berbeda aduk-aduk hingga merata, ayak (tadi saya tidak diayak karena ayakan atau saringan khusus untuk tepung masih didalam boks kontainer didalam gudang, entah boks yang mana). Sisihkan.
4. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit kedalam adonan yang sudah bercampur telur, sambil dikocok menggunakan mikser dengan kecepatan 1 (saya pakai mikser miyako jadul ).
5. Setelah tercampur merata. Ambil setengah adonan dan beri pasta moka.  Lalu tuangkan kedalam loyang yang sudah diberi olesan margarin tipis-tipis dan ditaburi tepung terigu tipis-tipis. Masukkan adonan secara bergantian antara yang sudah diberi pasta moka dengan yang tidak diberi pasta moka. Setelah tertuang semua adonan aduk sedikit menggunakan sumpit (saya selalu kebanyakan aduk ).
6. Masukkan kedalam oven dan panggang dengan suhu kurang lebih 160-170 derajat celsius selama 45-50 menit. Setelah matang angkat, keluarkan, dan taruh dirak kawat hingga uap panasnya hilang. Lalu letakkan dipiring saji. Siap disantap.

Catatan:
1. Suhu pemanggangan  dan lamanya cake matang tergantung oven masing-masing. Jadi kenali oven masing-masing.
2. Saat mau disajikan bisa ditaburi dengan gula halus, bisa juga tidak.