Wednesday, April 29, 2020

CHEESECAKE (tidak pakai gelatin dan tidak dipanggang)




Bismillah
Assalamu'alaikum

Cheesecake tidak pakai gelatin dan tidak dipanggang. Ini resep andalan saya banget kalau sedang kangen cheesecake. Anak-anak suka pakai banget, alhamdulillah.





Cheesecake ala Nur El

Bahan:
1. Regal Biskuit  Marie  220 gr (dibungkusnya ada warna emas).
2. Butter 110 gr (salted atau unsalted juga gpp tapi lebih enak kalau salted, saya pakai merk Anchor).
3. Whipping cream 1 liter (saya suka pakai merk Anchor ataupun merk Tatua).
4. Cream Cheese 500 gr (saya paling suka pakai Merk Tatua (mascarpone) tapi kalau tidak ada saya pakai merk Yummy).
5. Gula halus 150 gr.

Topping:
1. Selai strawberry (blueberry) 430 gr.
2. Air jeruk lemon atau jeruk nipis 2 sdm.
3. Air matang 2 sdm.

Cara membuat:
1.Alat pengocok (kaki mikser), spatula, baskom besar, dan baskom kecil, disimpan didalam lemari es hingga dingin. Masukkan air es dan es batu kedalam baskom yang lebih besar. Sisihkan.
2. Hancurkan biskuit hingga serpihan kecil-kecil (tapi tidak menjadi bubuk). Masukkan butter dalam suhu ruang (sudah tidak beku). Aduk dengan menggunakan tangan hingga menyatu dengan biskuit. Atau menggunakan chopper (masukkan biskuit dan butter secara bersamaan). Lalu masukkan kedalam loyang bongkar pasang yang sudah dialasi kertas roti. Tekan-tekan, padatkan hingga menutupi dasar loyang. Simpan didalam kulkas kurleb 30 menit hingga terlihat padat dan menyatu.
3. Masukkan gula halus (yang sudah disimpan dikulkas) dan whipping cream kedalam baskom. Baskomnya diletakkan didalam baskom besar yang berisi air dingin dan es batu. Kocok pakai mikser dengan kecepatan sedang, hingga rata, lembut, dan kaku. Lalu masukkan cream cheese yang sudah tidak dingin lagi. Kocok lagi hingga merata dengan menggunakan mikser. Sebentar saja.Lalu tuang kedalam loyang bongkar pasang ratakan permukaannya. Simpan didalam kulkas.
4. Masukkan selai strawberry atau blueberry, air jeruk lemon, dan air matang kedalam panci. Panaskan hingga mendidih dan mengental (tapi jangan sampai mengental sekali karena saat didiamkan akan dengan sendirinya menjadi kental).
5. Setelah selai dingin, tuang diatas cheesecake hingga merata. Lalu simpan cheesecake didalam kulkas kurleb 24 jam.
6. Siaaap disajikan.