Saturday, April 25, 2020

GABIN TAPE SINGKONG




Bismillah
Assalamu'alaikum
.

Kemarin pagi-pagi lihat besek diatas meja makan. Saat saya buka, masya Allah tape singkong. Alhamdulillah dapat rezeki dari Allah, tetangga mama memberikan oleh-oleh. Oke masuklah rencana untuk bikin Gabin Tape Singkong, camilan di hari Sabtu. Seperti biasa menggunakan resep andalan ( yah gitu-gitu aja sih sebenarnya).





Gabin Tape Singkong ini termasuk salah satu makanan yang disukai oleh ayah rahimahullah dan mama saya. Dan tertularlah ke saya sebagai anaknya , alhamdulillah anak-anak saya pun juga suka, khususnya Rafif dan Razaan. Kalau Jihan masiih sedikiit pilih-pilih makanan, meskipun sekarang jauuuh lebih banyak yang dia suka. Nanti pelan-pelan insya Allah tertular juga.





.
*Gabin Tape Singkong*
Ala Nur El
.
Bahan:
1. Tape singkong 300 gr (sudah matang dan lembek, bukan benyek, manis).
2. Gula pasir 60 gr.
3. Tepung terigu 50 gr.
4. Krekers Gula (Roma-malkist crackers) 22 keping.
5. Vanili bubuk 1/8 sdt.
6. Minyak sayur atau minyak goreng.

Cara membuat:
1. Masukkan tape singkong kedalam mangkuk, hancurkan dengan menggunakan sendok, masukkan gula pasir, vanili bubuk,  dan tepung terigu lalu aduk-aduk hingga tercampur merata.
2. Ambil 1 keping kreker, letakkan diatas kreker (yang tidak ada gulanya) kurleb 1 sendok makan munjung. Ratakan sedikit. Taruh lagi 1 lembar krekers diatas tape. Tekan sedikit. Rapihkan pinggirannya dengan menggunakan sendok. Lakukan hingga semua terbentuk sama.
3. Panaskan minyak goreng dengan api kecil, masukkan krekers yang sudah diisi adonan tape singkong (hingga bagian tape terendam). Sesekali dibalik agar kedua sisi sama matangnya. Goreng hingga berwarna kecoklatan. Angkat .




Catatan:
1. Krekersnya bisa pakai yang ada gulanya dan bisa juga yang tidak ada gula dipermukaannya. Sebenarnya enak yang tidak ada gula pasir diatasnya jadi tidak cepat berubah warna.
2. Kalau menggunakan krekers yang bergula, menggorengnya harus hati-hati, karena saya mau luarnya renyah tapi tape didalamnya juga matang.