Rabu, 31 Oktober 2012

FUSILI DAGING GILING KEJU QUICK MELT PANGGANG


Resep praktis untuk bekal Rafif kesekolah. Sausnya sudah Nur El buat jauh hari sebelumnya, memang biasanya Nur El bikin stok kalo-kalo mau membawa pasta. Resepnya bisa dilihat disini.

BROWNIES CHOCO CHIP PUTIH TELUR


Saat lebaran Idul Adha kemarin, Nur El membuat beberapa macam kue seperti brownies, risoles mayonnaise, dan pie susu. Berhubung suami Nur El masih kepingin makan pie susu atau istilah kerennya egg tart, pada hari tasyrik 1 (11 Dzulhijjah) Nur El membuat lagi dan banyak. Jadi sekaligus bagi ketetangga. Nah sisa putih telurnya kan banyak, jadi Nur El  bikin ini aja brownies panggang. Resep dasarnya dari resep brownies choco chip Nur El  (bisa dilihat disini)

Ini dia resep brownies choco chip putih telur ala Nur El. Enak banget, empuk dan tidak seperti karet.

UBI GORENG RENYAH DAN GARING



Ubi goreng renyah dan garing tanpa telur dan dengan menggunakan soda kue.

PISANG GORENG RENYAH DAN GARING


Terkadang kita ingin menyantap pisang goreng renyah dan garing ala abang-abang tukang gorengan pingir jalan tetapi dibuat oleh kita sendiri. Nah mumpung punya soda kue, Nur El kasih tahu resepnya yah. Kok harus punya soda kue? Karena yang membuat renyah dan garing adonan tepung yang menempel pada pisang goreng adalah soda kue. Sama seperti membuat ayam goreng kentucky renyah dan garing ala Nur El ituloh. Hati-hati, jangan terlalu banyak memakai soda kuenya yah, bisa-bisa bukannya renyah malah keras kayak batu he he he. Oh iya resep ini juga tanpa menggunakan telur.

NASI UDUK MAGIC JAR dan SANTAN INSTAN


Kangen sama nasi uduk, kepingin masak yang cepat dan mudah. Bisa dicoba resep dibawah ini, seperti biasa ala Nur El. Lihat difotonya, nasi uduknya hanya ditemani kripik kentang pedas atau kripik mustofa (resep kripiknya bisa dilihat disini) dan bawang goreng.

TUMIS JAMUR TIRAM


Ini masakan mudah dan cepat bagi para pencinta jamur.

CUP CAKE PANDAN BERHIAS BUTTERCREAM DAN ICING PIPING (Edible Cake)


Cup cake ini dibuat untuk bekal Rafif kesekolah. Biar dia seneng aja. Tadinya dia minta cup cake berwarna ungu tapi ternyata warna ungu yang dihasilkan dari pewarna ungunya kurang bagus. Akhirnya dibuat cup cake pandan. Berhubung masih punya icing piping berbentuk hewan, maka dihiaslah cup cakenya biar tambah lucu. Yang lebih lucu lagi karena stok buttercream instan sudah habis maka margarin blueband yang digunakan untuk membuat buttercream. Untuk icing pipingnya, Nur El beli di Tbk. Titan buatan Tigerson Philti. Itupun sudah lama, dari Rafif ulang tahun baru sekarang terpakai. Yang penting kadarluarsanya masih lama (2013). Ini dia resep cup cake pandan ala Nur El.

Rabu, 24 Oktober 2012

CUMI ASIN CABE HIJAU


Kalau sedang kepingin makan cumi asin cabe hijau yang sederhana, biasanya Nur El pakai resep yang ini. Berhubung Rafif sudah bisa makan yang pedas jadi sesekali Nur El membuat masakan yang pedas. Kangen pedas. Masakan ini cepat sekali membuatnya. Tanpa harus berlama-lama didapur.

PERKEDEL KENTANG DAN KORNET SAPI


Setelah sekian lama menulis resep, baru sadar resep perkedel kentang Nur El belum pernah ditulis. Baru sadar saat kebagiaan tugas dari sekolah Rafif untuk membuat perkedel. Yang akan disajikan saat perpisahan sekolah. Masing-masing wali murid kebagiaan membawa sesuatu yang sudah disepakati bersama. Semua akan dikumpulkan didalam kelas Rafif yang akan diletakkan diatas meja saji dan yang pasti disantap bersama-sama dengan murid, wali murid, dan wali kelas. Pada kenyataannya bukan hanya murid, wali murid, dan wali kelas saja, tetapi sekuriti,  OB, si mbak, dan masih banyak lagi juga ikut menyantap karena makanannya melimpah. Nur El tidak tahu akhir dari ceritanya karena harus segera pulang untuk mengurus E-KTP.

TUMIS PAK COY


Kalo ingin masak sayur yang cepat, buat saja sayur ini. Segar rasanya..

BLACKFOREST (untuk Sari dan Torik)


Cake ini sudah lama dibuat tetapi masih di tahun 2012. Blackforest yang sederhana, lapisan antar cakenya saya beri isian selai strawberry. Sederhana karena membuatnya mendadak tidak ada rencana sebelumnya. Jujur alasan klise karena repot. Tapi demi adik ipar yang baru melahirkan dengan penuh perjuangan dengan segala cobaan yang sedang diberikan oleh Allah S.W.T. pada saat detik-detik menuju kelahiran sibuah hati. Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya kami akan kembali. Jadi sedih lagi yah...Tapi yang penting bayinya lahir sehat dan selamat begitu juga dengan ibunya. Semoga kita bisa mendidik dan membesarkan anak-anak kita seperti orangtua kita membesarkan dan mendidik kita. Bahkan semoga kita bisa lebih baik lagi. Al-fatihah untuk almarhum ayahanda Nur El juga untuk almarhum ayahanda Sari dan almarhumah ibunda Sari.

Sponge cake coklatnya lembut, hanya menggunakan minyak sayur. Ini dia resepnya...