Tuesday, February 14, 2012

BIRTHDAY CAKE DENGAN BUTTERCREAM, COKLAT, DAN EDIBLE IMAGE RAZAAN



Setelah membuat cup cake, barulah Nur El membuat birthday cake. Nur El memakai resep dasar sponge cake yang dipakai untuk membuat cup cake. Kenapa? Karena rasa dan teksturnya sudah oke. Dan tidak perlu mencairkan margarin. He he he ketahuan malasnya yah.

Ini dia resep sponge cake coklat ala Nur El dengan menggunakan 4 telur dan minyak sayur saja.






Bahan:
1. Tepung terigu 85 gr.
2. Coklat bubuk 35 gr.
3. Susu bubuk 15 gr.
4. Tepung maizena 15 gr.
5. Perisa vanila susu 1/4 sdt.
6. Telur 4 butir.
7. Gula pasir 160 gr.
8. Minyak sayur 160 gr.

Sirup gula (bikin 2 kali resep):
1. Gula pasir 100 gr.
2. Air 100 ml.

Bahan buttercream:
1. Buttercream instan 400 gr.
2. Susu kental manis 200 gr.
3. Perisa vanila susu (berbentuk bubuk) 1/2 sdt (bisa diabaikan).
4. Pewarna hijau.

Hiasan:
1. Edible image: 1 gambar ukuran 18 cm.
2. Coklat berwarna hijau (Mercolade Leaf Melon) kurleb 70 gr (diserut menggunakan alat seperti disini).
3. Coklat berwarna kuning (Mercolade Lemon Fresh) kurleb 70 gr (diserut juga)

Isian cake:
1. Selai strawberry 125 gr.
2. Air 50 ml (tergantung kekentalan selai yang digunakan).

Olesan loyang: margarin dan tepung terigu secukupnya.

Cara membuat:
A. Cake
1. Ayak tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, dan coklat bubuk. Sisihkan.
2. Olesi seluruh bagian dalam loyang dengan margarin (tipis-tipis), lalu tarburi dengan tepung terigu (tipis-tipis).Sisihkan.
4. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius, kurleb 15 menit (tergantung oven masing-masing).
5. Kocok telur, gula pasir, dan perisa vanila susu dengan menggunakan mikser pada kecepatan tinggi sampai  adonan mengembang, putih, dan kental (apabila diambil pake spatula akan berbentuk kerucut dan kaku atau tidak menetes).
6. Turunkan ke kecepatan terendah. Masukkan campuran tepung dengan cara bertahap kedalam kocokan yg sudah mengental.
7. Tuang minyak sayur sambil terus diaduk dengan menggunakan mikser pada kecepatan terendah (jangan lama-lama). Lalu matikan mikser. Lakukan aduk balik adonan dengan menggunakan spatula hingga tercampur merata.
8. Masukkan kedalam loyang berdiameter 22 dan tinggi 7 cm. Kemudian masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 30 menit atau hingga matang.
9. Setelah matang keluarkan dari oven diamkan kurleb 5 menit didalam loyang, lalu keluarkan dari loyang. letakkan di rak kawat. Diamkan hingga cake dingin dan siap untuk dihias.


Catatan:
1. Mikser yg Nur El pakai mikser miyako yg standing jadi agar adonan didasar baskom ikut ke aduk, sesekali aduk kebalikan putaran baskomnya dengan menggunakan spatula.
2. Lama mengocok adonan hingga kental kurang lebih 15-20 menit.
3. Nur El membuat 2 kali resep jadi cakenya tinggi.

B. Buttercream
Masukkan semua bahan kedalam baskom lalu kocok dengan menggunakan mikser dengan kecepatan sedang, sebentar saja hingga adonan terasa berat dan berjejak.

C. Cara menempelkan edible image pada cake 
1. Gunting edible image sesuai bentuknya.



2. Buka atau copot kertas mikanya pelan-pelan. Lalu letakkan edible image pada tempat yang kering dan mudah diambil (ambil kertas mika yang masih utuh lalu letakkan terbalik).


3. Ambil air panas taruh didalam mangkuk, masukkan mangkuk lain (terbuat dari alumunium) yang sudah berisi coklat yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk coklat hingga licin (melumer secara sempurna).



4. Ambil edible image yang sudah tidak ada mikanya, oleskan coklat yang sudah dilelehkan. Letakkan ditempat yang kering dengan bagian yang diberi olesan coklat berada diatas. Diamkan hingga kering. Siap digunakan untuk ditempelkan ke cup cake yang dihias buttercream.



D. Cara membuat sirup gula
Masukkan gula pasir dan air kedalam panci, aduk-aduk. Nyalakan kompor, masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk. Angkat dan dinginkan. Siap untuk dipakai.


E. Cara membuat selai strawberry
Agar selai tidak terlalu padat maka sebaiknya selai dicairkan dengan cara memasukkan selai dan air dalam panci. Masak hingga mendidih dan agak mengental. Angkat dan dinginkan. Siap untuk dipakai.


F. Penyelesaian
1. Ratakan permukaan cake dengan pisau kue sampai rata dan potong bagian pinggirannya.
2. Oles cake dengan sirup gula dengan menggunakan kuas. Hingga cake benar-benar basah kedua sisinya. Letakkan di rak kawat. Lakukan hal yang sama untuk cake yang satunya lagi.
3. Setelah sirup meresap, ambil satu cake letakkan ditatakan cake.
4. Masukkan buttercream kedalam plastik segitiga, ikat agar tidak keluar isinya. Lalu gunting bagian ujung yang tidak ada ikatan.

5. Semprotkan keatas cake pertama mengikuti bentuk dasar cake (lingkaran), beri selai strawberry didalamnya


6. Letakkan cake yang kedua diatasnya, tekan sedikit agar menyatu. Lalu semprotkan buttercream keseluruh bagian cake. Kemudian ratakan.
7. Ambil edible image dan letakkan dibagian atas cake yang sudah dilapisi  buttercream. Rapikan agar edible image menempel sempurna.
8. Hias bagian pinggir cake dengan coklat yang sudah diserut.
9. Ambil sisa buttercream dan beri pewarna hijau. Masukkan kedalam plastik segitiga lalu ikat agar tidak keluar isinya. Gunting bagian ujung plastik yang runcing. Sisihkan.
10. Ambil 1 plastik segitiga lagi gunting ujungnya dan masukkan spuit bintang. Masukkan juga plastik segitiga yang sudah berisi buttercream warna hijau. Semprotkan dipingiran-pinggiran cake agar cake kelihatan lebih cantik. Siap untuk disajikan. Perlu diingat cake yang memakai edible image jangan diletakkan didalam kulkas agar edible imagenya tidak rusak.