Kamis, 01 Juli 2010

BLACKFOREST WITH WHIPPING CREAM

Biasanya blackforest diberi isi cherry hitam, tapi berhubung ga ada cherrynya dan dulu waktu Nur El buat pake cherry hitam pada mesen pake selai strawberry aja, abis pada kurang suka cherrynya (apa karena cherrynya kalengan yah. Padahal Nur El beli yg harganya mahal menurut Nur El loh. Kapan-kapan coba pakai cherry yg segar dan dilapisi selai strawberry juga), maka dibuatlah isiannya dng selai strawberry. Dan pake sirup buatan sendiri karena ga suka sirup dari cherry hitam kalengan. Ini buatnya dadakan, abis sudah tergiur sama resep2 bu fat dimilis yg cakenya diberi isian selai strawberry. Tapi Nur  El kok malah buat blackforest yah? Abisnya lagi pingiiiiiiiin, yg pentingkan sama2 pakai selai strawberry.....(maksa banget deh...:)).

Kalau temen2 dimilis sudah pada gape banget bikin cake ini. Kalo Nur El ini yg kedua kalinya. Abis Nur El buat cake cuma untuk keluarga aja.

Blackforestnya untuk guru yang ngajarin nyetir (papa-suamiku tercinta, mudah2an sabar ya ngajarin mama yg grogian). Seneeeeng banget papa suka cakenya. Abis makan malam langsung cakenya disantap, pagi2 sebelum berangkat ngajar Nur El, makan lagi. Sennnnnneeeeeeng banget memuaskan perut misua (suami) dan anak2.




Resepnya sama seperti blackforest sebelumnya. Masih pake loyang 22x22x7. Ini dia resepnya Nur El, seadanya yah...:)


Bahan sponge cake coklat:
1. Tepung terigu 50 gr.
2. Tepung maizena 15 gr.
3. Susu bubuk 15 gr.
4. Coklat bubuk 25 gr.
5. Gula pasir 100 gr.
7. Margarin 80 gr.
8. Vanili bubuk 1/3 sdt.
9. Telur ayam 6 butir.

Isian:
1. Selai strawberry secukupnya.
2. Whipping cream, bahan:
2.1. Anchor whipping cream 500 ml.
2.2. Gula halus 100 gr.
2.3. Air es dan es batu secukupnya (utk mengocok).

Sirup:
1. Gula pasir 100 gr.
2. Air 100 ml.

Bahan hiasan DCC (coklat masak pekat) diserut secukupnya.

Cara menyerut coklat batangan ala Nur El:

1. Ini alat dan bahannya. Coklatnya dalam kondisi suhu normal yah, jangan disimpan dikulkas dulu. Pengalaman Nur El kalo coklat yang baru keluar dari dalam kulkas apabila diserut akan hancur.














2. Belah menjadi 2 bagian (selebar pisau serut).












3. Posisi alat dan coklat membentuk sudut tegak lurus (90 derajat). Coklatnya dipegang ditangan kiri, alatnya ditangan kanan.Karena ngambil fotonya sendirian, jadi fotonya hanya menunjukkan 90 derajat  aja. Dan hasilnya tarraaa....hasilnya masih kurang rapi karena ini hari pertama nyerut coklat pake alat ini (padahal alatnya sudah lama dibeli). Liat aja gambar 1. alat dan bahan untuk meyerut coklat, coklatnya uda grompel dipinggirnya krn dicoba2. Kalo mau hasil serut yg lebih kecil, maka coklatnya dipotong selebar yg kita inginkan dan bisa juga serutnya dari bagian pinggiran coklat batangan yg tidak dipotong2.


4. Masukkan ke wadah tertutup rapat dan simpan di lemari es.














Olesan loyang: margarin dan kertas roti secukupnya.














Cara mengocok whipping cream: Alat pengocok, baskom besar, dan baskom kecil, disimpan dilemari es hingga dingin. Masukkan air es dan es batu kedalam baskom besar. Letakkan baskom kecil kedalam baskom besar. Masukkan whipping cream kocok hingga mengembang, dng mikser kec. sedang. Masukkan gula halus. Kocok pakai mikser dng kecepatan sedang, hingga rata, lembut, dan kaku. Kalau blm mau dipakai harus dimasukkan kedlm kulkas.

Cara membuat simpel sirup: Masak gula dan air dng api kecil hingga larut dan mendidih. Angkat dari atas api, diamkan hingga dingin.

Cara membuat blackforest:
1. Ayak tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, dan coklat bubuk. Sisihkan.
2. Olesi seluruh bagian dalam loyang dng mentega lalu beri kertas roti pada bagian dasarnya, yg licin posisinya diatas (Nur El pake kertas roti yg warnanya putih, kalo ga salah harganya satu bundelan tiga ribuan, jadi ga perlu dioles margarin lagi diatas kertas rotinya yg licin).Sisihkan.
4. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius.
5. Kocok telur, gula pasir, dan vanili bubuk, dng kecepatan tinggi (miyako-4), hingga adonan mengembang, putih, dan kental (kalo diambil pake spatula akan berbentuk krucut dan kaku atau tdk netes).
6. Turunkan ke kecepatan terendah (miyako-1). Masukkan campuran tepung dng cara bertahap kedalam kocokan yg sudah mengental.
7. Tuang margarin cair sambil terus diaduk dng kecepatan terendah, jangan lama2.
8. Masukkan kedalam loyang diameter 22 cm dan tinggi 7 cm. Kemudian masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 30 menit atau hingga matang.
9. Setelah matang keluarkan dr oven diamkan kurleb 5 menit didalam loyang, lalu keluarkan dr loyang. letakkan di rak kawat. Diamkan hingga cake dingin dan siap tuk dihias.
10.Penyelesaian: Ratakan permukaan cake dng pisau kue sampai rata. Belah cake menjadi 2 bagian. Letakkan cake diatas  tatakan cake. Oles satu bagian cake dng sirup, dng menggunakan kuas hingga cake benar2 basah. lalu oles dng whipping cream yg sudah dikocok. Oleskan diatasnya selai strawberry. Tumpuk dng belahan cake yg lain. Tekan sedikit agar menyatu. Olesi seluruh permukaan cake dng sirup hingga basah. Beri olesan whipping cream yg sudah dikocok pada seluruh permukaan cake hingga seluruhnya terlapisi. Beri hiasan coklat serut. Siap tuk disantap atau kalo mau lebih enak lagi masukkan dulu kedalam lemari es (kulkas).





Catatan:
Mikser yg Nur El pakai mikser miyako yg standing jd biar yg didasar baskom ikut ke aduk sesekali aduk kebalikan putaran baskomnya dng spatula.