Monday, February 13, 2012

RISOLES ISI DAGING ASAP, KEJU CHEDDAR, DAN MAYONNAISE


Risoles daging asap, keju, dan mayonNaise, ditambah saos tomat dan saos sambal didalamnya membuat risoles ini enak sekali untuk disantap. Kulit dadarnya yang lembut dan tidak eneg. Dan dibalut dengan tepung roti kasar yang menjadikan risoles ini tambah nikmat menggoyang lidah. Sekali makan tidak cukup. Ini juga termasuk barang dagangan Nur El. Oh iya, fotonya masih pakai foto risoles yang memakai kulit lumpia (resepnya disini). Karena risoles daging asap, keju, dan mayonnaise untuk resep yang ini setiap habis dimasak sudah siap disantap hangat-hangat, sampai Nur El selalu lupa mengabadikannya.
Bahan kulit:

1. Tepung terigu 100 gr.
2. Tepung maizena 20 gr.
3. Telur ayam 1 butir.
4. Garam 1/2 sdm peres.
5. Minyak sayur 1 sdm.
6. Air 300 ml.

Bahan isian:
1. Daging asap 33 gr.
2. Mayonnaise 120 gr.
3. Keju cheddar 20 gr, diiris tipis-ipis.
4. Saus tomat 15 gr.
5. Saus sambal 12 gr.

Bahan pencelup:
1. Telur ayam 1 butir, kocok lepas.
2. Tepung roti kasar 100 gr.

Cara membuat:

A. Kulit:
1. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, dan garam menjadi satu. Aduk-aduk.
2. Tambahkan telur, aduk hingga merata menggunakan balloon whisk (pengaduk kawat yang berbentuk balon) sambil dituangkan air sedikit demi sedikit, lalu masukkan minyak sayur. Aduk adonan hingga licin.
3. Diamkan selama kurleb 30 menit agar telur, tepung, dan bahan cair saling mengikat.
4. Aduk lagi adonan. Panaskan wajan anti lengket dan diolesi minyak sayur terlebih dahulu. Tuangkan 1 sendok sayur kedalam wajan anti lengket sambil diputar. Masak sampai adonan kulit lepas saat wajan digerakkan, angkat. Lakukan sampai adonan habis dan untuk pembuat dadar selanjutnya wajan tidak perlu diolesi kembali dengan minyak sayur. Buat kulit setipis mungkin dan adonan harus diaduk dulu setiap kali akan dituangkan ke wajan. Untuk lebih lengkap bisa dilihat disini.

B. Penyelesaian:

1. Ambil 1 lembar kulit dadar, isi dengan daging asap, keju, mayonnaise, saos sambal,dan saus tomat. Lalu lipat seperti amplop. Rekatkan ujungnya dengan kocokan telur. Lakukan hingga adonan habis.
2. Letakkan kocokan telur didalam piring ceper, dan tepung roti diatas piring ceper yg lain.
3. Ambil 1 adonan yg sudah dibentuk, celupkan ke kocokan telur, gulingkan ke tepung panir. Lakukan hingga semua terbungkus tepung panir. Simpan dalam tempat kue dan tutup. Masukkan kedalam lemari es dibagian freezernya kurang lebih 1 jam. Keluarkan diamkan hingga suhu normal.
4. Panaskan minyak sayur, masukkan risoles yg sudah sesuai suhu ruang. Masak hingga kuning keemasan.
5. Siap disantap.