Selasa, 28 Februari 2012

GULAI SAYUR PEPAYA


Gulai sayur pepaya ini biasanya disajikan saat keluarga besar Nur El merayakan hari raya Idul Fitri ataupun Idul Adha. Disajikan bersama lontong ataupun ketupat. Sayur ini berisi buah pepaya muda, teri medan, dan pete, kuahnya diberi santan agar gurih. Kali ini Nur El sajikan resep Gulai Sayur Pepaya ala Nur El.

Bahan:
1. Buah Pepaya muda 1/2 buah dari ukuran sedang.
2. Teri medan 60 gr.
3. Pete 1 papan.
4. Santan instan kental 200 ml.
5. Air 1000 ml.
6. Minyak sayur secukupnya.

Bumbu:
1. Cabe merah 5 buah.
2. Bawang merah 5 siung.
3. Bawang putih 2 siung.
4. Kunyit 2 ruas jaru telunjuk.
5. Jahe 1 ruas jari telunjuk.
6. Lengkuas 1 ruas ibu jari tangan, potong-potong atau geprek.
7. Daun salam 1 lembar.
8. Sereh 1 batang, geprek.
9. Garam 1/2 sdm.
10. Gula pasir 1/2 sdm.

Cara membuat:
1. Kupas buah pepaya, kupas bagian tempat biji menempel, dan buang bijinya. Potong-potong  memanjang dengan ketebalan seperkurleb 3 cm..
2. Cuci bersih teri medan, tiriskan. Sisihkan. Kupas pete, belah dua. Cuci bersih, tiriskan, sisihkan.
3. Haluskan garam, cabe merah, jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih secara bertahap sampai halus.  Sisihkan.
4. Panaskan minyak sayur didalam wajan, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk-aduk. Setelah harum masukkan lengkuas, sereh, dan daun salam. Aduk-aduk dan masak hingga harum. Masukkan santan instan kental yang sudah dicampur dengan air. Aduk-aduk masak hingga mendidih. Masukkan teri medan, pete, lalu pepaya muda. Tambahkan garam apabila kurang, masukkan gula pasir. Masak hingga pepaya empuk dan matang. Angkat dan siap untuk disantap.

Catatan: untuk membuat pepaya muda menjadi cepat empuk saat dimasak maka setelah dipotong-potong, dicuci. lalu diberi garam sedikit, diamkan hingga lemas, lalu peras-peras sedikit. Kemuadian cuci bersih agar hilang garamnya. Ini juga dapat mghilangkan getah dari pepaya muda.