Friday, March 20, 2015

PROL TAPE KEJU



Resep Prol Tape Keju yang terinspirasi dari resep Prol Kentang mba Mirna Recy diinstagram @omah_ijo. Kalo buat saya dan suami yang penggemar tape singkong, prol tape ini enak sekali. Manisnya pas dan terasa sekali tape singkongnya. Enaak. Kenapa saya merubah resep mba mirna? Kenapa tidak memakai resep prol tape singkong yang sudah banyak beredar diinternet? Karena saat saya membaca resep prol kentang, terutama melihat takaran kentangnya yang banyak. Saya langsung tergiur dan membayangkan apabila si kentang ini dirubah menjadi tape singkong. Dan ternyata enak sekali.

Jangan kaget apabila saat baru matang prol ini terasa lembek. Solusinya cuma, diamkan hingga uap panas hilang lalu simpan dikulkas. Setelah diinapkan semalaman dikulkas rasanya semakin enak banget. Nah ini dia resepnya.


Bahan :
1. 568 tape singkong (seada-adanya jumlah tape yang saya punya 😄). Aslinya mba myrna 600 gr kentang. Nah kalo bisa tape singkongnya juga 600 gr ya.
2. 3 butir telur.
3.160 gr gula pasir.
4. 100 gr margarin, lelehkan.
5. 80 gr tepung terigu.
6. 200 ml susu UHT plain.
7. 1/4 sdt vanili bubuk.
8. 50 gr keju cheddar, diparut.
Taburan: 50 gr keju cheddar parut.

Cara membuat:
1. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius selama 15 menit.
2. Haluskan tape singkong dan buang serat tengahnya. Sisihkan.
3. Masukkan gula pasir, vanili bubuk, telur ayam. Kocok menggunakan mikser kecepatan tinggi hingga mengembang tapi tidak sampai jambul petruk.
4. Turunkan kecepatan mikser menjadi kecepatan terendah. Masukkan tepung terigu, keju cheddar parut, tape singkong yang sudah dihaluskan, lalu masukkan susu uht dan margarin yang sudah dilelehkan. Aduk terus hingga merata sambil sesekali dibantu dengan spatula untuk menyatukan adonan yang menempel dibaskom.
5. Tuang kedalam loyang yang sudah diberi olesan margarin lalu dilapisi kertas roti (saya pakai alumunium foil). Ratakan lalu taburi keju parut diatasnya.
6. Masukkan kedalam oven dan panggang dengan suhu 175 derajat celsius selama 45 menit. Setelah matang keluarkan dari oven, biarkan uap panasnya hilang lalu masukkan kedalam kulkas. Setelah dingin siap disantap.