Tuesday, October 19, 2010

SPONGE CAKE PANDAN BERTABUR BUNGA DAN KEJU


Cake ini dibuat  beberapa hari yang lalu khusus untuk mama dan ayah (nenek dan ompungnya Rafif dan Razaan) yang sangat Nur El cintai, dalam rangka syukuran atas keberangkatan haji mereka. Semoga mama dan ayah selalu diberikan kekuatan dan kemudahan dari Allah S.W.T. dalam menjalani ibadah haji mereka di tanah suci, selalu diberikan kesehatan, selalu mendapatkan petunjuk dan perlindungan dari Allah S.W.T., dan  dapat pulang dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur. Sebenarnya ayah sudah pernah pergi haji tapi kali ini ayah pergi mendampingi mama. Semoga Nur El dan mas tercinta bisa awet seperti mereka dan menjalankan rukun islam yang kelima juga.

Karena Nur El lagi super sibuk sama anak-anak tercinta jadi Nur El buat sponge cake pandan aja dan dihias seadanya (tema hiasan cakenya dadakan nih...harus lebih banyak belajar lagiiiii). Rasanya seneng banget saat keluarga besar Nur El bilang cakenya enak dan cakep seperti beli di toko....Alhamdulillah semua puas, cuma kemarin ada yang kurang deh...kurang banyak buatnya he he he.




Resep simpel sirup:
1. Gula pasir 100 gr.
2. Air 100 ml.

Cara membuat simpel sirup: Masak gula dan air dng api kecil hingga larut dan mendidih. Angkat dari atas api, diamkan hingga dingin.

Cara mencairkan margarin:
Masukkan margarin kedalam panci atau wadah lainnya. Letakkan diatas kompor, nyalakan api. Aduk sesekali. Matikan kompor, aduk sisa margarin yg blm mencair hingga semua ikut mencair. Jadi mencairkan margarinnya jangan sampai berubah warnanya (jng smp warna kayak minyak).


Bahan sponge cake:
1. Tepung terigu 120 gr.
2. Tepung maizena 10 gr.
3. Susu bubuk 10 gr.
4. Gula pasir 100 gr.
6. Margarin 100 gr.
7. Vanili bubuk 1/2 sdt.
8. Telur ayam utuh 6 butir.
9. Kuning telur dari 4 butir telur ayam.
10. Pasta pandan 1 sdt.

Isian: Selai strawberry 150 gr.

Hiasan cake:
1. Keju cheddar parut 80 gr.
2. Buttercream instan 300 gr.
3. Susu kental manis 200 gr.
4. Pewarna merah, kuning, dan hijau secukupnya.



Loyang: 2 buah loyang ukuran diameter 22 cm dan tinggi 7 cm.
Olesan loyang: margarin dan kertas roti secukupnya.


Cara membuat sponge cake 1/2 resep:
1. Ayak tepung terigu, susu bubuk, dan tepung maizena. Sisihkan.
2. Olesi seluruh bagian dalam loyang dng margarin lalu beri lapisan kertas roti, olesi dengan margarin. Sisihkan.
4. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius.
5. Kocok telur, gula pasir, dan vanili bubuk, dng kecepatan tinggi, hingga adonan mengembang, putih, dan kental (kalo diambil pake spatula akan berbentuk krucut dan kaku atau tdk netes).
6. Turunkan ke kecepatan terendah (miyako-1). Masukkan campuran tepung dng cara bertahap kedalam kocokan yg sudah mengental, jangan lama-lama.
7. Tuang margarin cair dan pasta pandan sambil terus diaduk dng kecepatan terendah, jangan lama-lama.
8. Masukkan kedalam loyang diameter 22 cm dan tinggi 7 cm. Kemudian masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 15-20 menit atau hingga matang, matikan api bawah, nyalakan api atas dan panggang selama 2-3 menit (hingga sedikit kecoklatan, fungsinya biar ga nempel saat dibalik ke rak kawat).
9. Setelah matang keluarkan dr oven diamkan kurleb 5 menit didalam loyang, lalu keluarkan dr loyang. letakkan di rak kawat. Diamkan hingga cake dingin dan siap tuk dihias.





Catatan:
1. Mikser yg Nur El pakai mikser miyako yg standing jd biar yg di dasar baskom ikut ke aduk sesekali aduk kebalikan putaran baskomnya dng spatula.
2. Setelah masuk margarin, miksernya harus cepat-cepat dimatikan untuk menghindari hasil cake yang bantet setelah dipanggang. Setelah mikser dimatikan, apabila ternyata masih ada yang belum tercampur sempurna, lakukan aduk balik seperti melipat, tapi jangan lama-lama. Hasil adonannya pada saat dituang ke loyang akan terlihat berjejak. Contoh hasilnya bisa dilihat disini yah.
3. Tadi buatnya 1/2 resep, 2 kali.


Menghias cake dengan buttercream:
Letakkan cake diatas tatakan cake. Oles salah satu cake dng sirup gula, hingga merata. Oleskan selai strawberry, tumpuk dengan cake yang lain (sudah diperciki sirup simpel sirup).  Lalu oles dng sebagian buttercream. Sisa buttercream diberi warna merah, hijau, dan kuning. Buat hiasan sesuai keinginan dengan menggunakan spuit dan beri taburan keju cheddar parut diatasnya. Setelah selesai, masukkan kedalam lemari es (kulkas). Setelah dingin siap untuk disantap.

Cara membuat buttercream:
Masukkan buttercream instan dan susu kental manis dalam baskom. Kocok semua bahan hingga lembut dan mengembang. Siap untuk dipakai. Buttercream ini enak dan kokoh.