Wednesday, July 14, 2010

BOLU GULUNG KRIM KEJU


Buat ini karena beberapa hari yang lalu Nur El buat bolu gulung pandan srikaya, papa minta dibuatin yang rasa keju. Jadilah ini....

Nur El taruh di tupperware untuk nyimpen roti tawar, biar kalo disimpen di kulkas bisa ditutup rapat biar terjaga kelezatannya..:)

Oh iya kata Rafif dan mbak (pbt) uenak banget....:) Setelah papa merasakan bolu gulung ini kata beliau, "Enak ma. Gimana ga makin cinta, abis dimasakin dan dibuatin kue yang enak2." Bisssssaaaaaaa aja ndut kalo muji, pokoknya belajar teruuuuus




Bahan:
1. Telur ayam 4 butir.
2. Tepung terigu 50 gr.
3. Tepung maizena 10 gr.
4. Margarin 50 gr, cairkan.
6. Vanili bubuk 1/4 sdt.
7. Gula pasir 40 gr.


Olesan didalam dan diluar bolu gulung:
1. Keju cheddar parut 90 gr.
2. Cheese whipping cream, bahan:
a. Anchor whipping cream 250 ml.
b. Cream cheese anchor 250 gr.
c. Gula bubuk 50 gr.
4. Air es dan es batu secukupnya (utk mengocok).



Lapisan loyang: oles bagian dalam loyang dng margarin secukupnya, lalu lapisi dengan kertas roti secukupnya(Nur El pake kertas roti yang warna putih dan ada bagiannya yang licin harganya satu bundelan tiga ribu rupiah. Kata penjaga toko bahan kue tempat beli kertas roti ini, bagian licin ditaruh dibagian atas dan tidak perlu dioles margarin).



Cara membuat cheese whipping cream:
1. Keluarkan cream cheese dari dalam lemari es, diamkan hingga suhu normal.
2. Kocok cream cheese dengan menggunakan mikser kec. sedang hingga lembut, tambahkan gula halus. Kocok hingga gula halus larut. Sisihkan.
3. Simpan semua alat untuk mengocok whipping cream(alat pengocok, baskom besar, dan baskom kecil) kedalam lemari es. Sediakan satu baskom besar dan satu baskom kecil. Baskom besar diisi air es dan es batu, lalu letakkan baskom kecil diatas baskom tersebut. Masukkan campuran cream cheese dan gula halus yg sudah dikocok, masukkan whipping cream sambil terus dikocok dengan menggunakan mikser kec. sedang, hingga rata dan lembut.

Cara membuat bolu gulung krim keju:
1. Campur tepung terigu dan tepung maizena. Sisihkan.
2. Panaskan oven pada suhu 190 derajat celsius.
3. Kocok telur, gula pasir, dan vanili bubuk, dng kecepatan tinggi, hingga adonan mengembang, putih, dan kental (kalo diambil pake spatula akan berbentuk krucut dan kaku atau tdk netes). Turunkan ke kec. rendah.


4. Masukkan campuran tepung secara bertahap sambil terus dikocok dng mikser.
5. Tuang margarin cair, sambil diaduk dng mikser (sebentar saja).


6. Masukkan kedalam loyang ukuran 35x25x4 cm. Ratakan, pukul loyang berisi adonan diatas meja (pelan2 ya). Kemudian masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 10 - 15 menit atau hingga matang. Matikan api bawah, nyalakan api atas. Panggang hingga permukaannya kering (tapi jangan sampai terlalu kering nanti bisa pecah permukaannya saat digulung).


7. Setelah matang, balikkan loyang diatas kertas roti (kertas roti bagian yg licin yah) atau serbet bersih. Lepaskan kertas roti yg menempel pada cake (kertas roti yg dipakai saat memanggang). Gulung cake selagi masih panas. Menggulungnya dengan bantuan kertas roti atau serbet yg menjadi alas cake. Diamkan hingga dingin.


8. Buka kertas roti yg menutupi cake, olesi dengan krim keju, taburi dengan keju parut (sisakan kurleb1/2-1 cm krim yang tidak ditaburi keju), gulung cake. Olesi permukaan cake dengan krim keju, taburi dengan parutan keju. Simpan dilemari es.
9. Keluarkan cake dari lemari es, potong-potong siap untuk disajikan.

Catatan:
1. Mengaduk campuran terigu dan mengaduk mentega cair pada saat dituang keadonan telur bisa juga tidak menggunakan mikser. Bisa dengan menggunakan pengaduk/pengocok kawat.
2. Bolu gulung ini harus disimpan di lemari es.