Monday, July 12, 2010

BOLU GULUNG PANDAN SELAI SRIKAYA


Padahal hari ini ga punya niat bikin cake karena kemarin baru pulang dari puncak (arisan keluarga besar). Rafif lagi radang tenggorokan mungkin karena ikutan berenang di puncak. Dan Razaan sudah agak-agak tertular sama Rafif.

Tapi disaat anak-anak tidur siang, Nur El gatel pingin belajar bikin bolu gulung. Dan akhirnya jadi deh buat BOLU GULUNG PANDAN SELAI SRIKAYA. Dengan resep takaran ala Nur El (resep dadakan...ilmu kira-kira ha ha ha) jadi deh bolu gulung yang lembut dan cantik tapi ga ada kulit luarnya he he he.....Ga apa-apa, besok-besok dicoba lagi.....yang penting teteup uenak disantap....:)



Bahan:
1. Telur ayam 4 butir.
2. Tepung terigu 40 gr.
3. Tepung maizena 10 gr.
4. Susu bubuk 10 gr.
5. Margarin 40 gr, cairkan.
6. Vanili bubuk 1/4 sdt.
7. Gula pasir 40 gr.
8. Pasta pandan 1/4 sdt.
9. Selai srikaya 170 gr.

Lapisan loyang: oles bagian dalam loyang dng margarin secukupnya, lalu lapisi dengan kertas roti secukupnya(Nur El pake kertas roti yang warna putih dan ada bagiannya yang licin harganya satu bundelan tiga ribu rupiah. Kata penjaga toko bahan kue tempat beli kertas roti ini, bagian licin ditaruh dibagian atas dan tidak perlu dioles margarin).





Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, susu bubuk, dan tepung maizena. Sisihkan.
2. Panaskan oven pada suhu 190 derajat celsius.
3. Kocok telur, gula pasir, dan vanili bubuk, dng kecepatan tinggi, hingga adonan mengembang, putih, dan kental (kalo diambil pake spatula akan berbentuk krucut dan kaku atau tdk netes). Turunkan ke kec. rendah.
4. Masukkan campuran tepung secara bertahap sambil terus dikocok dng mikser.
5. Tuang margarin cair, lalu pasta pandan sambil diaduk dng mikser (sebentar saja).
6. Masukkan kedalam loyang ukuran 35x25x4 cm. Kemudian masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 10 - 15 menit atau hingga matang.



7. Setelah matang, balikkan loyang diatas kertas roti (kertas roti bagian yg licin yah). Lepaskan kertas roti yg menempel pada cake (kertas roti yg dipakai saat memanggang). Gulung cake selagi masih panas. Menggulungnya dengan bantuan kertas roti yg menjadi alas cake. Diamkan hingga dingin. Olesi permukaan cake dengan selai srikaya. Gulung lagi sambil dipadatkan.
8. Buka kertas roti yg menutupi cake, potong-potong siap untuk disajikan.

Catatan:
1. Untuk mengaduk tepung terigu, pasta pandan, dan margarin cair bisa juga tanpa menggunakan mikser. Misalnya dengan menggunakan pengaduk kawat.
2. Sebelum menuangkan adonan ke loyang pastikan kertas roti bagian yang licin berada diatas dan bagian yang tidak licin menempel di loyang. Agar setelah cake matang kulit cake tidak menempel pada kertas roti (tadi Nur El baru nyadar berbuat salah setelah adonan dituang kedalam loyang..hiks tapi ga pa pa maju teruuuuus).
3. Setelah memanggang 10 - 15 menit dng suhu 190 derajat celsius, matikan api bawah dan nyalakan api atas. Panggang tapi jangan sampai terlalu kering, hal ini dilakukan agar pada saat dibalik tidak menempel pada kertas roti sehingga bolu gulungnya bisa punya kulit coklat....he he he (tadi tahap ini kelewat sama Nur El karena Razaan sudah bangun. Berhubung bagian atas cake menempel akhirnya cakenya Nur El balik, bagian bawah cake menjadi bagian luar bolu gulung, krn masih lebih cantik penampakannya). Kalo kejadian seperti ini bisa diakali dengan mengoleskan butter cream, whipping cream yang sudah dikocok lalu ditaburi keju ....:)

Selamat mencoba dan semoga berhasil yah...:)