Saturday, April 2, 2011

STRAWBERRY CREAM PIE


Strawberry cream pie ala Nur El. Ceritanya kepingin menghabiskan stok strawberry yang ada di kulkas dan anchor uht whipping cream. Kalo kata suami dibuat jus aja, tapi kok ini tangan gatel banget kepingin membuat sesuatu yang beda. Akhirnya jatuh pilihan untuk membuat pie. Resep membuat pie banyak sekali diinternet dan dibuku-buku masakan. Pasti bingung yang mana yang akan menghasilkan kulit pie yang tidak melempem dan tidak keras. Nur El kepingin bikin yang renyah tidak seperti kue pie yang beberapa kali Nur El makan, kulit pienya melempem. Berbekal pengalaman bikin kue kering dan keberanian untuk membuat takaran dengan mengikuti kata hati, akhirnya jadilah resep ini. Kata suami kulit pienya sudah enak, gurih dan tidak melempem. Jadi inilah resep andalan Nur El kalau membuat pie. Tetapi apabila ingin membuat yang lebih renyah seperti kue kering dan berlapis-lapis bisa dilihat resep kulit pie renyah dan berlapis disini.
Nah tinggal membuat isiannya. Tadinya buahnya mau disusun aja diatas kulit pie lalu disirami dengan agar-agar, kebayangnya isiannya seperti puding buah. Tapi setelah dipikir-pikir, Rafif sama Razaan mau makan ga ya....Berbekal pernah membuat es krim akhirnya Nur El putuskan membuat isiannya strawberry cream. Sudah kebayang renyahnya kulit pie menyatu dengan krim yang lembut, asem-asem segar.....mmmmmmh pasti Rafif dan Razaan doyan. Dan alhamdulillah ternyata bukan hanya Rafif dan Razaan yang suka tapi papanya juga suka banget. Ini dia resep Strawberry Cream Pie ala Nur El.


Bahan kulit pie:
1. Tepung terigu 150 gr.
2. Margarin 75 gr (dingin, 1/2 beku).
3. Kuning telur dari 1 butir telur ayam.
4. Air es 50 ml.
5. Garam 1/4 sdt.

Bahan isian:
1. Strawberry 73 gr, simpan dilemari es sampai dengan saat akan digunakan.
2. Anchor UHT whipping cream 150 ml, simpan dilemari es sampai saat akan digunakan.
3. Gula halus 55 gr.
4. Strawberry 82 gr, potong dadu, simpan dilemari es sampai saat akan digunakan.
5. Air es dan es batu secukupnya untuk mengocok.

Hiasan: strawberry 1 buah belah menjadi 3 bagian.

Cara membuat:
A. Kulit Pie:
1.  Taruh tepung terigu, margarin, dan garam dalam baskom. Potong-potong margarin dengan garpu, sambil diaduk merata sampai menjadi berbutir-butir. Masukkan kuning telur, aduk rata masih menggunakan garpu. Masukkan air es, aduk dengan menggunakan garpu sampai adonan menjadi lemas dan lembut. Tutup baskom dengan menggunakan plastik wrap. Simpan dilemari es kurang lebih 40 menit.


2. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius selam 15 menit (tergantung oven masing-masing).
3. Ambil cetakan pie rigi 18 cm. Olesi cetakan pie dengan margarin. Ambil adonan kulit pie, rekatkan adonan pada dasar dan sisi cetakan hingga merata lalu tusuk-tusuk dengan menggunakan garpu. Masukkan kedalam oven, panggang sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan dengan suhu 175 derajat celsius selama kurang lebih 25 menit. Keluarkan dari oven, biarkan didalam loyang hingga dingin.
B. Isian:
1. Simpan alat pengocok, baskom besar dan baskom kecil yang akan digunakan untuk mengocok kedalam kulkas hingga dingin.
2. Haluskan atau blender strawberry 73 gr yang sudah dicampur dengan anchor uht whipping cream sampai hancur merata, masukkan kedalam wadah tertutup, simpan kedalam lemari es sampai saat akan digunakan.
2. Masukkan air es dan es batu kedalam baskom besar. Letakkan baskom yang ukuran lebih kecil kedalam baskom besar yang berisi air es dan es batu. Letakkan gula halus dan campuran whipping cream dengan strawberry kedalam baskom yang ukurannya lebih kecil tersebut. Lalu kocok dengan menggunakan mikser (kec.sedang) hingga mengembang dan lembut.
3. Masukkan strawberry yang sudah dipotong dadu, aduk dengan spatula hingga merata.
C. Penyelesaian:
Masukkan bahan isian kedalam kulit pie yang sudah benar-benar dingin. Ratakan, beri hiasan strawberry diatasnya. Simpan kedalam lemari es semalaman hingga isian agak mengeras (bisa dipotong tanpa meleber). keluarkan dari cetakan, potong-potong, sajikan dingin.