Jumat, 09 November 2012

PIE SUSU atau EGG TART (Kulit Pie Renyah dan Gurih)


Pie susu atau istilah kerennya egg tart ini, enak sekali. Cara membuatnya gampang-gampang susah, tetapi apabila sudah tahu resep mana yang kita pakai dan trik-triknya. Insya Allah mudah dan cepat sekali. Jadi bisa dibawa untuk menjadi bekal anak-anak kesekolah.

Nur El melakukan percobaan beberapa kali hingga mendapatkan resep yang sesuai dengan keinginan Nur El dan yang pasti sesuai juga dengan lidah yang pernah mencoba (suami, anak-anak, dan keluarga besar Nur El) . Dari mulai penentuan takaran bahan-bahan yang dipakai sampai cara pemanggangan, sudah beberapa kali dilakukan percobaan. Akhirnya Nur El mendapatkan pie susu dengan kulit pie yang renyah dan berlapis-lapis dengan isian pie yang manis dan lembut.



Untuk resep pie susu ala Nur El ini, Nur El memakai resep kulit pie seperti resep kue kering. Hanya saja Nur El tidak memakai gula didalam adonan kulit pie. Karena ingin mendapatkan kulit pie yang gurih dan tekstur kulit pie yang renyah, apabila kita lihat kulit pie ini memiliki tekstur yang berlapis-lapis. Untuk resep pie susu atau egg tart Nur El ini, kulit pienya masih bisa terasa renyah hingga kurleb 1 harian atau 24 jam. Kulit pienya renyah tapi tidak mudah rapuh. Pienya matang sempurna. Sekali lagi kuncinya takaran bahan yang digunakan dan cara pemanggangan (suhu yang dipakai untuk memanggang pie dan lamanya memanggang pie susu ini).

Renyah dan gurihnya kulit pie bersatu dengan isiannya yang lembut dan manis. Sempurna. Ini dia pie susu atau egg tart ala Nur El.


Bahan kulit pie:
1. Tepung terigu 180 gr.
2. Tepung maizena 15 gr.
3. Susu bubuk 15 gr.
4. Kuning telur 1 buah dari 1 butir telur ayam (dingin, dari dalam kulkas)
5. Vanila perisa susu 1/4 sdt (merk L'rome).
6. Margarin 150 gr (beku, dari dalam kulkas).

Dengan resep kulit pie diatas pie ini agar tidak mudah rapuh harus disajikan dingin.
Apabila menginginkan pie susu yang tidak mudah rapuh saat tidak disajikan dingin bisa ditambahkan 1 sdm putih telur kedalam adonan kulit pie (Saya tambahkan tulisan ini tanggal 16 November 2016).

Bahan isian pie susu:
1. Krimer kental manis (merk Carnation) 130 gr atau susu kental manis.
2. Tepung maizena 7 gr.
3. Air 100 ml.
4. Kuning telur 2 buah dari 2 butir telur ayam.
5. Vanila perisa susu 1/4 sdt.
6. Pewarna kuning tua 8 tetes.

Olesan cetakan: margarin kurleb 15 gr.

Cara membuat:
1. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, dan vanila perisa susu didalam satu wadah. Aduk hingga merata. Masukkan margarin beku. Potong-potong margarin dengan menggunakan garpu sambil diaduk-aduk agar tercampur dengan tepung. Lakukan hingga tercampur merata.



2. Lalu masukkan kuning telur. Uleni hingga telur merata dalam adonan dan adonan kalis. Pengadukan bisa dilakukan dengan menggunakan jari-jemari tanpa menempelkan adonan ketelapak tangan. Setelah adonan tercampur sempurna dan adonan tidak menempel pada baskom. Tutup baskom dan simpan adonan kedalam kulkas kurang lebih 30 menit atau sampai adonan menyatu sempurna.




3. Olesi cetakan pie dengan menggunakan margarin.


4. Panaskan oven pada suhu 150 derajat celsius.
5. Ambil adonan dari dalam kulkas. Uleni sebentar dengan menggunakan jari-jemari. Timbang adonan kurleb 20 gr. Bentuk bulat dengan menggunakan jari-jemari. Letakkan ditengah cetakan, tekan dengan menggunakan ibu jari atau jempol tangan sambil diputar dan membentuk adonan mengikuti bentuk cetakan pie. Lakukan hingga adonan habis.





6. Tusuk-tusuk kulit pie dengan menggunakan garpu.


7. Buat isian pie. Pertama-tama campurkan krimer kental manis merk Carnation atau susu kental manis dengan air, aduk dengan menggunakan ballon whisk. Masukkan kuning telur, pewarna, dan vanila perisa susu, aduk hingga merata. Lalu masukkan tepung maizena. Aduk-aduk hingga merata. Lalu saring 1 kali untuk menghasilkan isian pie yang lembut.
8. Tuang isian kedalam kulit pie hingga 2/3 kedalaman kulit pie. Lakukan hingga semua kulit pie terisi oleh adonan isian. Letakkan pie (yang masih berada didalam cetakan) diatas loyang kue kering.


9. Masukkan kedalam oven dan panggang pie susu dengan menggunakan suhu 150 derajat celsius selama 35 menit atau hingga matang dan berwarna kecoklatan (kulit pie renyah dan berlapis-lapis). Dipanggang dirak atas, 1 tingkat diatas rak saat memanggang cake atau sama dengan rak tempat memanggang muffin.
10. Setelah matang, angkat dan diamkan didalam cetakkan hingga uap panasnya hilang kurleb 5 menit. Keluarkan pie dari cetakkan siap disajikan hangat atau apabila ingin tidak terlalu panas bisa diletakkan dahulu di rak kawat agar bagian bawah kulit pie tidak basah.



Catatan (tips dan trik membuat pie susu):
1. Untuk resep ini pie yang sudah matang dapat dengan mudah dilepas dari cetakkan. Hanya dengan membalik cetakkan dan ditepuk sedikit pie susu sudah keluar dari cetakannya. Nur El pernah melakukan percobaan dengan cara memanggang kulit pie dahulu pada suhu 190 derajat celsius selama kurleb 10 menit lalu dikeluarkan dari oven dan diberi  isian. Kemudian dipanggang selama 20 menit pada suhu 150 derajat celsius. Hasilnya kulit pie renyah dan berlapis-lapis tetapi lebih gosong dan saat mengeluarkan dari cetakan sulit sekali. Banyak pie susunya menempel pada cetakan. Mungkin karena isian pie yang cair dimasukkan kedalam  kulit pie yang sudah setengah matang (kulit pie bolong-bolong karena ditusuk-tusuk dengan garpu), sehingga cairan keluar dari kulit pie dan mengenai cetakan. Maka saat matang, isian yang keluar dari dalam kulit pie menempel pada cetakan. Sehingga sulit mengeluarkan pie dari cetakan.

2. Nur El pernah juga memanggang pie pada suhu 190 derajat celsius selama 15 menit dan hasilnya pie susu yang belum matang sempurna, kulit pienya masih belum matang dan belum terlihat berlapis-lapis.

3. Pernah memakai resep kulit pie Nur El yang ada disini dengan isian sama dengan resep diatas. Dipanggang dengan menggunakan suhu 190 derajat celsius selama 20-25 menit. Hasilnya belum matang sempurna, walaupun kulit pienya sudah kecoklatan. Lihat bagian bawahnya masih ada lapisan yang  belum matang.


4. Untuk isian pie apabila terlalu kental akan menyebabkan saat dimasak akan membentuk gelembung yang akan kempes setelah dikeluarkan dari dalam oven. Yang akan menghasilkan tekstur isian pie susu yang tidak lembut. Ini resep isian percobaan Nur El yang menyebabkan terjadinya penggelembungan saat dipanggang.
krimer kental manis 380 gr, air 60 ml, vanila perisa susu 1/4 sdt, kuning telur 2 buah dari 2 butir telur ayam, pewarna kuning tua, tepung maizena 7 gr. Jadi apabila punya resep isian pie yang menyebabkan isian pie menggelembung saat dipanggang. Buat isian pie lebih cair lagi atau bisa ditambahkan air.


5. Pernah juga Nur El mengganti takaran tepung maizena dan susu bubuk menjadi masing-masing 20 gr. Isiannya Nur El buat lebih kental dari yang ada diresep. Hasilnya kulit pie renyah dan berlapis-lapis tetapi mudah sekali hancur atau rapuh banget. Dan isiannya menggelembung saat dipanggang. Tetapi lebih cepat matang.