Friday, March 25, 2011

CAKE MOCCA OREO


Cake Mocca Oreo ini dibuat untuk menyambut kedatangan kakak ipar Nur El yang baru pulang belajar di Jepang. Ini BDCK yang paling cepat menghiasnya. Hanya dioleskan krim mocca, lalu beri coklat yang sudah dicairkan. Coret-coret dengan asal dibagian atasnya. Tempelkan biskuit oreo pada bagian pinggirannya lalu taburi bagian atasnya dengan parutan biskuit oreo. Tarrrraaaa...jadi deh. Oh iya, tadinya kepingin diberi isian selai kacang bukan selai strawberry tapi berhubung takut pada tidak suka kalau diberi selai kacang maka jadilah isiannya selai strawberry aja.



Nur El menghias cake ini sambil ditemani Rafif dan Razaan yang sedang main, berantem, dan terkadang gangguin mamanya. Jadi ide menghias cakenya yang sebenarnya tidak mau seperti ini, mendadak berubah seperti ini. Biar cepppaaaaaaat selesai menghiasnya. Alhamdulillah selesai juga misinya. Mak Tuo Lia .....ini persembahan Rafif dan Razaan untuk menyambut Pak Tuo Amzul. Mudah-mudahan sesuai dihati dan dilidah yaaaa..:)


Setelah dibawa ke Ciputat pada hari Sabtu dan disantap setelah kedatangan kakak ipar Nur El, alhamdulillah semua yang menyantap bilang secara keseluruhan enak dan lembut cakenya.Kalau kepingin bikin yang simpel dan tidak terlalu manis, isiannya bisa tidak memakai selai strawberry.

Resep simpel sirup:
1. Gula pasir 100 gr.
2. Air 100 ml.

Cara membuat simpel sirup: Masak gula dan air dng api kecil hingga larut dan mendidih. Angkat dari atas api, diamkan hingga dingin.

Cara mencairkan margarin:
Masukkan margarin kedalam panci atau wadah lainnya. Letakkan diatas kompor, nyalakan api. Aduk sesekali. Matikan kompor, aduk sisa margarin yg blm mencair hingga semua ikut mencair. Jadi mencairkan margarinnya jangan sampai berubah warnanya (jangan sampai warna kayak minyak).

Bahan sponge cake mocca dasarnya adalah spongecake putih, resep disini :
1. Tepung terigu 120 gr.
2. Tepung maizena 10 gr.
3. Susu bubuk 10 gr.
4. Gula pasir 100 gr.
6. Margarin merk Margarita Milk Vanilla100 gr.
7. Perisa vanila susu 1/2 sdt (bentuknya bubuk).
8. Telur ayam 8 butir.
9. Pasta mocca secukupnya.

Isian: Selai strawberry 135 gr dan krim mocca.

Loyang: 2 buah loyang ukuran diameter 22 cm dan tinggi 7 cm.
Olesan loyang: margarin dan tepung terigu secukupnya.

Hiasan:
1. Coklat masak pekat (DCC) 80 gr.
2. Biskuit Oreo rasa mint 9 buah. Buang selainya. Belah menjadi 2 bagian setiap keping biskuit oreonya.

Cara mencairkan coklat:
Tim coklat hingga meleleh dengan cara masukkan air mendidih kedalam alat utk melelehkan coklat, tutup alat dng penutupnya. Potong2 coklat, letakkan kedlm kedlm mangkuk2 yg ada ditutup alat tersebut. Diamkan hingga seluruh coklat meleleh. lalu aduk2 agar licin. Setelah coklat mencair, ambil dng sendok atau masukkan kedalam plastik segitiga. Atau dengan cara lain seperti setelah coklat dipotong-potong masukkan kedalam mangkuk tahan panas. Letakkan mangkuk tahan panas yang telah berisi coklat kedalam mangkuk lain yang berisi air panas. Aduk-aduk hingga mencair. Siap untuk digunakan. Gambar salah satu alat untuk mencairkan coklat bisa dilihat disini.

Cara membuat sponge cake mocca (1/2 resep):
1. Ayak tepung terigu, susu bubuk, dan tepung maizena. Sisihkan.
2. Olesi seluruh bagian dalam loyang dng mentega lalu taburi dengan tepung terigu, tipis-tipis. Sisihkan.
4. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius.
5. Kocok telur, gula pasir, dan perisa vanillasusu, dng kecepatan tinggi, hingga adonan mengembang, putih, dan kental (kalo diambil pake spatula akan berbentuk krucut dan kaku atau tdk netes).
6. Turunkan ke kecepatan terendah (miyako-1). Masukkan campuran tepung dng cara bertahap kedalam kocokan yang sudah mengental, jangan lama-lama.
7. Tuang pasta mocca dan margarin cair sambil terus diaduk dng kecepatan terendah, jangan lama-lama.
8. Masukkan kedalam loyang diameter 22 cm dan tinggi 7 cm. Kemudian masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 15 menit atau hingga matang, matikan api bawah, nyalakan api atas dan panggang selama 2-3 menit (hingga sedikit kecoklatan, fungsinya biar ga nempel saat dibalik ke rak kawat).
9. Setelah matang keluarkan dr oven diamkan kurleb 5 menit didalam loyang, lalu keluarkan dr loyang. letakkan di rak kawat. Diamkan hingga cake dingin dan siap untuk dihias.





Catatan:
1. Mikser yg Nur El pakai mikser miyako yg standing jd biar yg di dasar baskom ikut ke aduk sesekali aduk kebalikan putaran baskomnya dng spatula.
2. Setelah masuk margarin, miksernya harus cepat-cepat dimatikan untuk menghindari hasil cake yang bantet setelah dipanggang. Setelah mikser dimatikan, apabila ternyata masih ada yang belum tercampur sempurna, lakukan aduk balik seperti melipat, tapi jangan lama-lama. Hasil adonannya pada saat dituang ke loyang akan terlihat berjejak. Contoh hasilnya bisa dilihat disini yah.
3. Tadi buatnya 1/2 resep, 2 kali.


Bahan krim mocca: 
1. Eisella krem 500 gr (rasanya manis sekali, baunya enak, dan tidak lengket dilangit-langit mulut).
2. Perisa vanila susu 1/4 sdt.
3. Pasta Mocca secukupnya.

Cara membuat krim mocca: Masukkan semua  bahan lalu kocok dengan menggunakan mikser dengan kecepatan tinggi sampai teksturnya lembut.


Menghias cake dengan krim:
Letakkan cake diatas tatakan cake. Oles salah satu cake dng sirup gula, hingga merata. Oleskan krim mocca lalu oles lagi dengan selai strawberry, tumpuk dengan cake yang lain (sudah diperciki sirup simpel sirup).  Lalu oles dng krim dan beri hiasan sesuai keinginan. Setelah selesai, masukkan kedalam lemari es (kulkas). Setelah dingin siap untuk disantap.