Tuesday, October 19, 2010

CHOCOLATE CHIP BROWNIES


Nur El membuat ini sudah beberapa hari yang lalu untuk dibawa ke rumah orang tua. Seperti biasa kalau kesana bisa berkumpul sama keponakan-keponakan. Keponakan-keponakan Nur El pada suka coklat jadi dibuat deh brownies ini. Sebenarnya resepnya sama aja dengan brownies almond hanya saja brownies yang ini ditambahkan susu bubuk 15 gr. Pewarnanya Nur El ganti dengan Latte Machiato 1/2 sdt (bentuknya pasta). Brownies ini memiliki permukaan yang mengkilat. Wah kata keluarga besar Nur El brownies ini enak, seperti beli. Kalau suka brownies yang empuk dan enak bisa dilihat nih resepnya. Wah resep ini jadi resep andalan Nur El untuk bikin brownies nih...:)



Bahan:
1. Tepung terigu 100 gr.
2. Coklat bubuk 35 gr.
3. Gula pasir 140 gr.
4. Minyak sayur 120 ml..
5. Telur 4 butir.
6. Susu bubuk 15 gr.
7. Latte Machiato 1/2 sdt.
8. Chocolate chip 25 gr.

Taburan: Chocolate chip 20 gr.


Lapisan loyang 26x10x6 cm : kertas roti dan margarin secukupnya.

Cara membuat:

1. Siapkan loyang 26x10x6 cm cm, olesi dengan margarin, beri kertas roti dibagian dasar loyang lalu olesi lagi dengan margarin. Sisihkan.
2. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, dengan coklat bubuk, aduk hingga merata. Sisihkan.
3. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius.
4. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, putih, dan kental, tapi tidak sampai kaku (jatuhnya adonan lambat sekali apabila diteteskan dengan menggunakan spatula).
5. Turunkan kec. mikser hingga ke kec terendah. Masukkan campuran tepung, sambil terus diaduk , masukkan latte machiato dan minyak sayur, sambil diaduk (tdk usah lama2). Matikan mikser. Masukkan chocolate chip (25 gr). Aduk balik adonan dengan menggunakan spatula hingga adonan tercampur merata.
6. Tuang adonan ke loyang (saat dituangkan terlihat adonan yang berjejak) taburkan chocolate chip. Masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 20  menit atau smp matang pakai api bawah saja.
7. Keluarkan loyang dr oven, tunggu hingga kurleb 5 menit baru dikeluarkan dr loyang. Pindahkan ke rak kawat diamkan hingga dingin. Pindahkan ke piring saji, siap tuk disantap.



Catatan:
1. Seperti biasa kalau makan brownies, apabila diinapkan semalaman rasanya makin enak.
2. Nur El mengocok telur dan gula pasirnya kurang lebih 25 menit.