Tuesday, July 13, 2010

LASAGNA KULIT LUMPIA


Berhubung Razaan, tadi pagi sehabis bangun tidur agak rewel, Nur El jadi ga sempet pergi ke tukang sayur. Pas liat dikulkas masih ada daging giling dan ada keju quick melt. Dicek lagi persediaan susu cair juga masih ada, pas 500 ml, maka muncul lah ide bikin lasagna. Eiiiit tomatnya cuma ada satu buah.....karena pingin masak kilat maka dipakailah saus pasta bolognese merk La fonte. Tapiiiii kulit lasagnanya ga ada. Karena setiap nyari kulit lasagna di supermarket selalu pas ga ada...:( Berhubung sudah pingiiiiiin banget dan yang ada di rumah cuma ada kulit lumpia, jadilah lasagna kulit lumpia.

Saus bacamel atau bechamel kejunya alhamdulillah uenak banget. Padahal tadi bikinnya kira-kira aja. Berhubung keju quick melt rasanya lebih asin dari keju cheddar biasa maka Nur El tidak menambahkan garam pada resep saus ini. Pokoknya uenak deh, tidak eneg.

Kulit lumpia lebih cepet lembek bila kena air, jadi Nur El pakenya tiap lapisan 4 lembar (nyatu). Secara keseluruhan uenak. Tapi besok2 bikin lagi dengan kulit lasagna asli ah...




Bahan:
1. Kulit lumpia 16 lembar (nyatu per 4 lembar).
2. Daging giling 370 gr, cuci bersih pakai saringan, tiriskan.
3. Bawang bombay 2 siung (ukuran kecil), cincang kasar.
4. Saus pasta bolognese merk La Fonte 350 gr.
5. Minyak sayur secukupnya.
6. Keju quick melt 115 gr (untuk taburan).

Bahan saus bacamel atau bechamel keju:
1. Margarin tawar 3 sdm.
2. Tepung terigu 3 sdm.
3. Susu cair 500 ml.
4. Keju quick melt 65 gr.
5. Lada bubuk 1/4 sdm.
6. Pala bubuk 1/4 sdt.

Olesan loyang pyrex ukuran 20,5x18,2x5,0 cm : margarin secukupnya.

Cara membuat:
1. Olesi loyang dengan margarin.
2. Panaskan minyak sayur, masukkan bawang bombay. Tumis hingga harum dan matang. Masukkan daging giling,sesekali diaduk. Masak hingga air yang keluar dari daging habis dan daging matang. Masukkan saus pasta, aduk-aduk hingga merata. Dan masak hingga mendidih. Matikan kompor. Sisihkan.
3. Saus bacamel atau bechamel: Cairkan mentega didalam wajan, masukkan tepung terigu, sambil terus diaduk hingga merata. Masukkan susu cair sambil terus diaduk dengan cepat (agar tidak menggumpal-gumpal), masak hingga kental dan meletup-letup. Masukkan keju quick melt, lada bubuk, dan pala bubuk, sambil terus diaduk dengan cepat, hingga merata. Matikan kompor. Sisihkan.
4. Penyelesaian:
a. Panaskan oven pada suhu 190 derajat celsius selama 15 menit.
b. Taruh kulit lumpia yang dibentuk sesuai wadah (setiap 4 lembar kulit lumpia dianggap 1 lembar, jadi untuk lapisan bawah lasagna terpakai 8 lembar). Tuang adonan daging, rapikan agar merata. Tuang adonan saus bacamel keju, ratakan. Tutup dengan kulit lumpia (terpakai 8 lembar lagi). Tuang adonan daging, ratakan. Tuang adonan saus bacamel keju, ratakan. Taburi dengan parutan keju quick melt (lihat foto dibawah ini, kepenuhan ya tapi alhamdulillah tidak meleber atau tumpah kemana2).



c. Masukkan kedalam oven dan panggang dengan suhu 190 derajat clesius selama kurang lebih 15 menit atau sampai kejunya sudah meleleh semua.
d. Keluarkan dari oven dan siap disajikan panas-panas.









Catatan:
1. Melepaskan kulit lumpia dari satu bundelan ambil  per 4 lembar, jadi kulitnya 4 lembar masih nyatu ga pisah-pisah. Nur El pake merk Finna.
2. Ukuran 1 sdm atau 1 sdt Nur El adalah 1 sdm atau 1 sdt munjung.
3. Memanggangnya tidak perlu lama-lama karena kulit lumpia mudah menjadi lembek dan sebenarnya semua adonannya (adonan daging dan saus) sudah matang.