Friday, January 1, 2016

MUFFIN PISANG (tanpa telur, tanpa susu, tanpa mikser)




Assalamu'alaikum, semalam iseng bikin Muffin Pisang. Tapi kepinginnya bikin resep muffin tanpa telur dan susu. Dan proses pembuatan muffinnya juga tanpa mikser. Akhirnya jadilah resep ini. Manisnya pas. Teksturnya mirip bolu kukus gula merah apabila dimakan saat baru keluar dari oven. Tapi ini ada rasa pisang. Saat pagi hari alhamdulillah lebih enak lagi, menul-menul, empuk, dan gak seret. Untuk saya manisnya pas.





Ini dia resep Muffin Pisang tanpa susu, tanpa telur, tanpa mikser, tanpa minyak, butter ataupun margarin, dan alhamdulillah empuk, enak, dan manisnya pas. Tapi untuk pemakaian gula sangat dipengaruhi oleh tingkat kemanisan pisangnya ya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Bahan:
1. Tepung terigu 225 gr.
2. Tepung maizena 25 gr.
3. Santan instan 200 ml
4. Gula pasir 90 gr.
5. Gula palem 50 gr.
6. Pisang ambon yang sudah matang dan harum 350 gr.
7. Baking powder 1 tsp
8. Baking soda 1 tsp
9. Kayu manis bubuk 1 tsp
10. Garam sejumput
11.Pala bubuk 1/4 tsp

Hiasan: palm suiker dan potongan pisang secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan oven 190 derajat celsius selama 15 menit.
2. Campurkan dalam baskom tepung terigu, tepung maizena, gula pasir, palm suiker, baking powder, soda kue, kayu manis bubuk, pala bubuk, dan garam. Aduk hingga merata menggunakan sendok besar. Sisihkan. (Adonan kering).
3. Campurkan santan kental dan pisang dengan menggunakan blender  (Adonan basah).
4. Siapkan loyang muffin yang sudah diisi kertas mangkuk. Campurkan adonan basah kedalam adonan kering. Aduk sebentar menggunakan balloon whisk. Tuang kedalam loyang muffin (12 lubang) hingga hampir penuh. Letakkan potongan pisang diatasnya, lalu beri taburan palm suiker.
5. Masukkan kedalam oven dan panggang dengan suhu 190 derajat  celsius kurleb 25 menit.