Friday, February 8, 2013

PUDING ROTI KISMIS


Sudah sering sekali saya membuat puding yang satu ini. Rasanya jangan ditanya, satu potong tidak akan cukup. Mungkin karena bahan yang dipakai gula palm dan kismis. Keduanya kesukaan Nur El dan suami. Pastinya sudah banyak resep puding roti di google. Tapi untuk yang satu ini merupakan resep Puding Roti Kismis ala Nur El. Baru sempat mengetik dan berfoto ria nih..




Bahan:
1. Roti tawar 150 gr.
2. Susu cair UHT 400 ml.
3. Gula pasir 100 gr.
4. Telur ayam 2 butir, kocok lepas.
5. Kismis 20 gr.
6. Margarin 50 gr, cair.
7. Vanila perisa susu (merk L'arome) 1/4 sdt.

Bahan taburan:
1. Kismis 10 gr.
2. Gula palm (palm suiker) 1 sm.

Olesan loyang: margarin 1 sdm.
Loyang alumunium foil yang dipakai berbentuk lingkaran: Lingkar atas 21,5 cm, lingkar bawah 19 cm, dan tinggi 4 cm (merk hanmax Rx1200 P), 1 loyang. Atau bisa juga pakai loyang Marinex segi empat ukuran atas (17 x 17) dan tinggi  4 cm, 1 loyang (hasilnya lebih tebal).

Cara membuat:
1. Masukkan margarin kedalam panci, nyalakan api sedang. Masak sambil diaduk-aduk hingga semua margain menjadi cair. Tapi melelehkannya jangan sampai menjadi seperti minyak, masih berwarna kekuning-kuninggan. Jadi kalau margarinnya sudah mulai panas, matikan api. Aduk-aduk sisa margarin yang belum cair, agar semua margarinnya mencair. Diamkan dan sisihkan agar dingin.
2. Masukkan susu cair UHT, gula pasir, vanila perisa susu, dan telur ayam, kocok dengan menggunakan pengocok kawat (balloon whisk). Masukkan roti tawar yang sudah dipotong-potong atau sudah disobek-sobek. Aduk-aduk dengan menggunakan sendok, agar semua roti terkena cairan.. Diamkan kurleb 30 menit.
3. Setelah 15 menit waktu merendam roti berlalu, panaskan oven. Pada suhu 175 derajat celsius selama 15 menit.
4. Setelah 20 menit waktu merendam roti berlalu masukkan margarin cair, lalu kismis. Aduk-aduk hingga merata didalam adonan.
5. Oleskan loyang dengan menggunakan margarin.
6. Setelah 30 menit, aduk adonan menggunakan sendok. Tuang adonan kedalam loyang. Beri taburan palm suiker atau gula palem. Taburi juga dengan kismis. Agak ditekan sedikit kismisnya kedalam adonan puding.
7. Masukkan kedalam oven dan panggang dengan suhu 175 derajat celsius selama 25 menit. Sebaiknya loyangnya diberi alas loyang kue kering agar tidak mengotori oven. Setelah matang, matikan api bawah. Nyalakan api atas, api atas yang besar, kurleb 1-2 menit. Hingga terlihat kuning keemasan. keluarkan ari oven, diamkan hingga uap panasnya hilang. Simpan didalam lemari es atau kulkas selama semalaman. Siap disantap.

Catatan:
1. Roti tawar yang digunakan bisa dengan kulitnya, atau tanpa kulitnya, atau bisa juga kulitnya saja.
2. Apabila baru kurleb 3-4 jam pudding roti kismis ini disimpan didalam lemari es, maka permukaannya masih terasa kers atau garing. Tapi dalamnya lembut. Setelah semalaman semua menjadi lembut dan cita rasanya mmmm...beda sama puding roti yang pernah Nur El makan di toko kue ternama.
3. Apabila tidak menyukai sensasi kres dan ingin bagian puding yang menempel pada loyang tidak berwarna coklat seperti punya Nur El. Maka saat memberikan olesan pada loyang harus benar-benar tipis sekali. Dan margarin dicampurkan langsung bersamaan dengan pencampuran susu cair UHT, telur ayam, vanila perisa susu, dan gula pasir. Lalu diaduk dengan mengunakan pengocok kawat hingga tercampur merata. Pasti warna permukaan puding lebih pucat dan permukaan puding tidak kres.