Wednesday, October 31, 2012

NASI UDUK MAGIC JAR dan SANTAN INSTAN


Kangen sama nasi uduk, kepingin masak yang cepat dan mudah. Bisa dicoba resep dibawah ini, seperti biasa ala Nur El. Lihat difotonya, nasi uduknya hanya ditemani kripik kentang pedas atau kripik mustofa (resep kripiknya bisa dilihat disini) dan bawang goreng.


Bahan:
1. Beras pandan wangi (pulen) 300 gr.
2. Santan instan 200 ml.
3. Air 600 ml.

Bumbu:
1. Bawang putih 1 siung, geprek.
2. Daun salam 2 lembar.
3. Sereh 1 batang (ambil bagian putihnya saja, geprek).
4. Lengkuas 2 ruas ibu jari kaki, geprek atau iris-iris.
5. Biji pala 1/3 dari 1 ruas jari telunjuk, belah dua.
6. Ketumbar bubuk 1/3 sdt.
7. Cengkeh 1 buah.
8. Lada bubuk 1/3 sdt..
9. Jahe 1 ruas jari telunjuk, geprek.
10. Garam 1 1/2 sdt.

Cara membuat:
Setelah beras dicuci bersih, masukkan kedalam magic jar. Masukkan juga santan instan, lalu masukkan air.Kemudian masukkan semua bumbu dan aduk-aduk sebentar agar merata. Lalu tutup magic jar dan masak hingga matang.Setelah matang tunggu 5-10 menit baru dibuka tutup magic jarnya dan aduk-aduk nasi uduk. Keluarkan daun salam, cengkeh, bawang putih, biji pala, sereh, lengkuas, dan jahe dari dalam nasi uduk. Siap untuk dihidangkan..

Catatan:
1. Jumlah air yang dipakai tergantung beras apa yang kita gunakan. Untuk beras yang Nur El gunakan biasanya untuk memasak nasi dibutuhkan penambahan air kurang sedikit dari satu ruas jari telunjuk, dihitung dari permukaan beras. Kalau lebih dari ukuran itu nasi yang ihasilkan lembek banget. Nah dari ukuran sebenarnya Nur El kurangi ukuran airnya sedikit karena saat memasak nasi uduk menggunakan santan yang dapat membuat beras bertambah empuk. Hal ini dilakukan agar nasi uduk yang dihasilkan tidak kelembekan.
2. Memang hasil dari membuat nasi uduk dengan menggunakan magic jar tidak seenak dengan memasak nasi uduk dengan cara mengaroni beras beserta santan dan bumbu dahulu baru setelah itu dikukus. Tapi bagi yang tidak mau ribet dan cuma untuk dikonsumsi sendiri, membuat nasi uduk dengan menggunakan magic jar bisa dicoba.