Wednesday, October 31, 2012

CUP CAKE PANDAN BERHIAS BUTTERCREAM DAN ICING PIPING (Edible Cake)


Cup cake ini dibuat untuk bekal Rafif kesekolah. Biar dia seneng aja. Tadinya dia minta cup cake berwarna ungu tapi ternyata warna ungu yang dihasilkan dari pewarna ungunya kurang bagus. Akhirnya dibuat cup cake pandan. Berhubung masih punya icing piping berbentuk hewan, maka dihiaslah cup cakenya biar tambah lucu. Yang lebih lucu lagi karena stok buttercream instan sudah habis maka margarin blueband yang digunakan untuk membuat buttercream. Untuk icing pipingnya, Nur El beli di Tbk. Titan buatan Tigerson Philti. Itupun sudah lama, dari Rafif ulang tahun baru sekarang terpakai. Yang penting kadarluarsanya masih lama (2013). Ini dia resep cup cake pandan ala Nur El.


Bahan:
1. Tepung terigu 225 gr.
2. Tepung maizena 25 gr.
3. Telur ayam 2 butir.
4. Gula halus 150 gr.
5. Susu cair 130 gr.
6. Baking powder 1 1/2 sdt peres.
7. Baking soda 1/3-1/2 sdt peres.
8. Perisa vanila susu 1/4 sdt.
9. Pasta pandan secukupnya.

Bahan buttercream (lupa takarannya karena lupa dicatat dan kelamaan tidak dicatat, yang pasti buttercreamnya jadi gurih dan asin sehingga bisa menyeimbangi rasa manis dari cakenya).
1. Margarin blueband
2. Gula halus
Kedua bahan dikocok dengan menggunakan mikser sampai menjadi ringan dan berwarna krem.

Hiasan:
1. Chocolate chip.
2. Keju cheddar parut.
3. Gula Palm (Palm suiker).
4. Icing piping berbentuk hewan.

Alas loyang: mangkuk kertas 14 lembar.

Cara membuat cup cake:
1. Panaskan oven 190 derajat celsius kurleb 15 menit (oven gas).
2. Siapkan loyang muffin ukuran besar berlubang 12 (kita menggunakan 2 buah loyang). Letakkan mangkuk-mangkuk kertas pada setiap lubang. Sisihkan.
4. Dalam baskom besar, campur tepung terigu, tepung maizena, perisa vanila susu, soda kue dan baking powder aduk hingga rata, sisihkan.
5. Kocok margarin dengan menggunakan mikser dengan kecepatan sedang hingga sedikit mengembang lalu masukkan gula halus dan kocok kembali hingga mengembang dan ringan. Masukkan telur satu persatu agar tercampur merata saja. Turunkan kecepatan menjadi kecepatan 1. Masukkan campuran tepung. Lalu masukkan susu cair, aduk sebentar agar merata.Tuang adonan (dengan menggunakan sendok es krim) kedalam 14 lubang cetakan hingga 3/4 bagian.. 
6. Masukkan kedalam oven, panggang kurleb 20 menit dengan suhu 190 derajat celsius hingga matang dengan api bawah saja. Letakkan pada rak ditengah agar dasar cup cake tidak terlalu kering ataupun gosong.
7. Keluarkan loyang dr dalam oven, biarkan selama 5 menit. Pindahkan keatas rak kawat, biarkan hingga hangat dan sajikan.

Penyelesaiaan:
Setelah cup cake dingin. Ambil buttercream yang sudah dibuat, masukkan kedalam plastik segitiga, ikat agar tidak tumpah. Lalu gunting ujungnya yang runcing. Masukkan kedalam plastik segitiga lain yang sudah digunting bagian ujungnya yang runcing dan diberi spuit. Semprotkan buttercream diatas cup cake. Lalu beri hiasan diatasnya bisa berupa keju parut, choco chip, palm suiker, ataupun bisa ditambahkan hiasan icing piping berbentuk hewan. Dengan catatan sebelum icing piping ditempelkan pada buttercream, terlebih dahulu harus diolesi coklat yang sudah dicairkan dahulu agar warna icing piping tetap cantik. Lebih lengkap tentang cara menempelkan edible image pada buttercream bisa dilihat disini.