Wednesday, July 7, 2010

SOES VLA VANILA

Alhamdulillah kali ini soesnya ga mimpes. Yuuuk dicoba...:) INSYA ALLAH BISA.



Da lamma ga belajar bikin soes. Pas mau bikin, tapi kok catatan yg diorat-oret hilang, mau browsing ga sempet. Kenapa soes yg duluuuu mimpes, kemungkinan besar karena salahnya suhu pemanggangan dan lammaaa pemanggangan. Alhamdulillah Nur El sudah mengenali oven ini, jadi tadi waktu manggang sok pede dengan bismillah semua terselesaikan. Dan adonan yang duluuu pakai susu, sekarang Nur El coba ga pake susu (di adonan kulit soesnya). Dan hasilnya tarrrraaaa...semoga yang lagi belajar baking bisa juga yah...:)

Untuk pembuatan vlanya, main cemplang-cemplung bahan aja. Alhamdulillah ga encer dan ga ada gumpalan-gumpalan, liciiiiiiiin. Kuncinya adalah....liat resep yah...:) Oh iya tadi bikin vlanya 2 kali, abisnya pas mau dipakai kok ternyata kurang vlanya.

Misi pembuatan soes kesukaan papa terselesaikan (padahal tadi ga niat bikin, tapi alhamdulillah hasilnya membahagiakan Nur El  yang sedang belajar baking ).....besok-besok bikin lagiiiiiiiiii.

Info tambahan nih....kata tetangga (Bu Novie) yang ngerasain soes ini katanya, "Enak tante".....Aduuuuuh seneng banget.... pokoknya belajar teruuuuuuuus.



Bahan kulit soes:
1. Air 200 ml.
2. Tepung terigu 150 ml (kunci biru).
3. Margarin 100 gr.
4. Telur 4 butir.
5. Garam 1/3 sdt.

Bahan Vla Vanila: (bikin 2 kali resep)
1. Susu cair 250 ml.
2. Gula pasir 50 gr.
3. Flavour vanili 1 tetes atau Vanili bubuk 1/3 sdt.
4. Tepung maizena 50 gr.

Alas dan olesan loyang kue kering: kertas roti dan margarin secukupnya.

Cara membuat:
1. Cara membuat vla vanila:
Campurkan air, gula pasir, vanili, dan tepung maizena dalam panci. Aduk hingga merata. Nyalakan api. Aduk dengan cepat. Masak hingga mendidih. Apabila menggumpal-gumpal, aduk terus dengan cepat. Karena nanti gumpalannya akan hilang dan hasilnya vla vanila yang licin (lihat gambar dibawah ini). Matikan kompor. Biarkan hingga uap panasnya hilang. Apabila mau dipakai diaduk kembali.


2. Cara membuat kulit soes:
a. Siapkan loyang. Oles loyang kue kering dengan margarin, lalu lapisi dengan kertas roti (Nur El pakai kertas roti yang warnanya putih dan ada bagian yg licinnya, kalo ga salah satu bundelan harganya tiga ribuan. Jadi bagian atas kertas rotinya tidak perlu dilapisi margarin dan tepung terigu).

b. Campurkan 200 ml air , garam, margarin, dan tepung terigu. Aduk hingga merata. Nyalakan api. Aduk terus hingga kalis dan matang. Matikan kompor. Diamkan.


c.  Setelah adonan terasa hangat, masukkan telur satu persatu sambil diaduk dengan menggunakan mikser (kec. sedang) sampai adonan merata. (Tadi biar lebih cepat merata miksernya Nur El pegang, tdk diletakkan didudukan mikser. Miksernya ditaruh didudukan mikser krn mau difoto aja).


d. Panaskan oven pada suhu 190 derajat celsius selama 15 menit (tergantung oven masing-masing).
e. Masukkan adonan kedalam kantung segitiga, ikat. Potong sedikit ujungnya. Lalu masukkan lagi kedalam kantung segitiga yang diujungnya sudah diberi spuit mawar. Semprotkan adonan keatas loyang dan beri jarak 2-3 cm agar tidak menempel kulit soes yang satu dengan yang lainnya. Masukkan kedalam oven, panggang dengan suhu 190 derajat celsius selama kurang lebih 20 menit. Lalu turunkan suhunya menjadi 150 derajat celsius panggang lagi kurang lebih 20 menit atau hingga kulit soes matang, kokoh, dan berwarna kecoklatan. Angkat dan diamkan hingga dingin.


Catatan: Hati-hati pada saat pemanggangan, kulit soes yg ditaruh dirak oven bagian bawah akan lebih cepat matang. Saat manggang di suhu 150 derajat celsius apabila sudah 10-15 menit, kulit soes yg dipanggang di rak bawah sudah kokoh, matang, dan kecoklatan. Maka harus dikeluarkan dari oven. Lalu pindahkan kulit soes yg ada diatasnya ke rak tersebut. Rak oven punya Nur El ada 5, tadi Nur El pakai rak 3 dan 4 (dihitung dari bawah) dan pakai api bawah saja.

3. Penyelesaian:
a. Setelah kulit soes dingin. Belah kulit soes, jangan sampai putus. Sisihkan.


 b. Masukkan vla kedalam kantung segitiga, gunting bagian ujungnya (tadi pas mau masukin vla kedalam kulit soes buru-buru karena Rafif sudah teriak, "Maaaa, rafif mau kuenya". Jadi kantung segitiganya digunting lebih besar dari yang difoto....kerjanya kilaaaaat).


c. Semprotkan adonan vla kedalam soes hingga agak penuh atau sesuai selera.
d. Siap untuk disajikan.