Thursday, March 28, 2013

CAKE PELANGI (WHIPPING CREAM DAN CREAM CHEESE)


Sebenarnya sudah lamaaa sekali ingin membuat cake pelangi atau rainbow cake. Hanya saja membayangkan mengocok adonan sebanyak 6 kali dengan hanya menggunakan 1 mikser (karena adonan tanpa emulsifier tidak bisa menunggu, setelah teraduk sempurna harus segera dipanggang agar cake tidak bantet) dan menggunakan oven yang hanya akan menghasilkan sponge cake yang bagus apabila hanya memanggang 1 adonan. Padahal oven Nur El bagus loh. Jadilah malas yang berkepanjangan.


Tapi berhubung sekarang sudah punya toko kue online, jadilah bersemangat membuat cake pelangi menjadi barang dagangan. Jadilah cake ini, tetapi hanya dengan menggunakan 3 lapis sponge cake ha ha ha. Biar harganya bisa ekonomis tapi rasanya teteup selangit ha ha ha. Resep sponge cakenya sama dengan resep sponge cake yang ada disini. Hanya dijadikan 3 lapis sponge cake dengan masing-masing diberikan pewarna saat pengadukan adonan. Diresep tersebut untuk 2 kali adonan. Maka ditambah 1/2 resep lagi ya.

Untuk cheese whipping creamnya saya pakai resep dibawah ini:


Bahan cheese whipping cream:
1. Anchor whipping cream 500 ml.
2. Mascarpone cheese 250 gr (dari dalam kulkas).
3. Gula bubuk 100 gr.
4. Air es dan es batu secukupnya (untuk mengocok).

Cara membuat cheese whipping cream: Alat pengocok (kaki mikser), spatula, baskom besar, dan baskom kecil, disimpan didalam lemari es hingga dingin. Masukkan air es dan es batu kedalam baskom yang lebih besar. Sisihkan. Masukkan gula halus, mascarpone cheese, dan whipping cream kedalam baskom yang kecil. Kocok pakai mikser dengan kecepatan sedang, hingga rata, lembut, dan kaku. 

Jadilah Cake Pelangi ala Nur El.