Friday, February 15, 2013

UDANG BUMBU TELUR ASIN


Gara-gara makan di Bandar Djakarta Alam Sutera. Salah satu menu yang kami makan adalah lobster yang pakai bumbu telur asin. Kami pilih bumbu itu karena saya dan suami suka telur asin, cuma kalau saya sukaaaa banget he he he. Lupa nama lobster yang kami makan, yang pasti saat belum dimasak bentuknya seperti penampakan batu karang. Saya pikir setelah dimasak kulitnya akan sedikit keras seperti lobster pada umumnya. Ternyata saya salah besar, kulitnya lebih lunak. Dan setelah dimasak penampakannya sudah tidak menjijikkan lagi, berwarna orange dan cantik. Apalagi diberi bumbu telur asin. Mmmmm jadi ketagihan sama lobster ini dengan bumbu telur asinnya. Kalau saya perhatikan dan rasakan, telur asin yang dipakai hanya bagian kuning telurnya saja dan sepertinya tidak pakai banyak bumbu. Tapi jangan ditanya rasanya...mmmmm ennnaaaaak banget.
Nah, kalau yang ini resep Nur El sendiri, bukan lobster yang dibumbui telur asin tapi udang. Berhubung sayang sama bagian putih telur asinnya, jadilah si putih telur ikut dihancurkan dan dicemplungin juga kemasakan. Untuk menambah cita rasa, saya tambahkan bumbu-bumbu yang lainnya. Karena kalau pakai bagian putih telurnya juga rasanya aneh kalau tidak ditambah daun jeruk, sereh, kunyit, dan lain-lain. 

 Jujur, saat sudah matang jiper banget, takut suami tidak mau memakannya. Sampai minyak yang keluar dibumbunya, saya buang karena berminyak-minyak. Ternyata suami suka dan katanya enak, yah seperti biasa dapat pujian ini itu. Membuat hati senang. Dia menanyakan kok tidak berminyak-minyak. Kan saat di Bandar Djakarta terlihat basah dan berminyak. Waaahaaahaaa lupa saking enaknya saat makan disana...besok-besok kalau masak lagi minyaknya tidak akan dibuang lagi. Karena kata suami, kan berminyak-minyak itu yang bikin penampilannya jadi terlihat enak. Ini dia resep Udang Bumbu Telur Asin Nur El.

Bahan:
1. Udang 325 gr.
2. Tepung maizena 6 sdm.
3. Minyak sayur (lumayan banyak)
4. Air 300 ml.
5. Air 100 ml ditambahkan 1 sdm tepung maizena.

Bumbu:
1. Telur asin 6 butir, kupas hancurkan.
2. Bawang putih 4 siung, parut pakai parutan keju.
3. Lada bubuk 1/3 sdm.
4. Kaldu ayam bubuk non msg 1/2 sdm.
5. Gula pasir 1/2 sdm.
6. Jahe 1 ruas jari telunjuk, parut pakai parutan keju.
7. Daun jeruk purut 2 lembar.
8. Sereh 1 batang, ambil bagian putihnya saja.
9. Kunyit 1 ruas jari telunjuk, parut pakai parutan keju.
10. Daun bawang 1 batang, iris-iris.

Untuk mengungkep: air jeruk nipis dan garam secukupnya.

Cara membuat:
1. Cuci bersih udang yang sudah dibuang bagian kepala dan bagian ekornya yang tajam. Baluri dengan garam an air jeruk nipis, diamkan kurang lebih 15 menit. Cuci bersih, tiriskan. Sisihkan.
2. Panaskan minyak sayur. Masukkan 6 sdm tepung maizena kedalam mangkuk. Baluri udang dengan tepung maizena, masukkan kedalam minyak panas dengan api sedang. Lakukan hingga semua udang tergoreng. Setelah kuning keemasan, uang diangkat. Jangan sampai berwarna coklat karena akan menjadi keras bukannya renyah. Sisihkan.
3. Panaskan minyak sayur, masukkan bawang putih. Setelah keluar wanginya, masukkan jahe, kunyit, sereh, dan daun jeruk purut. Setelah tercium wanginya, masukkan telur asin yang sudah dihancurkan. Masukkan air 300 ml. Masukkan gula pasir, lada bubuk, dan kaldu ayam bubuk. Aduk-aduk, masak hingga keluar minyaknya. Masukkan air 100 ml yang sudah ditambahkan 1 sdm tepung maizena. Masukkan daun bawang. Aduk-aduk agar merata. Setelah mendidih dan terlihat minyaknya. Matikan api. Masukkan udang yang sudah digoreng, aduk-aduk. Sajikan.

Catatan: Masakan ini sebaiknya setelah matang langsung disantap. Agar udangnya masih terasa renyah. Salam bumbu telur asin.