Sunday, February 17, 2013

SACHER TORTE


Sebenarnya ini file yang sudah lama tapi baru sempat dimasukkan kedalam blog Nur El. Sacher Torte ini dibuat untuk buka puasa terakhir keluarga besar Nur El di bulan Ramadhan tahun berapa ya.... Kenapa buatnya ini karena keponakan-keponakan suka banget sama coklat. Dari pada beli, mendingan buat sendiri. Sacher Torte ini ala Nur El. Biasanya cake dasarnya pakai butter cake tapi Nur El bikin versi cake dasarnya spongecake. Pada setiap lapisan cakenya diberi simpel sirup dan selai apricot. Ini dia Sacher torte ala Nur El.
Bahan sponge cake coklat:
1. Tepung terigu 70 gr.
2. Tepung maizena 15gr.
3. Susu bubuk 15 gr.
4. Coklat bubuk 25 gr.
5. Coklat masak 100 gr.
6. Gula pasir 60 gr.
7. Gula palem 60 gr.
8. Margarin 80 gr.
9. Vanili bubuk 1/3 sdt.
10. Telur ayam 6 butir.
12. Selai aprikot 340 gr.

Ganache:
1. Coklat masak pekat (DCC) 250 gr.
2. UHT Whipping Cream 250 ml.

Cara membuat ganache:
Masukkan UHT whipping cream kedalam wajan, panaskan sambil terus diaduk . Langsung matikan kompor. Tuang kedalam wadah yang berisi coklat masak pekat yang sudah dipotong-potong. Diamkan hingga coklat meleleh kemudian aduk rata.

Simpel sirup:
1. Gula pasir 100 gr.
2. Air 100 ml.

Cara membuat simpel sirup: Campurkan gula pasir dan air, masak sambil terus diaduk hingga gula larut dan air mendidih.

Lapisan loyang bundar (22 x 7 cm): margarin dan tepung terigu secukupnya.

Cara membuat:
1. Cairkan coklat masak yang sudah dipotong-potong dengan cara ditim. Biarkan hingga dingin dan sisihkan. Cairkan margarin, dinginkan, sisihkan.
2. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, dan coklat bubuk. Aduk hingga merata. Sisihkan.
3. Olesi loyang dengan margarin lalu taburi dng tepung terigu tipis-tipis tapi merata. Sisihkan.
4. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius.
5. Kocok telur, gula pasir, gula palem, dan vanili bubuk, dng kecepatan tinggi, hingga adonan mengembang dan kental (kalo diambil pake spatula akan berbentuk krucut dan kaku atau tidak menetes). Matikan mikser.
6. Masukkan campuran tepung dengan cara bertahap kedalam kocokan yang sudah mengental, aduk dengan menggunakan pengocok kawat hingga rata.
7. Tuang campuran margarin cair dan coklat masak yang sudah dilelehkan (aduk dulu sebelum dituang), sambil terus diaduk dng menggunakan pengocok kawat.
8. Masukkan kedalam loyang diameter 22 cm dan tinggi 7 cm. Kemudian masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 30 menit atau hingga matang.
9. Setelah matang keluarkan dr oven diamkan kurleb 5 menit didalam loyang, lalu keluarkan dr loyang. letakkan di rak kawat. Diamkan hingga cake dingin dan siap untuk dihias.


Foto cakenya stelah dikeluarkan dari loyang:


10.Penyelesaian: Belah cake menjadi 2 bagian. Percikkan simpel sirup untuk setiap lapisan cake dengan bantuan kuas. Beri selai aprikot untuk setiap cake lalu simpan keduanya kedalam lemari es, kurleb 30 menit. Letakkan cake diatas  rak kawat dan dibawahnya dikasih alas loyang. Beri sedikit ganache diatas cake yang sudah dioles selai aprikot. Lalu letakkan cake yang satunya lagi diatasnya. Tuangkan ganache hingga seluruh permukaan cake tertutup ganache.
12.Cepat-cepat masukkan cake kedalam kulkas. Setelah cake dingin, ambil sisa ganache lalu masukkan kedalam plastik segitiga, lalu potong sedikit bagian ujungnya. Tulis diatas cake kata Sacher.

Catatan:
1. Mikser Nur El mikser miyako yg standing jadi biar yg didasar baskom ikut ke aduk sesekali aduk kebalikan putaran baskomnya dng spatula.
2. Ganache yang sudah jatuh diloyang jangan dituang lagi keatas cake.
3. Bisa dilihat juga Sponge Cake Coklat Lapis Coklat.