Friday, December 28, 2012

CAKE KURMA APEL (Butter Cake)


Semoga tidak ada yang bosan dengan istilah Nur El yaitu main cemplang-cemplung bahan yang ada dirumah. Seperti biasa gatel kalau melihat apel tidak dimakan-makan hanya tersimpan rapi didalam kulkas. Dan kurma  tersimpan dengan rapih didalam boxnya. Ini asli resep Nur El, walaupun main cemplang-cemplung aja. Tapi deg-degan, takut kalau hasilnya bantet dan tidak enak. Ternyata alhamdulillah hasilnya enak banget. Apalagi saat baru matang. Lembut membelai lidah. Setelah dingin pun masih empuk, teksturnya tidak padat, ada legitnya juga (kayaknya dari kurmanya), kesimpulannya enak banget. Ini dia resep Cake Kurma Apel (butter cake) ala Nur El.



Bahan:
1. Tepung terigu 200 gr.
2. Tepung maizena 25 gr.
3. Susu bubuk 25 gr.
4. Margarin 150 gr.
5. Telur ayam 2 butir.
6. Gula halus 70 gr.
7. Gula palem 50 gr (palm suiker).
8. Apel 150 gr (berat tanpa biji dan daging tempat menempel biji dan juga tanpa kulit), cincang.
9. Kurma 100 gr (berat tanpa biji, kurmanya bertekstur lembek dan sudah manis sekali), cincang.
10. Air 50 ml.
11. Minyak sayur 3 sdm.
12. Kayu manis bubuk 1/2 sdm.
13. Perisa vanila susu 1/4 sdt (merk L'aerome).
14. Baking powder 1 1/2 sdt.
15. Baking soda 1/3 sdt.

Loyang: 26x10x6 cm.
Olesan dan alas loyang: margarin dan kertas roti.

Cara membuat:
1. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, baking powder, baking soda, kayu manis bubuk, dan perisa vanila susu kedalam 1 mangkuk. Aduk-aduk hingga merata. Sisihkan.
2. Panaskan oven pada suhu 175 erajat celsius selama kurleb 15 menit (tergantung oven masing-masing).
3. Masukkan apel dan kurma yang sudah dicincang kedalam blender. Masukkan juga 50 ml air, dan minyak sayur 3 sdm. Haluskan sambil sesekali diaduk menggunakan spatula. Sisihkan.
4. Campurkan margarin, gula halus, dan gula palem. Kocok dengan menggunakan mikser diawali dengan kecepatan rendah lalu setelah adonan menyatu naikkan kekecepatan tinggi. Kocok hingga mengembang dan lembut (kurleb 5 menit). Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga merata. Masukkan campuran kurma dan apel yang sudah dihaluskan. Aduk lagi dengan menggunakan mikser hingga merata. Masukkan campuran tepung. Aduk hingga merata tapi jangan lama-lama. Tuang kedalam loyang yang sudah diberi olesan margarin tipis-tipis dan diberi kertas roti pada bagian dasarnya.
5. Masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 30 menit atau sampai matang dengan suhu 175 derajat celsius. Setelah matang (lakukan tes tusuk dengan menggunakan tusuk gigi, apabila tidak ada yang menempel lagi berarti sudah matang), keluarkan dari oven dan biarkan didalam loyang kurleb 5 menit. Lalu keluarkan dari dalam loyang dan letakkan diatas rak kawat. Apabila ingin disantap hangat-hangat nikmat sekali. Tetapi disantap setelah dingin pun tetap enak.