Saturday, November 24, 2012

TELUR KENTANG KECAP BERSANTAN


Sudah lama tidak menulis resep masakan. Ini dia hasil ngutak-ngutik didapur, asal cemplung he he he. Yang penting jadi makanan yang enak. Merebus telurnya sudah dilakukan pada malam hari sebelumnya (biar pagi-pagi bisa langsung dimasak), dikupas lalu masukkan kedalam wadah tertutup dan disimpan didalam kulkas. Resepnya sekilas seperti semur, tetapi resep yang ini memakai santan dan kecap inggris. Rasanya jangan ditanya...enak. Ini dia resep hasil cemplang-cemplung Nur El, masak cepat dan enak (PD amat he he he).


Bahan:
1. Telur ayam 10 butir yang sudah direbus dan dikupas.
2. Kentang 334 gr, kupas dan potong-potong lalu masukkan kedalam air agar tidak hitam-hitam.
3. Air 800 ml.
4. Santan instan 130 ml.
5. Minyak sayur.

Bumbu:
1. Bawang putih 2 siung, cincang.
2. Bawang merah 12 siung, cincang.
3. Bawang bombay 121 gr, cincang.
4. Jahe 1 ruas jari telunjuk, geprek.
5. Kayu manis 2 ruas jari telunjuk.
6. Cengkeh 1 buah.
7. Biji pala 1/2 ruas jari telunjuk.
8. Bunga lawang 1 buah.
9. Lada bubuk 1 sdm.
10. Ketumbar bubuk 1 sdm.
11. Gula merah 30 gr, sisir.
12. Kecap manis 10 sdm.
13. Kecap inggris 2 sdm.
14. Garam 1/2 sdm.
15. Gula pasir 1 sdm.

Cara membuat:
1. Panaskan minyak sayur, masukkan bawang bombay, tumis hingga harum. Masukkan bawang goreng, tumis hingga harum, masukkan bawang putih, masak hingga harum.
2. Campurkan santan instan kedalam sebagian air, aduk-aduk lalu masukkan kedalam wajan yang seang menumis bawang. Aduk-aduk. Masukkan sisa airnya lagi. Masak hingga mendidih, sambil terus diaduk-aduk agar santannya tidak pecah.
3. Setelah mendidih, masukkan jahe, kayu manis, cengkeh, biji pala, bunga lawang, lada bubuk, ketumbar, gula merah, garam, gula pasir, kecap inggris, dan kecap manis. Untuk kecap sebaiknya dituang dari pinggir wajan. Masukkan juga kentang dan telur ayam. Masak hingga kuahnya agak mengental dan bumbu meresap kedalam kentang dan telur ayam.