Wednesday, October 31, 2012

BROWNIES CHOCO CHIP PUTIH TELUR


Saat lebaran Idul Adha kemarin, Nur El membuat beberapa macam kue seperti brownies, risoles mayonnaise, dan pie susu. Berhubung suami Nur El masih kepingin makan pie susu atau istilah kerennya egg tart, pada hari tasyrik 1 (11 Dzulhijjah) Nur El membuat lagi dan banyak. Jadi sekaligus bagi ketetangga. Nah sisa putih telurnya kan banyak, jadi Nur El  bikin ini aja brownies panggang. Resep dasarnya dari resep brownies choco chip Nur El  (bisa dilihat disini)

Ini dia resep brownies choco chip putih telur ala Nur El. Enak banget, empuk dan tidak seperti karet.
Bahan:
1. Tepung terigu 200 gr.
2. Coklat bubuk 70 gr.
3. Gula halus 220 gr.
4. Palm suiker 100 gr.
5. Minyak sayur 320 ml..
6. Putih telur 360 gr
7. Susu bubuk 30 gr.
8. Chocolate chip 50 gr.
9. Perisa vanila susu 1/3 sdt.
10. Garam 1/4 sdt.

Taburan: Chocolate chip 30 gr.

Lapisan loyang 24x24x5 cm : margarin dan tepung terigu secukupnya..

Cara membuat:
1. Siapkan loyang 24x24x5 cm, olesi dengan margarin, lalu taburi tepung terigu tipis-tipis. Sisihkan.
2. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, dengan coklat bubuk, aduk hingga merata. Sisihkan.
3. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius.
4. Kocok putih telur dengan kecepatan rendah hingga sedikit berbusa.  Masukkan perisa vanila susu. Kocok lagi dengan kecepatan rendah hingga berbusa, masukkan gula halus dan palm suiker. Kocok lagi dengan kecepatan rendah lalu naikkan menjadi kecepatan tinggi.Masukkan garam sedikit. Kocok hingga benar-benar kaku, cara mengetesnya apabila baskomnya diletakkan dengan posisi kebalik, putih telur yang sudah dikocok tidak akan tumpah (kurleb 10 menit).
5. Turunkan kecepatan mikser hingga ke kecepatan terendah. Masukkan campuran tepung, sambil terus diaduk, masukkan chocolate chip lalu minyak sayur. Sambil masih diaduk dengan menggunakan mikser.  lalu matikan. Aduk balik adonan dengan menggunakan spatula hingga adonan tercampur merata.
6. Tuang adonan ke loyang (saat dituangkan terlihat adonan yang berjejak) taburkan chocolate chip. Masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 30  menit atau sampai matang, pakai api bawah saja.
7. Keluarkan loyang dari oven, tunggu hingga kurleb 5 menit baru dikeluarkan dari loyang. Pindahkan ke rak kawat diamkan hingga dingin. Pindahkan ke piring saji, siap untuk disantap.


Catatan:
1. Seperti biasa kalau makan brownies, apabila diinapkan semalaman rasanya makin enak.