Friday, October 21, 2011

MUFFIN COKLAT CHOCO CHIP (empuk)


Ini salah satu bekal yang biasa Nur El buat untuk Rafif bawa ke sekolah. Biasanya membuatnya pada saat anak-anak tidur siang (apa sore yah...he he he). Untuk dibawa bekal ke sekolah besok harinya. Muffin ini empuk, tidak bantet, lembab didalamnya,dan terasa sekali coklatnya. Apalagi ditambah choco chip didalamnya mmmmmmmmh menambah nikmat saat digigit dan masuk ke dalam mulut.


Bahan:
1. Tepung terigu 200 gr.
2. Margarin 100 gr, cairkan, diamkan hingga dingin.
3. Telur 2 butir.
4. Susu cair 150 ml.
5. Chocolate chip 30 gr.
6. Coklat bubuk 50 gr.
7. Gula halus 120 gr.
8. Baking powder 1 1/2 sdt.
9. Soda kue 1/3 sdt.
10. Perisa vanila susu 1/4 sdt, berbentuk bubuk.
11. Gula palem 50 gr.

Taburan: Chocolate chip 20 gr.

Olesan loyang: margarin secukupnya.

Cara membuat:
1. Panaskan oven 190 derajat celsius kurleb 15 menit (oven gas).
2. Siapkan loyang muffin ukuran besar berlubang 12, olesi deangan margarin.
4. Dalam baskom besar, campur tepung terigu, gula halus, gula palem, coklat bubuk, perisa vanila susu, soda kue dan baking powder aduk hingga rata, sisihkan.
5. Campur margarin cair,susu, dan telur, aduk dengan pengocok kawat. Setelah merata, tuang adonan kedalam baskom besar yg berisi tepung terigu dng bahan kering lainnya, tambahkan chocolate chip, aduk asal dng menggunakan spatula, jng terlalu lama ngaduknya yah asal tercampur aja (yg pasti adonannya tidak cair seperti adonan sponge cake).
6. Tuang adonan kedalam 8 lubang cetakan hingga hampir penuh. 
7. Masukkan kedalam oven, panggang kurleb 20 menit dng suhu 190 derajat celsius hingga matang dng api bawah saja. Letakkan pada rak ditengah agar dasar muffin tdk terlalu kering ataupun gosong.
8. Keluarkan loyang dr dalam oven, biarkan selama 5 menit. Pindahkan keatas rak kawat, biarkan hingga hangat dan sajikan.