Friday, March 18, 2011

CAKE COKLAT TEPUNG TAPIOKA

Sudah lama Nur El tidak menulis di blog ini karena kehamilan anak ketiga kami yang agak membuat Nur El mabuk berat, Rafif yang selalu minta ditemani apabila sedang menggambar, belajar menulis, maupun bermain, dan Razaan yang sedang aktif sekali.. Jadi semua sedang butuh perhatian sekali.

Ini adalah resep dadakan yang dibuat jam 06.15 WIB. Karena dari tadi malam kepingin makan cake coklat tetapi tidak punya telur dan tidak punya kesempatan untuk membuatnya (begini nih ibu hamil yang lagi ditinggal suaminya tugas). Resepnya tanpa telur karena stok telur tidak ada, warung masih tutup, dan mbak (pembantu) belum datang. Bahannya memakai tepung tapioka yang masih tertutup rapat, hitung-hitung sedang menghabiskan bahan kue sebelum Nur El melahirkan. Sebenarnya tepung ini mau dipakai untuk mencoba membuat resep kue kering, tetapi belum sempat-sempat. Alhamdulillah akhirnya tepung tapiokanya bisa dimanfaatkan menjadi sebuah cake. Nur El membuat cake ini sambil ditemani Razaan yang sudah bangun pagi tapi belum mandi seperti mamanya ha ha ha.

Tekstur cake ini bagian dalamnya seperti cake karamel tapi bagian luarnya kering, rasanya manis. Cake ini tidak bantet dan tidak padat. Mbak (pembantu) bilang rasanya lebih enak dari brownies.  Kalau Rafif sudah pasti doyan dan katanya enak sedangkan Razaan belum mau mencoba. Cake ini lebih enak dimakan kalau sudah dingin.

Alhamdulillah papa sudah mencoba dan dia bilang enak juga. Inilah resep karya Nur El yang tercipta karena tidak punya telur dan kepingin memanfaatkan persediaan tepung tapioka. Dan yang pasti proses pembuatannya mudah sekali dan cake ini dibuat tanpa menggunakan mikser.


Bahan:
1. Tepung tapioka 115 gr.
2. Olive oil 120 ml.
3. Coklat bubuk 35 gr.
4. Santan kental instan 240 ml.
5. Gula halus 100 gr.
6. Gula palem 80 gr.
7. Chocolate chip 20 gr.  
8. Baking powder 1 1/2 sdt peres.
9. Soda kue 1/4 sdt peres.

Cara membuat:
1. Panaskan oven 190 derajat celsius kurleb 15 menit (oven gas).
2. Siapkan loyang muffin ukuran besar berlubang 12, alasi setiap lubang dengan mangkuk kertas.
3. Campurkan tepung tapioka, gula halus, gula palem, soda kue dan baking powder aduk hingga rata (dengan menggunakan sendok, tanpa menggunakan mikser), sisihkan.
4. Campurkan santan kental instan dan olive oil didalam wadah yang berbeda. Aduk hingga merata (dengan menggunakan sendok). Setelah merata, tuang adonan kedalam wadah yg berisi campuran tepung tapioka dengan bahan kering lainnya, aduk dengan menggunakan balloon whisk atau pengaduk kawat berbentuk balon. Masukkan chocolate chip. Aduk hingga merata (sebentar saja).
6. Tuang adonan kedalam 9 lubang cetakan. Lubang yg tidak terisi adonan harus tetap dialasi mangkuk kertas.
7. Masukkan kedalam oven, panggang kurleb 25 menit dng suhu 190 derajat celsius hingga matang (caranya tusuk cake dengan tusuk gigi, apabila sudah tidak ada yang menempel berarti sudah matang) dengan api bawah saja. Letakkan pada rak ditengah agar dasar cake tidak terlalu kering ataupun gosong. 
8. Keluarkan loyang dari dalam oven, biarkan selama 5 menit. Pindahkan keatas rak kawat, biarkan hingga dingin dan sajikan.