Monday, September 26, 2016

CILOK




Assalamu'alaikum cilok ala-ala saya. Tadinya pingin tambahin kucai eh kucainya belum kebeli tapi tangan ini sudah 3 kali bikin cilok hahaha. Ketagihan karena gampang bikinnya. Untuk bumbu kacangnya saya pakai bumbu pecel yang siap pakai. Rasanya...sedaappp hahahaha.


Bahan:
1. Tepung terigu 100 gr.
2. Tepung tapioka  sagu pak tani gunung (sagu tani) 100 gr.
3. Bawang putih 4 siung (kalau besar 2 siung saja), parut halus.
4. Ebi bubuk 1 tsp.
5. Lada bubuk 1/8 tsp.
6. Garam 1 tsp.
7. Ketumbar bubuk 1/8 tsp.
8. Air panas 140 ml.

Cara membuat:
1. Haluskan bawang putih atau parut dengan parutan yang paling kecil lubangnya. Atau pakai alat khusus menghancurkan bawang putih juga bisa. Masukan bawang putih kedalam baskom. Lalu masukkan juga tepung terigu, tepung tapioka,  ebi bubuk, lada bubuk, garam, ketumbar bubuk. Aduk-aduk hingga merata. Sisihkan.
2. Ambil air panas dari dispenser (kalau saya suhunya 98 derajat celsius) atau masak air hingga mendidih. Lalu buat lubang ditengah adonan tepung,  tuang air panas kedalam lubang , mulai aduk tepung dengan menggunakan sendok dicampurkan ke air.  Hingga saat adonan mulai terlihat bergrindil tuang  lebih sedikit-sedikit lagi sambil diaduk hingga merata. Dan adonan tidak menempel disendok. Sisihkan . Biarkan hingga uap panasnya hilang n tidak menempel ditangan saat dipulung (dibentuk seperti bakso-bakso kecil).
3. Masukkan air dalam jumlah banyak kedalam panci. Masak hingga mendidih. Mulailah membentuk adonan menjadi seperti bakso. Lalu masukkan kedalam air yang sudah mendidih. Lakukan hingga adonan habis. Masak hingga cilok mengapung. Angkat lalu sajikan dengan bumbu kacang atau campuran mayonnaise dan saus sambal serta saus tomat.
4. Bila ingin disimpan, biarkan hingga dingin, masukkan kedalam wadah tertutup dan simpan didalam kulkas. Saat mau dipakai kembali bisa dengan direbus ataupun dengan cara dikukus.
Jadinya kurleb 25 butir cilok.....lupa pastinya karena langsung diicip, icip lagi, eh lagi hahaha lupa. Kayaknya segituan.

Catatan: tsp = tea spoon (saya pakai sendok takar).

Selamat mencobaaaa