Friday, August 26, 2016

CINNAMON ROLL (enak, mudah, cepat, lembut, tidak seret ditenggorokan, dan tanpa mikser)




Homemade cinnamon roll, rotinya pake resep killer soft bread. Ngulenin pake tangan 20-30 menit, cuma jari jemari yang bermain. Hasilnya berserat panjang, lembut, tidak seret ditenggorokan. Cinnamon roll merupakan salah satu roti favorit saya. Anak-anak yang biasanya tidak mau kali ini mereka doyan  hahaha. Kalau ayahnya jangan ditanya karena kesukaan makannya sama kayak mamanya.






Bahan :
1. 260 gr tepung terigu (cakra).
2. 50 gr gula pasir.
3. 3 gr ragi instan (Fermipan).
4. 1 butir telur yang ditambah susu cair hingga berat 160-180 gr (saya total telur dan susu adalah 160 ml, susu ultra full cream).
5. 32 gr  margarin/butter. (saya butter salt, anchor).
6. Vanili bubuk 1/8 sdt.

Olesan: 2 sdm gula halus dan 3 sdm susu cair,  aduk hingga tercampur merata.

Isian: palm suiker, kayu manis bubuk, kismis.

Cara Membuat :
1. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan ragi instan hingga tercampur rata.
2. Masukkan campuran telur dan susu, uleni dengan jari jemari tangan hingga kalis kemudian tambahkan butter. Uleni kembali hingga kalis dan elastis (kurleb 20-30 menit).
3. Letakkan diatas alas yang permukaan yang sudah ditaburi tepung terigu. Lalu roll hingga tipis (tapi tidak tipis banget) dan berbentuk persegi panjang atau persegi. Taburi dengan kayu manis bubuk dan palm suiker hingga merata. Lalu taburi kismis (kalo suka banyak taruh yang banyak aja hahaha). Gulung adonan. Potong-potong lalu letakkan diatas loyang (kalo saya loyang tidak dioles apa-apa biar pinggirannya lembut  hihihi). Diamkan hingga mengembang kurleb 50-60 menit atau sampai mengembang 2 kali lipat sambil ditutup plastik cling wrap. Sambil menunggu adonan mengembang panaskan oven disuhu antara 160-175 derajat celsius kurleb 15 menit lalu.
4. Oles adonan roti dengan campuran susu cair dan gula halus menggunakan kuas.
5. Panggang dengan suhu antara 160-175 derajat celsius (tergantung oven masing-masing), selama kurang lebih 15 menit dengan api bawah lalu nyalakan api atas panggang lagi kurleb 2 menit (api kecil).
6. Keluarkan dari oven setelah uap panasnya hilang, keluarkan dari loyang.