Wednesday, December 16, 2015

MUFFIN UBI UNGU (tepung ubi ungu)



Liburan anak-anak diantaranya diisi dengan kegiatan bermain (lego, mobil-mobilan, kemping-kempingan, masak-masakan, main boneka, mainin kardus bekas hihihi dan lain-lain), membaca, menggambar, berenang, bikin komik, nonton film anak-anak, main game (tapi yang ini jarang bangettt). Seringnya bermain bertigaan.

Tadi tiba-tiba tumbuh semangat untuk mengolah tepung ubi ungu menjadi muffin yang enak. Ternyata kadaluarsanya akhir bulan desember ini. Sayaang kan kalo kebuang. Akhirnya asal cemplang-cemplung pakai ilmu kira-kira. Memang paling aman bikin muffin huahahaha. Empuuuk dan enaak menurut saya dan anak-anak. Dan muffin ini dibuatnya tanpa menggunakan mikser





Ini saya bagi-bagi resepnya yaaa. Alhamdulillah percobaan pertama sudah okeh lah hahahaha. Resep Muffin Ubi Ungu ala Nur El.

Bahan:
1. Tepung ubi ungu 1 1/2 cup
2. Gula halus 1/2 + 1/3 cup
3. Baking powder 1 tsp
4. Soda kue 1/4 tsp
5. Minyak sayur 1/3 cup
6. Santan instan 200 ml
7. Telur ayam 1 butir
8. Garam sejumput

Cara membuat:
1. Panaskan oven 190 derajat celsius selama 15 menit.
2. Campurkan dalsm baskom tepung ubi ungu, gula halus, baking powder, soda kue, dan garam. Aduk hingga merata menggunakan sendok. Sisihkan. (Adonan kering).
3. Campurkan santan kental, minyak sayur, dan telur ayam yang sudah dikocok lepas menggunakan garpu. Aduk hingga merata menggunakan balloon whisk. (Adonan basah).
4. Siapkan loyang muffin yang sudah diisi kertas mangkuk. Campurkan adonan basah kedalam adonan kering. Aduk sebentar menggunakan balloon whisk. Tuang kedalam loyang muffin (10 lubang, 2 lubang yang lain tetap diberi kertas mangkuk meskipun tidak diisi adonan). 5. Masukkan kedalam oven dan panggang dengan suhu 190 derajat  celsius kurleb 20-25 menit.
Catatan: esok harinya disantap masih enak sekali, empuk, manisnya pas, dan yang paling enak saat dimakan menempel-nempel digigi.