Jumat, 09 November 2012

ROTI PANGGANG (Teflon atau HappyCall)


Pasti sudah banyak yang sering membuat roti ini. Dari kecil mamanya Nur El sering membuatnya. Hanya diberi isian gula pasir saja sudah nikmat sekali. Bisa juga setelah dipanggang, disiram dengan susu kental manis. Kalau buat suami dan anak-anak, cukup dengan isian meises atau selai atau gula pasir, tanpa disiram susu kental manis, rasanya sudah nikmat sekali. Tidak terasa memakan roti ini bisa habis banyak loh.
Enaknya membuat roti ini pada saat roti sudah mendekati kadaluarsa. Misalkan kadaluarsanya tanggal 7, kita memanggang rotinya saat tanggal 6. Karena tekstur rotinya sudah mulai mengeras, jadi saat dipanggang tidak benyek atau terlalu lembek.

Dipanggangnya bisa menggunakan wajan teflon atau juga menggunakan happycall. Tapi seringnya Nur El memakai wajan teflon...:) Oh iya ini juga salah satu bekal untuk Rafif bawa kesekolah. Praktiskan.

Bahan:
1. Roti tawar.
2. Margarin (Blue band).

Isian:
1. Meises.
2. Selai.
3. Gula pasir.

Cara membuat:
1. Ambil satu lembar roti tawar, olesi dengan margarin hingga merata. Taburi dengan meises atau gula pasir atau bisa diolesi selai. Lipat roti. Olesi sisi luar roti dengan margarin. Lakukan hingga semua roti yang akan dipanggang habis.
2. Panaskan wajan dengan menggunakan api sedang. Letakkan roti diatas wajan dengan posisi yang sudah diolesi margarin menempel pada wajan. Olesi sisi yang lain dari roti yang tidak menempel pada wajan dengan menggunakan margarin. Setelah bagian sisi yang lain terlihat terpanggang. Balik roti dan panggang hingga sisi yang lain terpanggang sesuai keinginan. Angkat siap disantap hangat-hangat.