Friday, September 23, 2011

RISOLES ISI SAYURAN


Risoles ini dibuat untuk ibu mertua. Membuatnya pada hari yang sama saat membuat Cake Pisang Keju Tepung Beras. Saat Rafif, Razaan, dan Jihan tidur siang. Setelah Mbak Santi (pembantu baru) selesai mengerjakan pekerjaannya di ruang atas terperangah melihat Nur El selesai membuat semua cemilan di dapur.



Bahan kulit (Nur El membuat 2 kali resep, biar banyak :)):
1. Tepung terigu 100 gr.
2. Tepung maizena 20 gr.
3. Telur ayam 1 butir.
4. Garam 1/2 sdm peres.
5. Minyak sayur 1 sdm.
6. Air 300 ml.

Bahan isian:
1. Wortel 2 buah, potong dadu, kecil-kecil.
2. Buncis 10 buah, potong dadu, kecil-kecil.
3. Kentang 135 gr, potong dadu, kecil-kecil.
4. Daun bawang (1 batang, ukuran besar) dan daun bawang seledri (1 batang ukuran besar), iris-iris.
5. Bawang putih 1 siung, cincang.
6. Bawang merah 7 siung, cincang.
7. Air 200 ml.
8. Garam 1/2 sdm.
9. Gula pasir 1/4 sdm.
10. Lada bubuk 1/2 sdm.
11. Tepung terigu 30 gr.
12. Minyak sayur secukupnya.

Bahan pencelup:
1. Telur ayam 2 butir, kocok lepas.
2. Tepung roti kasar 100 gr.


Cara membuat:
A. Kulit:
1. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, dan garam menjadi satu. Aduk-aduk.
2. Tambahkan telur, aduk hingga merata menggunakan balloon whisk (pengaduk kawat yang berbentuk balon) sambil dituangkan air sedikit demi sedikit, lalu masukkan minyak sayur. Aduk adonan hingga licin.
3. Diamkan selama kurleb 30 menit agar telur, tepung, dan bahan cair saling mengikat.
4. Aduk lagi adonan. Panaskan wajan anti lengket dan diolesi minyak sayur terlebih dahulu. Tuangkan 1 sendok sayur kedalam wajan anti lengket sambil diputar. Masak sampai adonan kulit lepas saat wajan digerakkan, angkat. Lakukan sampai adonan habis dan untuk pembuat dadar selanjutnya wajan tidak perlu diolesi kembali dengan minyak sayur. Buat kulit setipis mungkin dan adonan harus diaduk dulu setiap kali akan dituangkan ke wajan.
B. Isian: 
Panaskan wajan, masukkan minyak sayur. Tumis bawang merah lalu bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan kentang, lalu masukkan wortel dan buncis. Tambahkan air 100 ml. Masukkan garam, gula pasir, dan lada bubuk. Aduk-aduk. Setelah matang masukkan daun bawang dan daun seledri. Aduk-aduk. Tambahkan air (100 ml) yang sudah dicampur dengan tepung terigu. Aduk-aduk. Masak hingga mengental. Dinginkan dan sisihkan. Hasilnya sayurnya masih terasa sedikit kres, tidak londot atau lembek.
C. Penyelesaian:
1. Ambil 1 lembar kulit risoles, beri isian. Lalu lipat seperti amplop, dan gulung. Kemudian rekatkan bagian ujung kulitnya dengan menggunakan telur.
2. Celupkan risoles kedalam telur yang sudah dikocok lepas, lalu gulingkan kedalam tepung roti sampai semua permukaan risoles tertutup tepung roti. Lakukan untuk semua kulit risoles. Masukkan kedalam wadah tertutup rapat. Simpan kedalam freezer. Diamkan kurang lebih 1 jam. Apabila ingin digoreng, keluarkan dahulu dan diamkan hingga suhunya sesuai dengan suhu ruang.
3. Panaskan wajan, masukkan minyak sayur yang banyak. setelah minyak sayur panas, masukkan risoles dan goreng hingga kuning keemasan. Menggoreng risoles dengan menggunakan minyak banyak dan api besar api besar.